Begini Cara Tepat Merawat Ban Serep Mobil

Begini Cara Tepat Merawat Ban Serep Mobil

Ban serep mobil kerap terlupakan karena jarang sekali dipakai,. Apalagi bila ban mobil tak pernah mengalami kendala di jalan, sehingga tak membutuhkan ban serep. Namun meski hanya sebagai cadangan, ban serep tak direkomendasikan untuk didiamkan begitu saja, tapi wajib untuk dilakukan perawatan untuk mencegahnya rusak. Auto2000 memang berkomitmen membantu memudahkan masyarakat untuk nyaman dan aman dalam bermobilitas. Mulai dari pembelian, purna jual, sampai urusan perawatan ban cadangan juga menjadi perhatian. Berikut jurus jitu yang diberikan :

Begini Cara Tepat Merawat Ban Serep Mobil

Pelajari Tempat Ban Serep

Untuk setiap pembelian mobil Toyota di Auto2000 maka pelanggan akan dijelaskan mengenai lokasi ban cadangan oleh salesman Auto2000. Beberapa model Toyota sedan dan MPV seperti Vios dan Sienta, ban serep diletakkan di bawah dek bagasi mobil. AutoFamily tinggal buka dek bagasi untuk mengambilnya dengan mudah. Mobil lain seperti Fortuner dan Innova meletakkan ban serep di kolong bagasi mobil. AutoFamily wajib mempelajari cara menurunkannya supaya tidak kesulitan saat membutuhkan. Ada juga posisi ban serep di pintu bagasi atau sering disebut konde seperti pada Toyota Rush model lama. Terlihat mudah, namun akan menyulitkan jika tidak tahu caranya.

Begini Cara Tepat Merawat Ban Serep Mobil

Pahami Ukuran Ban Serep

Untuk menghemat ruang, biasanya ban cadangan yang diletakkan di bawah dek bagasi berukuran lebih kecil atau jenis space saver. Ban jenis ini tidak dianjurkan untuk dipakai terlalu lama dan kecepatan mobil dibatasi di bawah 60 km/jam. Segera kembalikan ban serep jenis ini setelah digunakan karena tidak layak dipakai harian. Ban jenis ini juga tidak ikut serta pada skema rotasi ban. Ban cadangan dengan ukuran sama dengan lainnya seperti milik Innova, tidak butuh perlakuan khusus.

Begini Cara Tepat Merawat Ban Serep Mobil

Lakukan Simulasi Ganti Ban Serep

Simulasi bongkar pasang ban serep membuat AutoFamily paham cara menggunakannya saat dibutuhkan. Tentu akan sangat merepotkan jika ban mobil bocor di malam hari atau di tempat sepi dan AutoFamily tidak tahu cara menggantinya. Banyak hal dapat dipelajari, seperti tempat menyimpan dongkrak dan posisi menaruhnya di kolong mobil yang tepat ketika mau mengganti ban. Lanjut cara mengoperasikan dongkrak, membuka baut ban, hingga memasang ban serep dengan cepat dan efisien. Terkait dengan tips mengganti ban mobil, bisa juga kunjungi Tiktok Auto2000official dengan klik di sini.

Begini Cara Tepat Merawat Ban Serep Mobil

Perawatan Ban Serep

Ada beberapa langkah perawatan ban serep atau ban cadangan yang dapat AutoFamily lakukan secara mandiri. Perhatikan kondisi karet ban, apakah ada kerusakan seperti permukaan getas atau dinding ban benjol akibat terlalu lama disimpan. Jangan lupa memeriksa tekanan udara ban serep sehingga bisa langsung dipakai saat dibutuhkan. Sesuaikan tekanan udara dengan rekomendasi pabrikan, lantas naikkan sekitar 10 psi untuk mengantisipasi ban serep kempis ketika disimpan.

KOMENTAR (0)