10 Jalanan Paling Berbahaya: North Yungas Road (Bolivia)

10 Jalanan Paling Berbahaya: North Yungas Road (Bolivia)

Bayangkan mengendarai mobil di jalanan mulus dengan pemandangan nan indah di kanan-kirinya. Lalu beberapa saat kemudian, setelah melewati beberapa tikungan dan ‘kejutan’ dari arah depan, lalu mendadak jalan yang Anda lalui menyempit, dan tak lagi mulus. Ribuan kaki di bawahnya –jika Anda punya keberanian untuk melongok, Anda dapat melihat sisa-sisa kerangka mobil atau truk yang telah lama ‘hilang’.

Ya, kadang-kadang jalan yang paling jarang dilalui, memang jarang dipilih orang karena suatu alasan. Dan dalam kasus ini, itu karena jalan-jalan tersebut mungkin bisa jadi tempat ‘peristirahatan terakhir’ Anda –atau kendaraan Anda. Nah, salah satu dari 10 jalanan paling berbahaya di dunia ini adalah North Yungas Road, yang terletak di Bolivia, 56 km arah timur laut dari La Paz, ibukota negara.

10 Jalanan Paling Berbahaya: North Yungas Road (Bolivia)

Juga dikenal sebagai ‘El Camino de la Muerte‘ atau ‘Death RoadatawaJalan Kematian‘, lajur sepanjang 60 km ini dibangun oleh para tahanan Paraguay pada 1930-an, untuk menjadi jalur pintas dari La Paz ke Kota Corioco. Lalu lintas di jalan ini adalah dua arah, namun yang mendebarkan adalah bahwa jalanan di North Yungas Road yang menyusuri punggung gunung ini hanya memiliki lebar rata-rata tak lebih dari tiga meter, dan sangat minim penjagaan.

10 Jalanan Paling Berbahaya: North Yungas Road (Bolivia)

Hujan deras dan kabut sering menambah bahaya di North Yungas Road, dan satu kesalahan perhitungan kecil saja dapat berarti ‘terjun bebas’ dari ketinggian hingga 600 meter. Jalanan berbahaya ini telah merenggut ribuan nyawa, dan ini ditandai dari banyaknya salib yang berdiri tegak di berbagai tempat dimana kendaraan telah jatuh.

10 Jalanan Paling Berbahaya: North Yungas Road (Bolivia)

Namun, tingginya angka kematian dan tingkat kesulitan berkendara yang spektakuler ini malah mengundang ribuan penggemar wisata adrenalin untuk mengunjunginya. North Yungas Road memang telah diperbaiki dalam beberapa tahun terakhir, namun masih banyak bagian berbahaya dari rute ini yang mampu menggenjot adrenalin Anda. Tidak percaya? Silakan simak videonya dibawah ini. **MS/ Foto-foto: Istimewa – Video by TopList on YouTube


<iframe width=”640″ height=”360″ src=”https://www.youtube.com/embed/ULJHQvQq6bs” frameborder=”0″ allowfullscreen></iframe>

TAGS

KOMENTAR (0)