TOYOTA GAZOO Racing Indonesia Warnai Kejuaraan Tingkat Regional Asia

TOYOTA GAZOO Racing Indonesia Warnai Kejuaraan Tingkat Regional Asia

TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) kembali menorehkan prestasi gemilang di tingkat regional. Setelah memberikan kesempatan kepada pembalap Haridarma Manoppo untuk menjalankan tantangan lebih tinggi dengan berlaga di Kelas GT4 Fanatec GT World Challenge Asia (GTWCA) 2023. Haridarma berlaga bersama pembalap Jepang Nonaka Seita sebagai tim balap Indonesia pertama yang berkompetisi di ajang GTWCA menggunakan race car Toyota GR Supra GT4.

Dengan semangat Pushing the Limits for the Better, tim TGRI memastikan posisi Runner Up overall Klasemen Pembalap dan Klasemen Tim Kelas GT4 setelah menyelesaikan Fanatec GTWCA 2023 Seri ke-11 dan Seri ke-12 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia (21–24/9).

TOYOTA GAZOO Racing Indonesia Warnai Kejuaraan Tingkat Regional Asia

Masih di weekend yang sama, tiga kontingen Indonesia yang merupakan pemenang TGR GT Cup Indonesia (16/7) lalu, berhasil menjuarai TGR GT Cup Asia di Kelas Pembalap dan Tim. Posisi pertama diraih oleh Andika Rama, yang tahun ini akan kembali mewakili Indonesia pada TGR GT Cup Global Final di Barcelona, Spanyol, November mendatang.

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor mengatakan, lewat semangat continuous improvement, satu per satu upaya TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) mulai membuahkan hasil. Capaian back-to-back win di tingkat regional menjadi sebuah achievement yang sangat baik di penghujung tahun ini. Merupakan tim Indonesia pertama yang berlaga di ajang GT World Challenge Asia (GTWCA),

TOYOTA GAZOO Racing Indonesia Warnai Kejuaraan Tingkat Regional Asia

“TGRI meningkatkan kemampuan tim dengan menurunkan pembalap ke ajang balap regional yang lebih kompetitif untuk mendapatkan pengalaman dan kesempatan mempelajari balapan baru yang lebih menantang. Ternyata tim balap TGRI mampu tampil mengesankan pada 6 dari 12 seri balap yang diikuti, bahkan berhasil menempati posisi kedua overall Klasemen Pembalap dan Klasemen Tim Kelas GT4 Fanatec GTWCA 2023,” kata Anton.

Kelas GT4 Fanatec GT World Challenge Asia (GTWCA) 2023 menggunakan mobil balap buatan pabrikan yang tersedia untuk umum dan diadakan di 3 regional, yaitu Asia khususnya Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat. Selain beradaptasi pada kondisi race GT4, TGRI melakukan continuous improvement untuk meningkatkan daya saing Supra GT4 dan melatih sinergi dan memperkuat chemistry antara pembalap dan teknisi agar solid saat berkompetisi penuh tahun depan.

TOYOTA GAZOO Racing Indonesia Warnai Kejuaraan Tingkat Regional Asia

Balapan pertama Fanatec GTWCA 2023 berlangsung di Chang International Circuit Thailand pada bulan Mei 2023. Kejuaraan ini menjadi tes perdana bagi TGRI yang ditargetkan mampu finish dengan improvement yang konsisten dan positif di setiap putaran. Berdasarkan feedback pembalap dan data lapangan tersebut, GR Supra GT4 sanggup meraih poin penuh di Seri ke-1 dan Seri ke-2 Fanatec GTWCA 2023.

Prestasi positif berikutnya diraih ketika berlaga di Seri ke-9 dan Seri ke-10 Fanatec GTWCA 2023 di Sirkuit Okayama Jepang pada 19 Agustus 2023. Datang sebagai rookiesports car Toyota GR Supra GT4 berhasil membawa Haridarma bersama Nonaka mengharumkan nama Indonesia dengan meraih podium pertama dan kedua Kelas GT4. Poin penuh terakhir didapatkan dari Seri ke-11 dan Seri ke-12 di Sirkuit Sepang Malaysia, sekaligus menempatkan tim TGRI di Posisi ke-2 Klasemen Tim dan pasangan Haridarma Manoppo–Nonaka Seita di Posisi ke-2 Klasemen Pembalap Fanatec GTWCA 2023 Kelas GT4.

KOMENTAR (0)