Konsep Retro Unik: Peugeot Proxima 1986

Konsep Retro Unik: Peugeot Proxima 1986

Peugeot Proxima Concept merupakan prototipe mobil masa depan yang pertama kali dipresentasikan di ajang Paris Motor Show 1986. Mobil disebut-sebut mewakili ekspresi tertinggi dari teknologi Peugeot, yang memungkinkan pabrikan Prancis ini memenangkan dua gelar Kejuaraan Reli Dunia (tahun 1985 dan 1986) dengan mobil 205 Turbo 16.

Semua sistem mekanik pada mobil ini memiliki fitur kontrol elektronik yang luas: mulai dari kontrol mesin hingga transmisi, traksi, dan sistem pengereman. Sementara, bagian eksterior dibuat dengan panel komposit (serat karbon), dan kokpit yang berada dibawah permukaan kaca transparan besar, dibuat dengan menggunakan polycarbonate.

Konsep Retro Unik: Peugeot Proxima 1986

Menampilkan desain yang sangat unik dan menarik perhatian, Proxima menampilkan overhang yang sangat kecil (bagian belakang praktis dihilangkan), dengan roda yang diposisikan pada empat sudut perimeter virtual mobil, memberikan aksen pada daya dan kinerja.

Konsep Retro Unik: Peugeot Proxima 1986

Berbicara urusan kinerja, Peugeot Proxima dibenamkan mesin V6 berkapasitas 2.8-liter yang dilengkapi dengan dua turbocompressor dan dua intercooler udara cair, yang memungkinkan mobil untuk mencapai daya maksimum 600 HP (442 kW), dengan torsi maksimum 608 Nm. Mobil juga menggunakan komponen mekanis berlapis keramik untuk mengurangi kehilangan daya akibat gesekan, serta dapat dikendalikan secara elektronik dan dilengkapi dengan injeksi sekuensial multi-point.

Konsep Retro Unik: Peugeot Proxima 1986

Proxima adalah kendaraan berpenggerak empat roda non-permanen: jika ada risiko selip, tenaga akan ditransfer ke gandar depan dengan menutup kopling multi-cakram kedua, digerakkan oleh modul elektronik. Sistem pengereman memiliki cakram karbon berventilasi dan ABS, dan suspensi terdiri dari dua-lengan depan dan belakang, yang diperoleh dari analisis simulasi yang sukses digunakan untuk menciptakan 205 GTI dan 205 Turbo 16 model.

Konsep Retro Unik: Peugeot Proxima 1986

Di bawah atap polikarbonat besar, Proxima diberikan kokpit bernuansa kuat, yang mampu mengangkut empat penumpang (konfigurasi 2+2). Penumpang dapat memasuki kendaraan dengan membuka bagian atap (bagian belakang dapat meluncur kembali ke belakang secara otomatis) dan melangkahi sisi kendaraan, karena tidak ada pintu tradisional yang tersedia.

Konsep Retro Unik: Peugeot Proxima 1986

Keempat jok diposisikan mengikuti volume sekeliling yang terbuat dari elemen unik. Material tradisional, seperti kulit buatan tangan, berpadu serasi dengan berbagai inovasi modern, seperti sistem navigasi satelit dan perangkat visualisasi yang terbuat dari 5 kamera eksternal dan perangkat lunak, yang mampu mengintegrasikan pandangan akan kondisi lingkungan di sekeliling kendaraan. Sistem semacam ini hingga kini masih dalam penelitian dan pengembangan, misalnya, pada mobil konsep modern seperti Nissan Pivo.

Konsep Retro Unik: Peugeot Proxima 1986

Di antara fitur tambahan lainnya yang dimiliki Peugeot Proxima adalah kartu kunci elektronik dan sistem ventilasi interior, yang mengambil tenaga dari matahari berkat sel fotovoltaik yang terletak di atas panel penutup mesin belakang. **MS/ Foto-foto: Conceptcarz.com

KOMENTAR (0)