Toyota GR Supra GT4 Tampil Maksimal di GT World Challenge Asia

Toyota GR Supra GT4 Tampil Maksimal di GT World Challenge Asia

Setelah melakukan serangkaian development serta ikut serta pada sesifree practice tahun lalu, tim dan Pembalap Indonesia dari TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) Haridarma Manoppo siap tampil di seri pembuka balap GT World Challenge Asia (GTWCA) 2023 di Chang International Circuit Thailand, 12-14 Mei 2023.

Pembalap andalan TGRI akan berlaga bersama pembalap Jepang Nonaka Seita dengan menggunakan sports car Toyota GR Supra GT4 yang sudah dimodifikasi sesuai regulasi balap endurance kelas GT4. Partisipasi Haridarma merupakan bukti keseriusan TGRI untuk naik ke jenjang lebih tinggi dengan mengambil challenge untuk turun ke kompetisi yang sesungguhnya demi memperoleh ilmu serta pengalaman yang lebih luas.

Toyota GR Supra GT4 Tampil Maksimal di GT World Challenge Asia

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor mengatakan, semangat dari GR adalah pushing the limits for the better. Sejalan dengan semangat tersebut, kali ini TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) akan membawa pembalap Haridarma Manoppo untuk menjalankan tantangan lebih tinggi dengan berlaga di kejuaraan GT World Challenge Asia (GTWCA) 2023 seri pertama di Chang International Circuit Thailand.

Toyota GR Supra GT4 Tampil Maksimal di GT World Challenge Asia

“Ini merupakan perdana bagi pembalap maupun tim. Bahkan, kami merupakan tim Indonesia pertama yang berlaga di GTWCA. Bermodalkan mobil balap Toyota GR Supra GT4 yang dikenal andal dan powerful, keikutsertaan TGRI merupakan bentuk upaya pengembangan kemampuan kami dengan menurunkan pembalap ke ajang balap regional yang lebih kompetitif untuk mendapatkan pengalaman yang lebih luas dan kesempatan mempelajari balapan baru yang lebih menantang bagi pembalap bersama seluruh tim,” kata Anton.

Balapan kelas GT4 menggunakan mobil balap buatan pabrikan yang tersedia untuk umum dan dimodifikasi sesuai regulasi sehingga seluruh peserta memiliki level performa yang setara. Dengan begitu, semua pembalap memiliki daya saing tinggi dan balapan dapat berlangsung dengan sengit sehingga kans semua tim untuk meraih gelar juara menjadi sama. Secara garis besar, balap GT4 diadakan di 3 regional, yaitu Asia khususnya Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat.

Toyota GR Supra GT4 Tampil Maksimal di GT World Challenge Asia

Tahun ini, TGRI menargetkan untuk beradaptasi semaksimal mungkin pada kondisi race GT4 yang sebenarnya, dan melakukan serangkaian adjustment demi catatan waktu yang semakin baik tiap putarannya. Selain itu, Kerjasama antar tim juga diuji demi menghasilkan support system yang optimal bagi pembalap yang berlaga.

Seri pertama di Chang International Circuit Thailand akan menjadi test perdana bagi TGRI yang ditargetkan mampu finish dengan improvement yang konsisten dan positif di setiap putaran. Berdasarkan feedback pembalap dan data lapangan tersebut, GR Supra GT4 akan terus dikembangkan sejalan dengan semangat continuous improvement demi menghadirkan ever-better race cars.

Toyota GR Supra GT4 Tampil Maksimal di GT World Challenge Asia

Selain Thailand, rencananya TGRI juga akan mengikuti beberapa seri lagi sebagai bagian dari rencana untuk memperkaya pengalaman tim dan mendapatkan input berharga dari ajang balap baru. Pembelajaran yang diambil tahun ini harapannya mampu meningkatkan daya saing TGRI to the next level  di berbagai ajang balapan nasional maupun regional.

KOMENTAR (0)