Rétromobile 2020 Bakal Hadirkan Sejarah Tatra

Rétromobile 2020 Bakal Hadirkan Sejarah Tatra

Dalam kemitraan dengan beberapa museum, ajang Rétromobile 2020 akan menghadirkan sejarah produsen otomotif asal Republik Ceko yang mungkin kurang dikenal dalam sejarah mekanika: Tatra. Ini merupakan bukti bahwa industri otomotif di negara ini memiliki sejarah penting selain Skoda, tentunya.

Melalui kemitraan dengan Tatra Museum di Koprivnice, Museum of the Automobile Manor dan workshop Ecorra (bengkel spesialis untuk merk Tatra), Rétromobile akan merunut kembali pada perjalanan panjang produsen otomotif yang terkenal dengan model mobilnya yang ikonik seperti Tatra 77, Tatra 87, hingga Tatra 600 ‘Tatraplan’ dan Tatra 603.

Rétromobile 2020 Bakal Hadirkan Sejarah Tatra

Tatra merupakan perusahaan otomotif tertua ketiga di dunia yang memproduksi mobil dengan sejarah yang tak terputus. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1850 sebagai Ignatz Schustala & Comp., kemudian pada tahun 1890 berganti nama menjadi Nesselsdorfer Wagenbau-Fabriksgesellschaft ketika menjadi produsen kereta dan angkutan penumpang.

Rétromobile 2020 Bakal Hadirkan Sejarah Tatra

Pada tahun 1897, Tatra memproduksi mobil pertama di Eropa tengah yang diberi nama Präsident. Pada 1918, perusahaan berganti nama menjadi Kopřivnická vozovka a.s., dan pada 1919 berubah lagi menjadi Tatra. Nama ini diambil dari Pegunungan Tatra yang ada di perbatasan Cekoslowakia-Polandia (sekarang di perbatasan Slovakia-Polandia).

Rétromobile 2020 Bakal Hadirkan Sejarah Tatra

Selama Perang Dunia II Tatra berperan penting dalam produksi truk dan mesin tank, yang kebanyakan diproduksi untuk Jerman. Selepas PDII, tatra terus memproduksi mobil-mobil berdesain ikonik diantaranya Tatra 87 dan Tatra 600 ‘Tatraplan’. Imajinasi para insinyur Tatra tidak terbatas pada paruh pertama abad ke-20, dengan sedan bermesin V8 di bagian belakang yang besar. Tahun enam puluhan ditandai oleh kolaborasi kecil dengan coachbuilder Italia Vignale.

Rétromobile 2020 Bakal Hadirkan Sejarah Tatra

Arsitektur unik dengan atmosfir V8 di posisi belakang terus dipertahankan, yang membuat mobil ini langka dan ikonik dalam sejarah otomotif. Sayangnya, produksi mobil penumpang dihentikan pada tahun 1999, dengan model terakhir Tatra T700, sedan besar yang diproduksi dengan masih mengusung mesin V8. Namun, perusahaan hingga kini masih memproduksi berbagai truk dengan penggerak semua roda, dari 4×4 hingga 18×18.

Rétromobile 2020 Bakal Hadirkan Sejarah Tatra

Tatra juga memiliki sejarah manis dengan truk mereka, saat pebalap truk asal Ceko Karel Loprais memenangkan ajang Reli Paris-Dakar enam kali dengan Tatra 815. Bagian dari warisan ini bisa ditemukan di ajang Retromobile 2020 yang akan dihelat pada 5-9 Februari mendatang. **MS

KOMENTAR (0)