Konsep Retro Unik: Bertone Ramarro 1984

Konsep Retro Unik: Bertone Ramarro 1984

Bertone Ramarro adalah salah satu mobil konsep dari Italia yang dirancang dan dibangun oleh rumah desain kenamaan Bertone dan didasarkan pada Chevrolet Corvette C4. Prototipe mobil konsep ini debut perdana pada tahun 1984 di ajang Los Angeles Auto Show. Nama ‘Ramarro’ sendiri berasal dari bahasa Italia untuk “kadal hijau”.

Bertone Ramarro menggunakan sasis dari Corvette C4, dimana Chevrolet telah menyumbangkan mobil yang akan digunakan Bertone, beserta mesin V8 dengan port injeksi bahan bakar dari model Corvette yang lebih baru.

Konsep Retro Unik: Bertone Ramarro 1984

Mesin sebagian besar tetap standar, namun radiator dan pendingin udara telah dipindahkan ke bagian belakang mobil, menggantikan ban cadangan yang dipindahkan ke bagian depan mesin, untuk memungkinkan Bertone merancang tubuh Ramarro dengan lebih meruncing. Bagian depan juga didesain sedemikian rupa untuk aliran udara dan aerodinamika yang lebih baik.

Konsep Retro Unik: Bertone Ramarro 1984

Satu-satunya perubahan mekanis lainnya adalah penambahan ban Michelin eksperimental sebagai pengganti ban Goodyear bawaan. Ban baru ini berukuran 280/45 VR-17 untuk roda belakang dan 240/45 VR-17 pada roda depan. Di bagian eksterior, Ramarro juga dilengkapi pintu geser yang meluncur ke depan ke arah hidung mobil, dimana ini memudahkan akses kedalam kabin di lahan parkir yang sempit dibandingkan pintu konvensional.

Konsep Retro Unik: Bertone Ramarro 1984

Interior Bertone Ramarro mempertahankan instrumentasi digital Corvette dengan pegangan rem darurat, tetapi sebagian besar interior aslinya telah digantikan oleh potongan kustom. Konsep ini menampilkan jok model bucket seat dengan satu bagian yang dapat bergerak sebagai satu jok secara keseluruhan, namun memiliki ruang konsol tengah.

Konsep Retro Unik: Bertone Ramarro 1984

Selain itu, nuansa interior juga didesain ulang dengan kulit hijau bermotif khusus yang dipilih agar sesuai dengan eksterior, dengan menyerupai warna dan tekstur kulit kadal sebagai referensi pada nama ‘Ramarro’. Akhirnya, transmisi otomatis asli Corvette tetap dipertahankan namun tuas shift digantikan oleh selektor persneling putar besar di konsol tengah.

Konsep Retro Unik: Bertone Ramarro 1984

Bertone awalnya bermaksud untuk mengungkap Ramarro di Turin Auto Show 1984, namun karena Ramarro didasarkan pada Corvette dari Amerika, mereka membuat keputusan untuk mengungkapnya di ajang LA Auto Show di tahun yang sama. Bertone Ramarro mendapat sambutan yang antusias di acara itu, dan kemudian pada tahun 1985 dianugerahi penghargaan dari Auto & Design untuk “ide-ide berani”, yang mereka katakan memberi “Chevrolet Corvette kepribadian yang sama sekali baru.” **MS

KOMENTAR (0)