Ini Gunanya Fitur V2L yang Disematkan di BYD M6

Ini Gunanya Fitur V2L yang Disematkan di BYD M6

Beberapa waktu lalu, tim Otoblitz.net mendapatkan kesempatan untuk ikut mencoba secara langsung BYD M6 dari Jakarta-Bandung-Jakarta. Mobil ini merupakan, sebuah Multi Purpose Electric Vehicle (MPEV) pertama di Indonesia yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan mobilitas keluarga modern.

Selain desain Dragon Face yang elegan, BYD M6 ini juga dibekali dengan berbagai teknologi dan fitur canggih. Salah satunya adalah vehicle-to-load (V2L). Dimana dengan fitur tersebut, membuat pemilik bisa menjadikan BYD M6 sebagai sumber listrik bergerak untuk mengoperasikan berbagai peralatan elektronik.

Ini Gunanya Fitur V2L yang Disematkan di BYD M6

Bahkan, tidak hanya satu, karena mobil ini juga bisa digunakan untuk sumber listrik beberapa perangkat sekaligus. Seperti yang ditunjukkan saat acara test drive dari Jakarta-Bandung-Jakarta kemarin. Dimana saat acara makan malam, satu unit BYD M6 digunakan sebagai sumber listrik seperangkat alat musik elektronik yang digunakan oleh band lokal saat menghibur seluruh peserta test drive.

Bobby Bharata, Kepala Produk PT BYD Motor Indonesia mengatakan, fitur V2L ini bisa langsung digunakan oleh pemilik BYD M6. Karena setiap pembeli sudah dilengkapi dengan adaptor V2L yang dapat dihubungkan melalui port pengisian daya BYD M6 yang terletak di sisi kanan belakang mobil.

Ini Gunanya Fitur V2L yang Disematkan di BYD M6

“Secara penggunaan fitur V2L ini memiliki kelebihan pada saat darurat ataupun adanya kebutuhan tenaga listrik yang dibutuhkan pemiliknya. Seperti pada saat perjalanan jauh, atau tengah melakukan camping outdoor bersama keluarga,” kata Bobby di Bandung, Kamis (8/8).

Dengan kapasitas daya sebesar 2.200 watt, Bobby menjelaskan bahwa dengan BYD M6 pemilik juga bisa menyalakan AC di rumah. “Jadi, BYD M6 ini bisa dikatakan layaknya perangkat genset yang mampu memberikan daya listrik untuk kebutuhan penerangan ataupun perangkat elektronik lain,” tambah Bobby.

Ini Gunanya Fitur V2L yang Disematkan di BYD M6

Berbicara kapasitas baterai, BYD M6 ini telah didukung baterai Blade BYD dan memiliki daya sebesar 71.000 watt. Dengan begitu, jika penggunaan normal perangkat penerangan maupun elektronik lain hanya sekitar 400 watt, maka dipastikan sumber tenaga pada baterai BYD M6 bisa digunakan dalam rentang waktu seharian.

KOMENTAR (0)