Zero Labs Kembangkan Skateboard EV Platform Untuk  Electromod

Zero Labs Kembangkan Skateboard EV Platform Untuk  Electromod

Pada era mobil elektrifikasi seperti saat ini, kata “electromods” menjadi semakin populer. Lalu, apakah electromds itu? Dalam bahasa sederhana,  electromods mengacu pada  paket modifikasi  untuk  mengubah mobil bermesin konvensioal menjadi mobil listrik. Dan sekarang, electromods  banyak diterapkan pada hampir semua mobil bermesin konvensional, mulai dari mobil klasik sampai  sports car era modern seperti  Aston Martin hingga Jaguar. Sayangnya, kebanyakan  paket modifikasi mobil listrik  tadi bersifat  umum sehingga kerap bermasalah  ketika  akan dipasang  pada kendaraan.

Zero Labs Kembangkan Skateboard EV Platform Untuk  Electromod

Menyadari kondisi tersebut, Zero Labs yang bermarkas di California, Amerika Serikat, mengembangkan  platform mobil listrik yang dirancang khusus untuk mobil-mobil klasik bermesin bensin dan diesel konvensional. Komponen utama platform tersebut adalah sasis mirip skateboard yang bisa dimodifikasi secara customized sehingga cocok untuk mobil off road klasik seperti Ford Bronco, International Scout, Toyota Land Cruiser Seri 40, dan Land Rover (Seri  II dan III). Zero Labs juga sedang melakukan riset platform sejenis untuk Ford F-100 dan F-150.

Zero Labs Kembangkan Skateboard EV Platform Untuk  Electromod

Platform buatan Zero Labs dilengkapi baterai lithium-ion di bagian lantai dengan kapasitas  85 kWh atau 100 kWh. Baterai 85 kWh menjanjikan jarak tempuh hingga  321 km, sedangkan baterai  100 kWh mampu bepergian sejauh 378 km. Hebatnya lagi, platform kreasi Zero Labs  didukung suspensi  independen,  sistem rem regeneratif, dan motor listrik belakang dengan  tenaga 296 hp plus torsi  330 Nm. Konsumen juga bisa memesan platform dengan motor listrik ganda (total output 592 hp) sehingga menjadi   all-wheel drive.

Zero Labs Kembangkan Skateboard EV Platform Untuk  Electromod Zero Labs Kembangkan Skateboard EV Platform Untuk  Electromod

O iya, tersedia opsi tambahan berupa suspensi udara dan rem  Brembo. Zero Labs mengklaim proses instalasi bodi mobil ke platform EV baru hanya butuh modifikasi ringan pada bagian kabin. Selain itu, panel instrumen digital model retro klasik akan menggantikan perangkat lama. Menurut Zero Labs, produksi platform EV dimulai tahun 2021 dan setiap  paket Classic Electric Platform sudah mencakup  “full labor for disassembly, prep, conversion and testing.”

 

KOMENTAR (0)