TGRI ‘Back-to-Back’ Raih Gelar Juara Nasional Kejurnas Sprint Rally 2023

TGRI 'Back-to-Back' Raih Gelar Juara Nasional Kejurnas Sprint Rally 2023

TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) akhirnya mampu meraih back-to-back gelar juara nasional Group M (AWD) Kejurnas Sprint Rally setelah meraih hattrick podium pertama Kejurnas Sprint Rally 2023 Seri ke-6 di Sport Center Indramayu, Jawa Barat.

Pushing the Limit for Better, pasangan pembalap TGRI Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto berhasil memaksimalkan performa GR Yaris AP4 hingga race terakhir dengan mencatat waktu tercepat pada 3 dari 4 Special Stage (SS) yang dilombakan.

Kejurnas Sprint Rally 2023 Seri ke-6 yang ikut menjadi agenda HUT Kabupaten Indramayu ini tersaji cukup menantang dengan karakter track medium speed yang siap menguras konsentrasi pembalap. Sebanyak 4 Special Stage (SS) di jalan aspal (tarmac) sepanjang 3,6 km merupakan lintasan balap baru yang belum pernah dilombakan sebelumnya. Alhasil, pembalap harus dapat beradaptasi secepat dan seefektif mungkin di rentang waktu yang terbatas.

TGRI 'Back-to-Back' Raih Gelar Juara Nasional Kejurnas Sprint Rally 2023

TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) memulai tahun 2023 Sebagai Juara Nasional Kejurnas Sprint Rally 2023. Namun crash pada seri ke-2 membuat tim kehilangan poin yang berhasil ditebus di seri ke-3 dengan raihan posisi keempat.

Pushing the Limit for Better, duo Ryan dan Adi memperoleh support luar biasa dari engineer TGRI yang berhasil meningkatkan performance GR Yaris AP4 untuk tampil flat out untuk merebut juara pertama pada 3 seri terakhir.

Prestasi ini menempatkan pereli TGRI di posisi kedua klasemen umum dengan 50 poin di mana pesaing di posisi pertama memiliki 55 poin, yang juga berarti membuka peluang juara nasional.

Ryan dan Adi berkompetisi di kelas paling bergengsi M (sedan all-wheel-drive) kategori A menggunakan GR Yaris AP4 sesuai regulasi reli AP4 (Asia-Pacific 4WD). Mereka mencatat waktu tercepat kedua 03:28.6 di SS 1 dan menebusnya di SS 2 dengan catatan waktu tercepat pertama 03:22.6, Sabtu (28/10).

TGRI 'Back-to-Back' Raih Gelar Juara Nasional Kejurnas Sprint Rally 2023

Tidak mau kehilangan momentum, engineer TGRI mempertahankan performanya di jeda balap supaya dapat kembali tampil maksimal. Hasilnya tidak sia-sia karena mereka kembali mencatatkan waktu tercepat pertama 03:21.8 di SS 3 dan 03:20.6 di SS 4, Minggu (29/10). Dengan catatan waktu total 13:33.6, pembalap TGRI berhasil meraih podium pertama dengan selisih waktu 02.7 detik.

Berita menggembirakan datang dari tim global TOYOTA GAZOO Racing (TGR) di mana pasangan pembalap Kalle Rovanperä dan co-driver Jonne Halttunen berhasil memastikan gelar Juara Dunia Pembalap World Rally Championship (WRC) 2023 dengan menempati podium kedua Central European Rally 2023.

Mengandalkan GR Yaris Rally1 Hybrid, outstanding performance tersebut menambah gelar Juara Dunia Manufaktur WRC 2023 yang telah dipastikan di Chille Rally sebelumnya.

TGRI 'Back-to-Back' Raih Gelar Juara Nasional Kejurnas Sprint Rally 2023

Alhasil, tim dan pembalap TGR global kembali mengukir rekor sejarah baru di ajang WRC. Gelar ini merupakan gelar juara dunia kedua berturut-turut bagi Kalle Rovanperä dan Jonne Halttunen, sekaligus gelar juara dunia ke-5 berturut-turut untuk pembalap TGR dengan 3 pembalap berbeda. Sementara raihan Juara Dunia Manufaktur WRC 2023 merupakan gelar juara dunia ketiga berturut-turut untuk tim rally TGR.

KOMENTAR (0)