Toyota Century Generasi Baru Debut di Tokyo Motor Show 2017

Toyota Century Generasi Baru Debut di Tokyo Motor Show 2017

Toyota Century generasi terbaru (generasi ke-3) menjadi kemewahan berikutnya yang resmi diperkenalkan raksasa otomotif Jepang tersebut di ajang Tokyo Motor Show 2017, hari ini (25/10). Salah satu faktor penting yang disematkan pada limusin Toyota Century terbaru ini adalah perubahan pada sektor mesin yang kini tak lagi menggunakan mesin V12 seperti generasi sebelumnya.

Kini, Toyota Century adalah sedan Super-VIP yang lebih ramah lingkungan, berkat penggunaan mesin V8 yang dilengkapi dengan sistem hybrid. Menurut rencana, Century terbaru ini akan mulai dipasarkan pada pertengahan 2018 mendatang di pasaran Jepang.

Toyota Century Generasi Baru Debut di Tokyo Motor Show 2017

Meskipun tampilannya yang ikonik tetap tidak berubah -dengan bodi yang panjang (dan biasanya berwarna hitam) serta aksen krom di beberapa bagian kendaraan, generasi teranyar ini berdimensi lebih besar dan desainnya pun telah dimodernisasi untuk era baru.

Dengan panjang 5.335 mm, lebar 1.930 mm dan tinggi 1.505 mm, Century terbaru ini memiliki wheelbase ukuran 3.090 mm, yang lebih lebar 40 mm dan 30 mm lebih tinggi dari G50 yang menjadi pendahulunya. Ukuran ini terbilang masif, bahkan mengalahkan Mercedes-Benz S-Class dengan 89 mm lebih panjang, 31 mm lebih lebar dan 9 mm lebih tinggi, meski wheelbase S-Class lebih panjang 75 mm.

Toyota Century Generasi Baru Debut di Tokyo Motor Show 2017

Di bagian luar, tampilan megah Century telah ditingkatkan dengan pilar C yang lebih tegak, yang menyoroti pentingnya kompartemen penumpang pada bagian belakang mobil yang biasanya dikemudikan oleh sopir ini. Lampu depan persegi sekarang dilengkapi dengan tiga proyektor LED dengan Adaptive High Beam System (AHS), mengapit desain grille yang menggabungkan pola mahkota di balik bilah vertikalnya.

Pindah ke bagian belakang, lampu belakang lebar penuh sekarang memiliki pusat hitam untuk tampilan yang lebih halus, sementara lensa tiga dimensi memberi kesan yang lebih harmonis. Sill bawah dan ketinggian bukaan pintu lebih memudahkan akses keluar masuk kabin yang mewah.

Toyota Century Generasi Baru Debut di Tokyo Motor Show 2017

Didalam kabin, penumpang akan menemukan pelapis wol 100% yang mewah ketimbang kulit biasa yang terdapat pada kendaraan mewah lainnya, meskipun pelapis berbahan kulit asli high-end dan bertekstur lembut juga tersedia sebagai pilihan. Desain dashboard horizontal dengan trim kayu juga menambah kesan eksklusif pada kabin.

Sementara, layar LCD terintegrasi yang tersembunyi di sandaran belakang jok depan memungkinkan mereka yang berada di belakang untuk mengendalikan fungsi jok, temperatur dan audio pada kabin. Bagi mereka yang diminta untuk melakukan bisnis saat beraktivitas juga akan senang dengan hadirnya meja tulis dan lampu baca, serta audiophiles yang memungkinkan penumpang menikmati lagu-lagu kesukaan mereka yang disalurkan melalui sound system premium 20-speaker.

Toyota Century Generasi Baru Debut di Tokyo Motor Show 2017

Soal powertrain, Toyota Century generasi baru ini telah menggeser mesin V12 1GZ-FE 5.0-liter yang diusung generasi pendahulunya, dengan mesin V8 2UR-FSE yang berukuran sama, dipadukan dengan motor listrik kembar dan baterai hidrida nikel. Ini adalah paket powertrain yang sama yang ditemukan pada Lexus LS 600h yang telah meluncur sebelumnya, meskipun Century dibekali penggerak roda belakang.

Toyota saat ini masih belum merinci spesifikasi output daya dari mobil super-mewah terbaru ini, namun diharapkan total tenaga berkisar di angka 439 hp, sama dengan yang diproduksi oleh LS 600h. Perusahaan juga menjanjikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik pada Century generasi ketiga ini, dan optimalisasi sistem kontrol kebisingan aktif yang lebih menyenangkan.

Toyota Century Generasi Baru Debut di Tokyo Motor Show 2017

Untuk keamanan berkendara, mobil juga telah dibekali sistem Toyota Safety Sense P yang mencakup Pre-Collision System, Lane Departure Warning dan Adaptive Cruise Control yang akan menjadi standar pabrikan, serta Blind Spot Monitoring dan Cross Traffic Alert. **MS/ Foto-foto: Heradiranto

TAGS

KOMENTAR (0)