Sebab Baut Roda Mobil Macet Saat Dibuka dan Cara Mengatasinya

Sebab Baut Roda Mobil Macet Saat Dibuka dan Cara Mengatasinya

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali pada 3-20 Juli 2021 mengharuskan AutoFamily untuk mengurangi mobilitas guna mencegah penularan virus COVID-19. Waktu luang yang ada dapat dimanfaatkan untuk memeriksa mur dan baut roda karena tidak jarang keduanya macet saat ingin mengganti ban.

Seperti diketahui, ada 2 komponen yang digunakan untuk memasang pelek mobil Toyota, yakni mur dan baut. Mur dipakai untuk mengikat pelek dengan cara diputar dan baut dipakai sebagai dudukan pelek mobil pada as roda. Jumlah mur dan baut pada 1 roda adalah 4 atau 5 buah, tergantung jenis mobil.

Sebab Baut Roda Mobil Macet Saat Dibuka dan Cara Mengatasinya

Sebab Mur dan Baut Roda Macet

Penyebab pertama mur dan baut roda sulit dilepaskan adalah timbulnya karat pada ulir atau drat mur dan baut roda karena proses oksidasi pada sela-sela drat-nya yang kecil dan jarang diperhatikan. Kedua adalah drat mur atau baut roda yang aus akibat sering dipaksa ketika dilepaskan lantaran terlalu kuat waktu mengencangkan mur.

Sebab lainnya adalah penggantian mur roda yang ukurannya tidak sama dengan standard, biasanya kekecilan, sehingga dipaksakan saat pemasangan. Umumnya karena AutoFamily mengganti mur atau pelek dengan produk aftermarket sedangkan ukuran ulirnya tidak pas atau berbeda standard ukuran. Bagaimana cara mengatasi mur dan baut roda yang macet ketika dibuka?

Sebab Baut Roda Mobil Macet Saat Dibuka dan Cara Mengatasinya

1. Manfaatkan Alat Bantu Pemutar Mur Roda

Hal pertama yang bisa dilakukan jika mengalami masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan alat bantu untuk memutar mur roda. AutoFamily dapat memanfaatkan alat ungkit yang lebih panjang seperti pipa yang disambungkan ke kunci roda untuk memperoleh torsi atau daya putar ekstra sehingga lebih mudah saat melepaskan mur.

2. Semprotkan Baut Roda dengan Cairan Penetran

Cara lain untuk membantu melepaskan mur dan baut roda yang macet adalah dengan menyemprotkan cairan penetran pada baut roda mobil yang terpasang. Langkah ini berguna untuk menghilangkan penghambat seperti debu halus atau karat antara mur dengan baut roda. Dengan hilangnya hambatan tersebut maka mur akan lebih mudah diputar.

Sebab Baut Roda Mobil Macet Saat Dibuka dan Cara Mengatasinya

3. Gunakan Kunci Momen Saat Memasang Ban Mobil

AutoFamily bisa menggunakan kunci momen atau kunci torsi dengan kekuatan sesuai rekomendasi pabrikan saat memasang kembali ban mobil. Namun jika tidak ada kunci momen, usahakan tidak memutar mur sekuat mungkin dan cukup sampai mur dirasakan sudah tidak dapat berputar lagi. Jangan sampai terdengar bunyi besi beradu terlalu keras yang menandakan mur sudah terlalu kuat mengikat baut.

4. Pasang Mur Roda Secara Menyilang

Mengencangkan mur dan baut roda tidak boleh dilakukan secara berurutan lantaran dapat membuat daya ikatnya kurang merata sehingga pelek tidak memegang sempurna pada as roda. Selain sulit dibuka nantinya, risiko lainnya adalah membuat ban mobil goyang di kecepatan tinggi bahkan dapat mengakibatkan baut roda patah. Pemasangan mur harus dilakukan secara menyilang dan bertahap agar daya tekan pada seluruh baut seimbang.

Sebab Baut Roda Mobil Macet Saat Dibuka dan Cara Mengatasinya

5. Rotasi Ban Mobil Secara Berkala

Cara berikutnya untuk mencegah mur dan baut roda sulit dilepaskan adalah dengan melakukan rotasi ban mobil secara rutin sehingga keduanya tidak sampai mengeras atau berkarat. Auto2000 menyarankan rotasi ban setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali atau bersamaan waktunya dengan servis berkala.

6. Bersihkan Mur dan Baut Roda

Selagi rotasi ban, AutoFamily bisa membersihkan mur, baut, dan lubang baut di pelek mobil untuk memastikan tidak ada kotoran menempel atau karat timbul. Setelah bersih, lumasi mur dan baut dengan grease atau gemuk untuk mencegah timbulnya karat dan mur mudah diputar. Tapi jangan berlebihan karena bisa menjadi tempat menempelnya kotoran.

KOMENTAR (0)