BP-AKR, SPBU Berkonsep Modern, Mudahkan Pelanggan

BP-AKR, SPBU Berkonsep Modern, Mudahkan Pelanggan

Stasiun Pengisian Bahan Bakar atau di Indonesia dikenal dengan istilah SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) atau  pom bensin, adalah tempat yang memberikan layanan pengisian bahan bakar kendaraan bermotor. Namun faktanya, SPBU pertama di dunia tidak memiliki fungsi yang sama dengan SPBU saat ini. Sejarah pom bensin pertama di dunia berawal dari sebuah apotek adalah yang dikenal sebagai tempat menjual obat. Bagaimana kisahnya?

Pada bulan Agustus tahun 1888, Bertha Benz istri dari pencipta mobil asal Jerman, Karl Benz, melakukan perjalanan perdananya dari Mannheim ke Pforzheim bersama kedua anaknya. Ditengah perjalanan, mobil yang dikendarai kehabisan bahan bakar di kota Wiesloch, Jerman.

BP-AKR, SPBU Berkonsep Modern, Mudahkan Pelanggan

Pada saat itu, mobil tersebut belum memiliki tangki bahan bakar seperti mobil zaman sekarang. Sehingga, Ligroin dimasukkan langsung ke dalam karburator mobil. Setelah mencari, Bertha Benz akhirnya bisa mendapatkan Ligroin yang dibutuhkan di sebuah apotek yang berada di Kota Wiesloch.

Setelah mengisi bahan bakar untuk mobilnya, Bertha Benz melanjutkan perjalanannya ke Pforzheim. Perjalanan dari Mannheim ke Pforzheim dengan jarak 106 kilometer berhasil ditempuh dalam waktu 12 jam. Sejak peristiwa itu, apotek lain menjual bensin sebagai bisnis sampingan.

Seiring dengan perubahan bisnis dan perilaku konsumen di Indonesia, kini fungsi SPBU tak hanya melayani penjualan bahan bakar saja namun juga menyediakan layanan tambahan mulai dari pengisian angin ban, penggantian oli, toilet, musholla hingga ATM.

BP-AKR, SPBU Berkonsep Modern, Mudahkan Pelanggan

Salah satu SPBU yang dikembangkan dan dikelola secara modern di Indonesia adalah SPBU BP-AKR.  Demi meningkatkan kualitas, layanan dan memberikan kenyamanan bagi para pelanggannya, BP-AKR mengembangkan SPBU nya lebih modern dengan mengusung konsep “one-stop-solution” yaitu memberikan solusi pemenuhan kebutuhan lainnya bagi konsumen dalam satu kunjungan, sehingga menjadikan bp sebagai #TemanPerjalanan yang tepat setiap harinya.

SPBU BP-AKR tidak hanya menawarkan rangkaian bahan bakar berkualitas dengan harga yang relatif terjangkau yaitu BP 90, BP 92, BP 95 dan BP Diesel namun juga menyediakan berbagai fasilitas mulai dari mini market, gerai kopi, kedai makanan cepat saji, ATM juga penyediaan area parkir yang luas.

BP-AKR, SPBU Berkonsep Modern, Mudahkan Pelanggan

SPBU BP-AKR juga senantiasa ingin memastikan para konsumen mendapatkan nilai tambah melalui berbagai program promo menarik bagi konsumennya antara lain promo GRATIS 1 liter bensin, bp E-Money, Cashback hingga Rewards points. Melalui program “Gratis 1 liter”, pelanggan dengan pembelian minimal 25 liter akan mendapatkan gratis 1 liter bahan bakar. Sebagai ilustrasi, pelanggan yang membeli produk BP 92 sebanyak 26 liter maka dengan harga Rp 14.990 per liter pelanggan hanya akan membayar Rp 374.750 atau hemat Rp 14.990.

Dari sisi disain, SPBU BP-AKR juga terlihat modern, bersih dengan penerangan yang baik dan terintegrasi sehingga membuat konsumen lebih nyaman. Dengan berkembangnya fasilitas dan layanan SPBU, maka tak heran SPBU kini menjadi tempat meeting point atau tempat istirahat yang nyaman.

KOMENTAR (0)