Klasik dan Langka: Lamborghini Espada 1968

Klasik dan Langka: Lamborghini Espada 1968

Dari sekian banyak supercar klasik besutan Lamborghini, Espada merupakan salah satu model langka yang paling banyak dicari kolektor mobil. Lamborghini Espada adalah supercar berkapasitas empat penumpang yang diperkenalkan pada tahun 1968.

Dilansir dari Diseno-Art, styling Espada dilakukan oleh salah satu rumah desain top Italia, Bertone, dengan menampilkan garis khas pada kaca samping yang menyapu ke atas di bagian belakang. Bodinya yang panjang namun pipih, dengan bagian belakang yang lebar dan kotak, membuatnya terlihat unik dan mungkin sedikit nyeleneh untuk ukuran sebuah supercar di masa itu.

Klasik dan Langka: Lamborghini Espada 1968

Di bawah kap mesinnya yang panjang, Lamborghini Espada dibekali dengan mesin V12 4.0 liter bertenaga 325 hp. Namun, pada Espada keluaran 1970, tenaganya pun ditingkatkan menjadi 350 hp, dan 365 hp pada tahun 1972.

Awalnya, Lamborghini Espada ditawarkan hanya dengan pilihan gearboks 5-speed manual, namun kemudian Lamborghini menambahkan opsi transmisi 3-speed otomatis di produksi berikutnya.

Klasik dan Langka: Lamborghini Espada 1968

Walaupun banyak yang mengkritik styling dari Lamborghini Espada ini, fakta bahwa supercar langka asal Italia ini memiliki kapasitas empat penumpang serta mesin V12 yang berdaya besar, membuatnya menjadi salah satu model yang paling populer dari Lamborghini. Total hanya 1.217 unit Espada diproduksi dalam kurun waktu 10 tahun, sebelum produksinya dihentikan pada 1978. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)