Toyota Siapkan Penantang Tesla Model Y

Toyota Siapkan Penantang Tesla Model Y

Dibandingkan dengan Audi, VW, Mercedes-Benz, pemilik logo tiga elips (Toyota) boleh disebut sebagai tamu terakhir dalam pesta BEV (battery electric vehicle) alias mobil listrik murni. Tidak lain karena Toyota lebih fokus pada pengembangan mobil hybrid daripada mobil listrik. Bicara mobil listrik, Toyota hanya punya  satu (Toyota Mirai) yang berstatus  FCV bukan BEV. Namun dalam beberapa tahun lagi, peta segmen pasar BEV bakal berubah karena  Toyota sedang menyiapkan BEV terbaru dengan platform terbaru (dalam bentuk teaser). Nantinya, SUV listrik Toyota tersebut memiliki sosok mid-size dengan  basis platform  e-TNGA hasil kerja sama Toyota dan Subaru.

Toyota Siapkan Penantang Tesla Model Y

Toyota mengklaim platform e-TNGA sebagai “highly versatile” dan fleksibel (mudah diadaptasi) untuk beragam jenis mobil karena bisa dimodifikasi secara bebas dalam hal  panjang, lebar,  tinggi, dan wheelbase. Platform Toyota e-TNGA juga bisa diterapkan pada mobil yang menganut sistem FWD, RWD dan AWD serta bisa dipadukan dengan aneka baterai maupun  motor listrik. Alhasil, pengembangan model dan varian bisa dipercepat termasuk pengembangan model  individual. Sejauh ini Toyota hanya merilis  teaser berupa image  siluet yang  terinspirasi oleh desain studi  SUV listrik Subaru yang ditampilkan awal tahun 2020. Secara teknis, SUV listrik Toyota ini punya dimensi setara dengan Toyota RAV4 dan diprediksi memiliki tiga baris kursi.

Toyota Siapkan Penantang Tesla Model Y

Sejauh ini Toyota belum mempublikasikan spesifikasi teknis seperti kapasitas baterai dan tenaga/torsi motor listrik. Kabarnya, SUV listrik yang belum punya nama tersebut disiapkan  khusus untuk  pasar Eropa, namun model sejenis mungkin akan dipasarkan ke Amerika Serikat. Yang jelas, mobil pertama dengan platform  Toyota e-TNGA sudah siap masuk jalur produksi di  pabrik ZEV milik Toyota.

KOMENTAR (0)