Begini Agar Mobil Tetap Prima Saat Perjalanan Jarak Jauh

Begini Agar Mobil Tetap Prima Saat Perjalanan Jarak Jauh

AutoFamily di pekan keempat Mei 2024 ini berkesempatan lagi lho untuk bisa liburan bersama keluarga. Iya pasalnya berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terdapat libur cuti bersama di Hari Raya Waisak mulai tanggal 23-24 Mei 2024.

Nah salah satu pilihan tripnya yang menarik yaitu ke Festival Lampion Waisak di Borobudur. Tentu ini bisa jadi pengalaman seru buat AutoFamily, bukan hanya bisa rekreasi tapi juga dapat mengabadikan momen menarik dalam perayaan tersebut.

Begini Agar Mobil Tetap Prima Saat Perjalanan Jarak Jauh

Hanya saja, AutoFamily jangan asal pergi tanpa persiapan karena perjalanan dapat berantakan hanya karena masalah sepele. Bila melihat bantuan peta digital, jarak Jakarta-Borobudur tidak bisa dibilang pendek yaitu mencapai 536,4 Km. Butuh persiapan yang sangat baik, mulai dari kondisi tubuh pengemudi hingga kondisi mobil.

1. Perhitungkan Budget

Sebelum perjalanan, AutoFamily wajib mencari informasi mengenai biaya operasional mulai dari kebutuhan bahan bakar, mengisi uang  elektronik untuk tol, uang dengan nominal kecil untuk parkir, sampai tempat menginap yang sesuai budget, tapi punya fasilitas yang memadai untuk santai sejenak.

Begini Agar Mobil Tetap Prima Saat Perjalanan Jarak Jauh

2. Cari Hotel Sesuai Kebutuhan

Umumnya ketika perjalanan trip, kita jarang menikmati waktu di hotel tapi waktu lebih banyak dihabiskan di jalan, berbeda dengan staycation. Apakah itu untuk kuliner, mengunjungi tempat wisata atau ke acara Festival Lampion Waisak misalnya. Saat ini banyak hotel menawarkan paket keluarga dengan promo memikat. Biasanya pula ada hotel yang memiliki paket jalan-jalan keliling lingkungan hotel yang memberikan pengalaman mengesankan.

3. Buat Itenerary Perjalanan

AutoFamily akan menginap dalam waktu singkat 2 atau 3 malam di masa libur hari kejepit nasional (harpitnas) nanti. Oleh sebab itu, persiapkan rencana kegiatan dengan baik supaya liburan bisa berjalan nyaman dan tanpa kendala. Hitung pula waktu perjalanan berangkat dan pulang apalagi menempuh jarak lebih dari 500 km sampai ke Borobudur.

Begini Agar Mobil Tetap Prima Saat Perjalanan Jarak Jauh

4. Persiapkan Kendaraan

Karena lokasi liburan cukup jauh, lakukan pemeriksaan beberapa komponen penting mobil, supaya  tidak terjadi kendala di jalan. Mulai dari cek cairan radiator yang jangan sampai habis, karena mesin mobil AutoFamily bisa jebol karena overheat. Periksa juga tabung reservoir radiator dan isi hingga batas atas.

KOMENTAR (0)