Honda e:N1, Mobil Listrik Pertama Hasil Riset di Indonesia

Honda e:N1, Mobil Listrik Pertama Hasil Riset di Indonesia

PT Honda Prospect Motor telah secara resmi memperkenalkan Honda e:N1 sebagai langkah awal mereka dalam membawa revolusi mobil listrik ke Indonesia. Pengumuman ini dilakukan dalam konferensi pers GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Kamis, 18 Juli 2024.

Honda e:N1 merupakan produk hasil riset mendalam Honda mengenai pasar mobil listrik di Indonesia, menandai komitmen Honda dalam menghadirkan teknologi ramah lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen lokal. Honda e:N1 dirancang sebagai mobil listrik SUV, cocok untuk mengatasi beragam karakteristik jalan di Indonesia.

Honda e:N1, Mobil Listrik Pertama Hasil Riset di Indonesia

Mengusung baterai lithium-ion berkapasitas 68.8 kWh, mobil ini mampu menempuh hingga 500 km sekali pengisian daya, menjadikannya pilihan yang praktis untuk mobilitas jarak jauh di dalam negeri. Dukungan teknologi fast charging memungkinkan pengisian baterai hingga 80 persen kapasitas dalam waktu hanya 50 menit, memaksimalkan ketersediaan mobil bagi penggunanya.

Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM, mengungkapkan bahwa Honda e:N1 tidak hanya menghadirkan keunggulan teknologi, tetapi juga merupakan hasil dari pemahaman mendalam akan kebutuhan pasar.

Honda e:N1, Mobil Listrik Pertama Hasil Riset di Indonesia

“Mobil listrik Honda memiliki nilai lebih karena dirancang di atas pengalaman pengembangan beragam teknologi, serta telah teruji melalui berbagai produk yang diterima oleh konsumen selama puluhan tahun,” kata Billy.

Sejak didirikan pada tahun 1948, Honda telah memimpin dalam inovasi teknologi untuk memajukan mobilitas global dengan fokus pada keberlanjutan lingkungan. Perusahaan ini dikenal dengan pencapaian signifikan seperti mesin CVCC yang mendapat pengakuan EPA Amerika Serikat pada 1970-an, serta teknologi VTEC untuk efisiensi bahan bakar pada 1980-an.

Honda e:N1, Mobil Listrik Pertama Hasil Riset di Indonesia

Pada 1990-an, Honda memperkenalkan teknologi hybrid pertama mereka melalui Integrated Motor Assist (IMA), yang menjadi landasan bagi pengembangan mobil listrik mereka, termasuk Honda EV Plus pada tahun 1997. Inovasi berlanjut dengan mesin Fuel Cell pada tahun 2008, menggunakan hidrogen dengan hasil emisi hanya berupa air.

Honda terus mengembangkan solusi ramah lingkungan dengan mesin Earth Dreams, yang menghadirkan mesin turbo dan hybrid yang lebih efisien, serta mobil plug-in hybrid. Pada tahun 2019, Honda meluncurkan Honda e:TECHNOLOGY untuk memperluas jangkauan produk elektrifikasinya di seluruh dunia.

Honda e:N1, Mobil Listrik Pertama Hasil Riset di Indonesia

Di pasar global, Honda telah memperkenalkan berbagai model elektrifikasi seperti Honda Prologue dan Acura ZDX di Amerika Utara, Honda e:NY1 di Eropa, Honda N-VAN e di Jepang, serta Honda e:NS1 dan Honda e:NP1 di China. Pada awal tahun 2024, Honda juga memperkenalkan Honda CR-V e:FCEV di Amerika Serikat, sebagai langkah maju dalam mobil berbahan bakar hidrogen dengan kemampuan pengisian daya plug-in.

Tidak berhenti di situ, Honda terus mengembangkan kendaraan berkelanjutan dengan Honda Zero Series, termasuk model Saloon dan Space-Hub yang akan diluncurkan global pada tahun 2026. Kedua model ini didesain dengan baterai yang lebih efisien dan jarak tempuh yang lebih jauh, menunjukkan komitmen Honda untuk mendukung mobilitas masa depan yang ramah lingkungan dan inovatif

KOMENTAR (0)