Pirelli SCQ, Ban Spesial Untuk WSBK 2022

Pirelli SCQ, Ban Spesial Untuk WSBK 2022

Menjelang tes pramusim World Superbike (WSBK) di Jerez, para pembalap akan uji coba ban anyar yaitu Pirelli SCQ. Pabrikan ban asal Italia itu memperkenalkan ban SCQ yang spesial untuk Superpole race WSBK 2022.

Pirelli SCQ, Ban Spesial Untuk WSBK 2022

Ban anyar ini memiliki daya tahan untuk bertahan 10 lap yang dibutuhkan. Dalam dua tahun terakhir, para rider WSBK menggunakan ban SCX dalam perlombaan dengan jarak tempuh panjang. Kemudian, pihak Pirelli mencari solusi untuk membangun ban yang secara khusus untuk Superpole Race saja. Sejumlah pembalap sudah mengujinya pada Desember 2021 lalu, tes lebih lanjut akan segera dilakukan.

Pirelli SCQ, Ban Spesial Untuk WSBK 2022

“Apa yang Sebagian besar kami persiapkan untuk 2022 adalah ban yang Sebagian besar untuk Superpole (kualifikasi) dan Superpole Race. Ban ini disebut SCQ yang mampu menempuh 10 lap, seperti ban SCX sebelumnya. Sekarang, ban SCX masih digunakan oleh semua pembalap dalam semua kondisi. Jadi, kami harus membuat sesuatu yang baru,” ungkap Giorgio Barbier selaku Direktur Motorsport Pirelli.

Saat uji coba di Jerez akhir tahun lalu, Barbier mengungkapkan bahwa Prelli telah menemukan beberapa solusi ban belakang baru. Solusi ban ini bakal segera diungkap pada tes berikutnya di Portimao. Nantinya, SQC akan menjadi ban baru pertama untuk awal musim semi di Eropa. Setelah itu, pihak pabrikan ban itu akan melihat bagaimana performa ban saat musim panas.

Pirelli SCQ, Ban Spesial Untuk WSBK 2022

“Kami berharap dari sini (Jerez) dan Portimao, kami akan memiliki informasi yang cukup berguna untuk mempersiapkan musim baru. Tentu, hal tersebut menjadi pekerjaan paling penting dengan memulai musim aru dengan ban SCQ di belakang. Kami juga akan mengerjakan ban depan, dengan tes terakhir selama putaran di Eropa musim lalu,” tutup Barbier.

 

KOMENTAR (0)