Upaya KTB Fuso Hadapi Pandemi, Perkuat Layanan Digital

Upaya KTB Fuso Hadapi Pandemi, Perkuat Layanan Digital

Hadir pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menyampaikan tentang upaya mereka untuk beradaptasi dalam pergeseran pasar akibat pandemi dan mencapai Operational Excellence.

Upaya KTB Fuso Hadapi Pandemi, Perkuat Layanan Digital

Naoya “Rocky” Takai, Presiden Direktur PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors mengatakan, pandemi melanda hampir setiap lapisan kehidupan kita, termasuk pasar kendaraan komersial. Ini memengaruhi cara hidup, berkomunikasi, bersosialisasi, dan berpikir kita, yang mengakibatkan pergeseran perilaku pasar secara keseluruhan.

“Mitsubishi Fuso telah berhasil menangkap perubahan ini dengan sistem digitalisasi. Dimana, Mitsubishi Fuso telah memasang sistem telematikanya sendiri yang disebut Runner, sebuah alat yang dilengkapi GPS dan Engine Starter Kill yang memungkinkan pelanggan untuk memantau lokasi kendaraan dan situasi kendaraan seperti tekanan ban, sisa bahan bakar,” kata Rocky.

Upaya KTB Fuso Hadapi Pandemi, Perkuat Layanan Digital

 

Rocky menambahkan, semua truk Mitsubishi Fuso yang dijual sejak tahun 2017, sebanyak 144.000 telah dilengkapi dengan Runner. Selain itu, Mitsubishi Fuso baru-baru ini memperkenalkan aplikasi baru yang disebut “Runner Driver”, yang dibuat khusus untuk pengemudi truk untuk memantau pesanan pekerjaan, kondisi kendaraan, perilaku pengemudi dan laporan kinerja.

“Dengan Runner ini pula, dalam keadaan darurat, mereka dapat mengaktifkan fungsi Engine Starter Kill dari jarak jauh dengan memeriksa lokasi truk dengan GPS,” tambah Rocky.

Upaya KTB Fuso Hadapi Pandemi, Perkuat Layanan Digital

Selain Runner, Mitsubishi Fuso secara serius melibatkan ekosistem digital dengan meluncurkan official store di Tokopedia dan Monotaro. Karena situasi pandemi, ketergantungan kita pada teknologi digital menjadi sangat tinggi, sehingga memungkinkan pembelian truk secara online. Hal ini terbukti dengan tercapainya penjualan lebih dari 1.000 truk Mitsubishi Fuso melalui Tokopedia sejak diluncurkan pada tahun 2020.

Rocky pun mengungkapkan, untuk memperkuat posisi sebagai pemimpin pasar-tidak hanya menyediakan layanan digitalisasi-namun kami juga perlu menghasilkan produk yang Tangguh dan dapat memenuhi permintaan pasar.

Upaya KTB Fuso Hadapi Pandemi, Perkuat Layanan Digital

“Dan pada pameran GIIAS 2021 ini, Mitsubishi Fuso memperkenalkan New Mining Spec terbarunya. Unit ini telah dilengkapi dengan OEM Power Take Off (PTO), Radiator Guard dan Rotary Lamp yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan di industri pertambangan,” imbuh Rocky.

Sejalan dengan itu, Mitsubishi Fuso juga menyatakan kesiapannya untuk menyongsong regulasi Euro4 mulai 2022. Dengan DNA Mitsubishi Fuso yang kuat, terbukti berpengalaman di mesin Common Rail, dan peningkatan spek, Mitsubishi Fuso yakin varian Euro4-nya akan diterima pasar Indonesia.

Upaya KTB Fuso Hadapi Pandemi, Perkuat Layanan Digital

Selain Euro4, Pemerintah Indonesia beberapa tahun terakhir serius fokus pada kendaraan listrik. Meskipun truk listrik masih sangat terbatas di Indonesia, FUSO adalah pemimpin truk listrik di dunia. Truk listrik pertama FUSO pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016. Unit pertama dikirimkan pada tahun 2017 dan lebih dari 200 unit eCanter dikirimkan ke beberapa wilayah di Jepang, Eropa, dan AS.

Sekedar informasi, selama 51 tahun keberadaannya di Indonesia, Mitsubishi Fuso telah menjual sebanyak 1,32 juta unit (hingga Oktober 2021). Hal ini menobatkan Mitsubishi Fuso sebagai populasi truk terbesar di Indonesia. Mitsubishi Fuso juga telah melayani 520.000 pelanggan yang mempercayai Mitsubishi Fuso.

KOMENTAR (0)