Motor Jawa Lahir Kembali di India

Motor Jawa Lahir Kembali di India

Setelah dua tahun sempat berhembus kabar akan kehadirannya kembali di dunia otomotif roda dua,  akhirnya Jawa Motorcycles benar-benar kembali terlahir. Kali ini motor Jawa diluncurkan Mahindra di India, Kamis kemarin (15/11).

Motor Jawa yang dulu terkenal dengan mesin 2-tak ini terkenal tangguh. Sedangkan untuk saat ini, wujud reinkarnasi motor Jawa diproduksi oleh Mahindra, tepatnya dibawah bendera Mahindra Classic Legends.

Motor Jawa Lahir Kembali di India

Brand sepeda motor asal Ceko ini sempat tertidur lama dan terakhir memproduksi motor sekitar 22 tahun lalu. Di tahun 2018 ini, Jawa hadir dengan 3 model sekaligus. Jawa Classic sebagai tipe standar, Jawa Fortwo dan model bobber bernama Jawa Perak.

Jawa menghadirkan motor barunya dengan mesin berkapasitas 300cc dengan penampilan klasik modern. Dengan mesin tepatnya 293cc satu silinder berpendingin cairan, tenaganya mencapai 27 tk dan torsi 28 Nm. Sistem transmisinya mempunyai 6-percepatan. Itu berarti, Jawa siap berhadapan langsung dengan Royal Enfield yang juga sama mengisi segmen motor klasik modern 300-500cc.

Motor Jawa Lahir Kembali di India

Jawa Fortwo

Dengan gaya khas retro, soal teknologi juga sudah sangat baik. Misal pada suspensi dengan model teleskopik berdiameter cukup besar dan suspensi ganda untuk belakang. Sistem pengeremannya juga canggih dengan fitur ABS dipadukan dengan cakram 280 mm di depan dan rem belakang masih menggunakan teromol.

Motor Jawa Lahir Kembali di India

Jawa Perak

Sementara khusus untuk Jawa Perak mempunyai perbedaan. Selain bergaya bobber, motor ini menggunakan mesin berkapasitas 334cc dengan tenaga 30 tk dan torsi 31 Nm. Suspensi belakang juga sudah menganut model monoshock dengan desain rangka belakang yang juga beda dari versi Classic dan Fortwo.

 

KOMENTAR (0)