Pahami Hal Mendasar Mengemudi Aman di Jalan Tol

Pahami Hal Mendasar Mengemudi Aman di Jalan Tol

Presiden Joko Widodo baru saja meresmikan tol baru Bengkulu-Taba Penajung, dan berdasarkan informasi dari Kementerian PUPR ditargetkan di akhir 2023 akan ada 13 ruas tol baru. Ini tentu diharapkan bisa memperlancar mobilitas AutoFamily dengan mobil Toyota.

Namun perlu dipahami, mengemudikan kendaraan di jalan tol bukan perkara mudah, dan berbeda jauh dengan kondisi berkendara di jalan umum biasa. Bahkan akhir-akhir ini kembali sering diberitakan mengenai kecelakaan di jalan tol yang beberapa di antaranya sampai merenggut korban jiwa. Berikut Auto2000 berikan tips supaya aman berkendara di jalan tol.

Pahami Hal Mendasar Mengemudi Aman di Jalan Tol

1. Paham Kondisi Jalan

Apabila tidak setiap hari AutoFamily melewati ruas jalan tol yang sama sehingga ada risiko tidak mengetahui potensi masalah seperti jalan rusak. Bahkan saat sudah biasa lewat sekalipun, ada kemungkinan kondisi jalan berubah, seperti sedang ada perbaikan jalan, yang mewajibkan pengemudi untuk menjaga kewaspadaan.

Pahami Hal Mendasar Mengemudi Aman di Jalan Tol

2. Paham Rambu dan Marka Jalan

Karena kurang memperhatikan rambu jalan, ada pengemudi yang nekat memotong jalan dari lajur cepat ke exit tol. Tindakan ini sangat berbahaya karena berisiko kena tabrak dari belakang atau membuat mobil terguling. Termasuk tidak putar arah di tengah jalan tol yang sangat berbahaya.

Pastikan pula tidak melaju di bahu jalan tol karena berisiko menabrak dari belakang, di mana kecelakaan jenis ini masih sering terjadi. Jangan lupa untuk mematuhi batas kecepatan dan selalu menjaga jarak aman dengan mobil di depan. Semua aturan dasar tersebut dijamin akan menjaga safety di jalan.

Pahami Hal Mendasar Mengemudi Aman di Jalan Tol

3. Paham Skill Setiap Driver Berbeda

AutoFamily mungkin sudah memiliki kemahiran mengemudi yang memadai. Namun bagaimana dengan pengemudi lain? Bisa jadi mereka baru bisa mengendarai mobil. Untuk itu, pahami skill driver lain dengan melihat caranya bermanuver. Jika berbahaya, segera menghindar dan jangan diprovokasi karena malah membuat mereka panik dan salah mengambil keputusan.

Pahami Hal Mendasar Mengemudi Aman di Jalan Tol

4. Paham Pentingnya Fitur Safety

Karena malas atau lupa, banyak pengemudi mobil yang tidak memakai seat belt. Padahal merupakan fitur safety paling basic yang paling melindungi karena terbukti sanggup mencegah penumpang menabrak kaca atau terlempar keluar saat kecelakaan. Mobil Toyota sudah dilengkapi seat belt hingga bangku baris ke-3, manfaatkan seoptimal mungkin fitur ini dan fitur safety canggih lain seperti Toyota Safety Sense.

Pahami Hal Mendasar Mengemudi Aman di Jalan Tol

Pahami Hal Mendasar Mengemudi Aman di Jalan Tol

5. Paham Mengendalikan Emosi

Banyak kecelakaan terjadi akibat pengemudi gagal mengendalikan emosi, seperti memepet kendaraan lain yang berseteru sehingga mengakibatkan kecelakaan. Padahal, situasi ini dapat dicegah dengan mengendalikan emosi. Sabar dan tenang adalah kuncinya, jangan terprovokasi oleh tindakan pengguna jalan lain yang dapat memicu pertikaian.

Pahami Hal Mendasar Mengemudi Aman di Jalan Tol  6. Paham Kondisi Tubuh

Satu masalah laten yang sering diabaikan adalah mengantuk. Karena menggap sepele, banyak pengemudi tidak mempedulikan serangan kantuk dan memaksakan terus berkendara. Alhasil mereka terkena microsleep dan berakhir kecelakaan. Pahami kondisi tubuh dari potensi mengantuk, kelelahan, dan penyakit yang berbahaya.

Pahami Hal Mendasar Mengemudi Aman di Jalan Tol

7. Paham Kondisi Mobil

Masih banyak pemilik mobil yang tidak mau tahu kondisi komponen mobil. Begitu bermasalah seperti rem blong atau terkena aquaplaning, baru sadar pentingnya menjaga kondisi mobil. Padahal Auto2000 sudah memiliki solusi mudah dan nyaman yakni servis berkala cukup 6 bulan sekali, cukup dengan booking via Auto2000 Digiroom.

KOMENTAR (0)