Porsche Menangkan Kelas GT di 24 Hours of Le Mans

Porsche Menangkan Kelas GT di 24 Hours of Le Mans

Di kemudi Porsche 911 RSR No. 91, ketiganya membuat rekor jarak baru untuk kendaraan GTE: 4.769 kilometer. Mobil yang dikendarai oleh Kévin Estre (Prancis), Michael Christensen (Denmark) dan Laurens Vanthoor (Belgia) menyelesaikan edisi ke-90 dari jarak jauh klasik di tempat keempat. Di kategori GTE-Am, tim pelanggan Porsche WeatherTech Racing dari menyelesaikan balapan di podium.

“Tim Porsche GT telah menjunjung tinggi tradisi besar kami di 24 Hours of Le Mans hari ini. Keberhasilan ini membuat saya sangat bangga,” ujar Michael Steiner, Anggota Dewan Penelitian dan Pengembangan di Porsche AG. “Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim, pembalap, dan semua orang yang menyumbangkan keahlian dan semangat mereka untuk membuat kemenangan kelas ke-109 ini menjadi mungkin bagi Porsche.”

Porsche Menangkan Kelas GT di 24 Hours of Le Mans

“Kemenangan pada penampilan terakhir 911 RSR di Le Mans: itu adalah perasaan yang tak terlukiskan,” kata Thomas Laudenbach, Wakil Presiden Porsche Motorsport dengan senang. “Ketika driver nomor 92 kami mengalami kendala saat memimpin, saya pikir semuanya mungkin akan berakhir. Tapi rival Corvette kami juga mengalami nasib buruk. Pada saat yang tepat, kami berada di tempat yang kami butuhkan dengan mobil No. 91 kami – tidak ada yang menyerah: baik tim maupun pembalap. Kami telah dihargai atas kerja keras dan sistematis yang juga dilakukan di belakang layar. Rasanya luar biasa!”

Disaksikan oleh banyak orang, 24 Hours of Le Mans dimulai pada hari Sabtu di bawah sinar matahari dan suhu musim panas. Dengan suhu lintasan hingga 40 derajat Celcius, kedua Porsche 911 RSR awalnya pindah ke posisi tiga dan empat dan tetap berada dalam jarak serang dari mobil terdepan. Jam-jam kritis dimulai saat matahari terbenam di bawah cakrawala.

Porsche Menangkan Kelas GT di 24 Hours of Le Mans

Pada suhu yang lebih dingin, kedua ca. Pembalap 378 kW (515 PS) berhasil memanfaatkan ban dengan sebaik-baiknya selama bentangan besar untuk melaju di lapangan. Di malam hari, kru yang sukses berbagi mobil No. 91 mengalami kemunduran: Makowiecki diberikan penalti drive-through karena melebihi batas lintasan. Mobil pemenang kemudian menempuh jarak tanpa insiden lebih lanjut dan diuntungkan dari nasib buruk pesaing mereka, antara lain, dalam perjalanan menuju kemenangan kelas. Pada misi pabrik terakhirnya di Le Mans, 911 RSR mengambil bendera dengan memimpin 42,684 detik.

Sementara itu, mobil bernomor 92 itu dirundung kemalangan. Kévin Estre, Michael Christensen dan Laurens Vanthoor memberikan dorongan kuat sepanjang malam untuk memimpin. Menjelang matahari terbit, trio dari Prancis, Denmark, dan Belgia – yang juga juara kelas Le Mans 2018 – sempat unggul lebih dari dua menit. Kemudian terjadi hal yang tidak diinginkan: Sesaat sebelum jam 8 pagi pada hari Minggu, ban kanan depan 911 RSR meledak dan merusak sebagian besar bagian depan. Karena drive yang lambat kembali ke pit dan perbaikan 10 menit berikutnya, tim kehilangan tiga lap. Mobil bernomor 92 itu akhirnya melintasi garis finis di posisi keempat.

Porsche Menangkan Kelas GT di 24 Hours of Le Mans

“Apa yang kami saksikan adalah balapan jarak jauh klasik. Mereka yang mengalami insiden paling sedikit berakhir di atas podium – hari ini, itu adalah mobil No. 91 kami,” pungkas Alexander Stehlig, Director Factory Motorsport FIA WEC. “Saya senang untuk kru yang menang, yang sering tidak beruntung di masa lalu. Crew No. 92 mengalami nasib buruk dengan kendala ban, tetapi mereka tidak pernah menyerah. Tempat keempat memberi kami banyak poin penting dalam kejuaraan. Saya juga senang akhirnya kami menang di Le Mans dengan versi terbaru mobil kami, RSR-19.”

Porsche Menangkan Kelas GT di 24 Hours of Le Mans

Di kelas GTE-Am, lima Porsche 911 RSR menjadi kandidat juara. Namun, pada akhirnya, hanya satu tim yang berhasil bertahan dalam balapan 24 jam yang melelahkan tanpa kemunduran besar. Entri No. 79 dari WeatherTech Racing yang dikendarai oleh Julien Andlauer dari Prancis dan dua pembalap Amerika Cooper MacNeil dan Thomas Merrill, melakukan 343 putaran hampir tanpa cacat untuk mengklaim tempat kedua. Mobil No. 86 milik GR Racing meraih posisi keempat. Dengan 75 menit tersisa, semua harapan finis podium pupus untuk kru Hardpoint. Andrew Haryanto dari Indonesia tergelincir ke gravel trap dan kehilangan empat lap. Kendaraan No. 99 akhirnya finis di urutan kesebelas.

Keberuntungan juga tidak menyertai Dempsey-Proton Racing dengan aktor Amerika dan pemilik tim Patrick Dempsey. Entri No. 88 mengambil bendera di tempat kelima, dengan mobil saudara No. 77 keluar dari lima besar sekitar dua jam sebelum akhir balapan karena wishbone patah dan akhirnya menyelesaikan balapan di tempat ke-14. Mobil No. 93, di mana bintang Hollywood Michael Fassbender merayakan debutnya di Le Mans, mencapai bendera di tempat ke-16. Skuad Proyek 1 dari Lower Saxony Jerman mengalami nasib buruk: Mobil-mobil yang diterjunkan oleh tim pelanggan yang berpengalaman harus pensiun dini.

Porsche Menangkan Kelas GT di 24 Hours of Le Mans

Poin ganda diberikan pada 24 Hours of Le Mans – putaran ketiga Kejuaraan Ketahanan Dunia FIA. Berkat kesuksesannya di Prancis, Porsche telah memperpanjang keunggulannya di klasemen pabrikan. Pemenang kelas baru Le Mans, Bruni dan Lietz, telah memimpin klasemen pembalap. Putaran keempat musim ini akan diperebutkan pada 10 Juli di sirkuit Formula 1 Italia di Monza.

KOMENTAR (0)