Hyundai Siap Produksi Mobil Listrik Di Tanah Air Tahun Depan

Hyundai Siap Produksi Mobil Listrik Di Tanah Air Tahun Depan

Menteri Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Hyundai Motor Company akan mulai memproduksi mobil listrik secara massal pada akhir tahun 2021. Produksi dilakukan setelah pembangunan pabriknya di Karawang, Jawa Barat yang ditargetkan rampung dibangun pada Maret 2021 itu sudah bisa dioperasikan.

“Setelahnya (pabrik selesai dibangun) akan dilakukan banyak uji coba pembuatan sampai produksi final, pada akhir 2021,” tulis Luhut di akun instagram pribadinya, @luhut.pandjaitan, Kamis (13/8).

Hyundai Siap Produksi Mobil Listrik Di Tanah Air Tahun Depan

Pernyataan itu diungkap mantan Menko Polhukam itu setelah bertemu dengan Presiden Hyundai Asia Pacific Lee Young Tack, di kantor Menko Bindang Kemaritiman dan Investasi, di Jakarta, Kamis (13/8). “Mereka juga sampaikan kemampuan produksinya bisa sampai 250 ribu unit per tahunnya,” ujar Luhut.

Sedangkan soal tenaga kerja yang bakal terserap oleh pabrik yang dibangun sebagai bagian dari investasi Hyundai senilai US$ 1,154 miliar atau sekitar Rp 16,73 triliun itu, sekitar 3.500 orang. Hal itu, lanjut Luhut, dinyatakan langsung oleh Lee Young Tack.

Seperti diketahui Hyundai membangun pabrik di Indonesia, di Karawang, Jawa Barat di areal seluas 77 hektar. Awalnya, pembangunan pabrik ini dijadwalkan pada April lalu, namun Hyundai terpaksa menunda groundbreaking karena terhadang wabah virus corona.

Hyundai Siap Produksi Mobil Listrik Di Tanah Air Tahun Depan

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi menyebut Hyundai Motor Company telah mengirim surat terkait penundaan proses tersebut. Meski proses groundbreaking tertunda, kata Jodi, pabrikan asal Korea Selatan itu tetap akan melakukan pemasangan peralatan besar pada Oktober atau November nanti.

KOMENTAR (0)