Debut Generasi Terbaru Porsche 911 GT3 R

Debut Generasi Terbaru Porsche 911 GT3 R

Dengan generasi terbaru dari 911 GT3 R, Porsche memperkenalkan mobil balap pelanggan yang baru. Penantang baru untuk seri GT3 di seluruh dunia didasarkan pada generasi 992 saat ini dan akan siap untuk balapan di awal musim 2023. Pengembangan dimulai pada tahun 2019. Prioritas diberikan untuk lebih meningkatkan kemampuan berkendara bagi para profesional dan yang disebut gentlemen drivers, serta memanfaatkan cadangan kinerja yang lebih besar untuk klasifikasi Balance of Performance (BoP) yang berbeda.

Fokus lainnya adalah merampingkan penanganan mobil balap untuk tim dan mengurangi biaya operasional. Porsche Motorsport sekarang menawarkan 911 GT3 R baru dengan harga 511.000 Euro ditambah PPN khusus negara.

Debut Generasi Terbaru Porsche 911 GT3 R

Michael Dreiser, Direktur Penjualan di Porsche Motorsport mengatakan, 911 GT3 R baru memiliki standar yang sangat tinggi. Pendahulunya telah memenangkan hampir semua yang bisa dimenangkan di kancah GT3 dalam empat musim sejak 2019. Keberhasilannya yang menonjol termasuk kemenangan keseluruhan pada balapan 24 jam di Nürburgring dan juga di sini di Spa-Francorchamps.

Debut Generasi Terbaru Porsche 911 GT3 R

Sementara Sebastian Golz, Manajer Proyek 911 GT3 R di Porsche Motorsport menegaskan, kami tepat sasaran dengan pendahulu yang sangat sukses. Dengan demikian, standar untuk penerusnya tinggi. Tugas kami bukanlah membuat 911 GT3 R baru yang lebih cepat – klasifikasi dalam jendela kinerja yang ditetapkan oleh BoP dengan cepat membatalkan keunggulan ini.

“Ini membutuhkan daya tahan dan itulah sebabnya kami berfokus terutama pada peningkatan kemampuan berkendara. Hal ini tercermin dalam rentang putaran mesin 4.2 liter baru yang dapat digunakan lebih luas, aerodinamis yang lebih stabil dan konstan, serta beban yang lebih rendah pada ban belakang, yang memungkinkan potensinya bertahan lebih lama,” tegas Golz.

Debut Generasi Terbaru Porsche 911 GT3 R

Setelah kelas GT3 diumumkan sebagai kategori profesional dalam seri IMSA Amerika Utara, Kejuaraan Ketahanan Dunia FIA WEC pun mengikuti: Mulai tahun 2024, mobil balap GT3 seperti 911 GT3 R yang baru akan memenuhi syarat untuk ambil bagian dalam 24 Jam Le Mans untuk pertama kalinya.

Inti dari mobil balap baru ini adalah mesin yang mendekati standar berdasarkan power plant 911 generasi 992. Seperti pada model sebelumnya, ini adalah mesin enam silinder berpendingin air dengan teknologi empat katup dan injeksi bahan bakar langsung.

Debut Generasi Terbaru Porsche 911 GT3 R

Perkembangan baru yang utama adalah peningkatan: seperti 911 RSR, kapasitas 911 GT3 R baru telah meningkat lima persen dari 3.997 menjadi 4.194 cc. Ini telah meningkatkan output puncak mesin menjadi sekitar 416 kW (565 PS). Pertama dan terpenting, walau bagaimanapun, Porsche telah mengoptimalkan kurva torsi dan daya di seluruh rentang putaran. Akibatnya, mesin enam silinder 4.2 liter baru ini lebih cocok bagi pengemudi pria.

Debut Generasi Terbaru Porsche 911 GT3 R

Mesin enam silinder berputaran tinggi tanpa turbo dan berposisi klasik di bagian belakang, sehingga meningkatkan traksi dan pengereman. Namun, telah dimiringkan ke depan sebesar 5,5 derajat, menciptakan lebih banyak kelonggaran untuk diffuser bagian bawah bodi mobil. Unit bantu seperti alternator dan kompresor AC dipindahkan satu meter ke depan dan lebih jauh ke bawah ke ruang di depan mesin dan gearbox, yang memiliki efek positif pada keseimbangan berat 911 GT3 R. Gearbox speed contest-mesh sekuensial berasal dari 911 GT3 Cup saat ini. Shift paddle mengontrol aktuator shift drum elektronik yang memungkinkan pergantian gigi secara cepat dan tepat.

KOMENTAR (0)