Ini Dia Fitur Touchscreen Pertama untuk Mobil (Video)

Ini Dia Fitur Touchscreen Pertama untuk Mobil (Video)

Saat ini, fitur touchscreen atau layar sentuh yang menjadi bagian instrumen pada sebuah mobil telah banyak dijumpai. Namun, tahukah Anda bahwa mobil pertama yang benar-benar mendapatkan teknologi ini adalah generasi ketujuh Buick Riviera keluaran 1986?

Dikenal sebagai ‘Graphic Control Center’, sistem layar sentuh ini menggunakan tabung sinar katoda dengan layar ukuran 3×4, dengan background hitam serta tulisan berwarna hijau.

Ini Dia Fitur Touchscreen Pertama untuk Mobil (Video)

Sistem ‘Graphic Control Center’ ini memungkinkan pengendara untuk mengendalikan berbagai pengaturan seperti komputer perjalanan, radio, climate control hingga monitor sistem diagnostik untuk memeriksa kondisi rem, penggerak roda dan sistem kelistrikan.

‘Graphic Control Center’ juga memungkinkan pemilik Riviera untuk melakukan verifikasi tingkat bahan bakar, bahkan melihat apakah salah satu pintu dalam kondisi terbuka atau tidak.

Ini Dia Fitur Touchscreen Pertama untuk Mobil (Video)

Sebuah sistem yang sama juga diterapkan pada model Buick Reatta, namun hardware ini kemudian dicopot pada tahun 1990, setelah perusahaan menerima keluhan dari pemilik tentang keberadaan GCC yang dinilai cukup rumit dan mengganggu. Nah, berikut video touchscreen pertama yang disematkan pada mobil ini, dari akun Mr. Buick’s Rock ‘n’ Roll di YouTube. Pretty impressive for the 80’s, eh? **MS


<iframe width=”640″ height=”480″ src=”//www.youtube.com/embed/LoYSCuAwPUg” frameborder=”0″ allowfullscreen></iframe>

TAGS

KOMENTAR (0)