Lebih Ramping, Hyundai Elantra Terbaru Resmi Diluncurkan

Lebih Ramping, Hyundai Elantra Terbaru Resmi Diluncurkan

Tahun 2019 lalu, Hyundai Elantra sempat diberikan model facelift yang cukup ‘kontroversial’, namun kali ini produsen otomotif asal Korea tersebut resmi memperkenalkan model yang sama sekali baru di California, AS.

Disebut-sebut sebagai model coupe empat pintu harian”, Hyundai Elantra terbaru (juga disebut sebagai Hyundai i30 Sedan di beberapa pasar otomotif seperti Australia) mengadopsi bahasa desain terbaru perusahaan yaitu ‘Sensuous Sportiness‘. Di luar jangkauan pemasaran, produk ini menghasilkan gaya yang lebih berkarakter ketimbang pendahulunya, meskipun memiliki tampilan yang lebih ramping dan kesan yang sedikit lebih ‘tajam’.

Lebih Ramping, Hyundai Elantra Terbaru Resmi Diluncurkan

Seperti yang diharapkan, model mengikuti jejak Sonata dan mengadopsi grille ‘parametric-jewel-pattern’ ukuran besar. Lampu sein diintegrasikan ke dalam grille dan berada di samping lampu besar. Ujung depan yang bersudut memberikan kap mesin yang panjang dan bodywork yang lebih ramping. Yang terakhir menampilkan garis karakter yang menonjol, berpadu dengan atap dan kaca yang bergaya lebih dinamis. Selain itu, ada spoiler belakang yang terintegrasi serta lampu belakang gaya ‘H-Tail’ yang khas.

Dibandingkan dengan pendahulunya, Hyundai Elantra terbaru lebih panjang 2.2 inci (56 mm), 1 inci (25 mm) lebih lebar dan 0.8 inci (20 mm) lebih rendah. Jarak sumbu roda juga diperpanjang 0.8 inci (20 mm) menjadi 107.1 inci (2.720 mm) secara keseluruhan.

Lebih Ramping, Hyundai Elantra Terbaru Resmi Diluncurkan

Di bagian kabin, desainer mengadopsi ide “kepompong imersif” yang “membungkus pengemudi seperti kokpit pesawat terbang”. Model ini juga lebih berteknologi tinggi karena dilengkapi dengan cluster instrumen digital berlayar 10.25 inci dan sistem infotainment opsional 10.25 inci. Yang disebut terakhir mendukung Android Auto nirkabel dan Apple CarPlay nirkabel yang merupakan yang pertama untuk kendaraan di segmen ini.

Highlights lainnya termasuk ventilasi udara berukuran ramping, pegangan yang banyak dan sistem pencahayaan dengan 64 warna berbeda. Mobil juga dapat dilengkapi dengan pengisi daya telepon pintar nirkabel, sistem audio Bose delapan speaker dan Kunci Digital yang memungkinkan Elantra terbaru ini dibuka, distarter dan dikemudikan melalui smartphone Android atau kartu NFC.

Lebih Ramping, Hyundai Elantra Terbaru Resmi Diluncurkan

Urusan kinerja, pengemudi akan menemukan mesin empat silinder berkapasitas 2.0-liter yang mampu menghasilkan tenaga 147 hp (110 kW/ 149 PS) dengan torsi 132-ft.lbs (179 Nm). Mesin terhubung pada transmisi variabel cerdas yang merupakan versi CVT dari Hyundai. Perusahaan juga mengatakan bahwa gearboks yang dimilikinya dibekali strategi kontrol shift baru yang “meningkatkan linearitas antara input pengemudi, perilaku kendaraan dan akselerasi.”

Hyundai Elantra terbaru juga akan mendapat varian hybrid yang semuanya baru. Varian ini mengusung mesin empat silinder GDI Atkinson-Cycle 1.6 liter, yang dipadukan dengan motor listrik dan baterai lithium-ion 1.32 kWh yang berada di bawah jok belakang. Pengaturan ini memberi mobil output tenaga gabungan hingga 139 hp (104 kW/141 PS) dengan torsi 195-ft.lbs (264 Nm). Mesin terhubung pada transmisi dual-clutch enam percepatan yang menjanjikan pengendaranya “pengalaman berkendara yang dinamis dan menarik.”

Lebih Ramping, Hyundai Elantra Terbaru Resmi Diluncurkan

Lebih Ramping, Hyundai Elantra Terbaru Resmi Diluncurkan

Di sisi keselamatan, Hyundai Elantra terbaru dibekali dengan bermacam-macam sistem bantuan pengemudi, mulai dari Forward Collision-Avoidance Assist with Pedestrian Detection, Lane Keeping Assist, Lane Following Assist, High Beam Assist, dan kamera spion dengan pedoman dinamis. Hyundai Elantra terbaru akan mulai diproduksi musim gugur mendatang, dengan penjualan akan dimulai pada kuartal keempat tahun 2020. **MS/ Foto-foto: Carscoops.com

KOMENTAR (0)