Tim Mobil Listrik Arjuna Juara Desain di PLN ICE 2021

Tim Mobil Listrik Arjuna Juara Desain di PLN ICE 2021

Pada 7 Mei 2021-24 Juni 2021 lalu, PLN (Persero) mengadakan kompetisi nasional yang diadakan secara daring, yaitu PLN Innovation & Competition in Electricity (ICE) 2021. Ajang ini sendiri bertujuan mendorong mahasiswa untuk mulai berinovasi dalam mengembangkan riset teknologi mobil listrik yang ramah lingkungan dan diikuti oleh 45 tim dari berbagai di kalangan mahasiswa seluruh Indonesia dari jenjang D3 hingga S2.

Tim Mobil Listrik Arjuna Juara Desain di PLN ICE 2021

Dan dalam keikutsertaan perdananya di ajang PLN ICE 2021, Tim Arjuna Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menyabet predikat JUARA 1 DESAIN MOBIL kategori Electric Vehicle Design & Prototype Competition dengan mengusung konsep mobil listrik yang diberi nama DARUNA yang merupakan singkatan dari ‘Dari Arjuna Untuk Indonesia’.

Tim Mobil Listrik Arjuna Juara Desain di PLN ICE 2021

Zaky Fadlurrahman, Ketua Departemen Mekanis Arjuna mengatakan, tujuan awal keikutsertaan tim dalam PLN ICE 2021 yaitu sebagai kesempatan untuk menguji dan mengasah kemampuan dan pengetahuan tim dalam aspek teknologi mobil listrik serta sistem pengembangan bisnis yang baik. “Hasil ini tak lepas dari kerja keras dan dedikasi tim untuk terus berkomitmen melakukan pengembangan dan inovasi riset mobil listrik,” ungkap Zaky.

Tim Mobil Listrik Arjuna Juara Desain di PLN ICE 2021

Kompetisi ini terdiri dari tiga kategori, yaitu Electric Vehicle Design & Prototype Competition; Electronic & Electric Appliance Design & Prototype Competition; dan Business & Community Development Proposal Competition. Semula, tim Arjuna UGM merupakan tim mobil listrik yang setiap tahunnya aktif mengikuti kompetisi Formula Society Automotive Engineer (FSAE) Japan yang diselenggarakan di Prefektur Shizuoka.

Namun, dengan adanya wabah pandemi Covid-19 menyebabkan kompetisi tersebut pada tahun ini menjadi terbatas hanya diperuntukkan bagi peserta skala nasional di Jepang. Namun, hal tersebut tidak serta merta menyurutkan semangat tim Arjuna UGM untuk terus berinovasi.

Tim Mobil Listrik Arjuna Juara Desain di PLN ICE 2021

Sementara itu, Ketua Tim Arjuna UGM generasi 9, Inherenta Muhammad Amarutsli mengatakan bahwa tim Arjuna memiliki visi untuk menjadi salah satu tim Formula Student terbaik di Asia Tenggara bahkan dunia sehingga akan terus melakukan kerja-kerja inovatif dan aktif dalam setiap perlombaan berbasis riset. “Berkat hasil positif dari lomba ini membuat kami semakin memantapkan diri untuk mempersiapkan perlombaan utama kami di FSEV India 2021 dan FSAE Jepang mendatang,” ujar Inherenta.

Tim Mobil Listrik Arjuna Juara Desain di PLN ICE 2021

Dengan hasil ini, tim Arjuna akan terus berkomitmen untuk melakukan evaluasi dan perbaikan pada pengembangan mobil listrik di generasi selanjutnya. Selain itu, keikutsertaan dalam kompetisi PLN ICE juga sebagai ajang pembuktian bahwa generasi muda Indonesia telah siap dalam menghadapi revolusi industri 4.0 dalam aspek teknologi mobil listrik yang ramah lingkungan.

Tim Arjuna juga memperoleh sponsor dari PT Toyota-Astra Motor (TAM), PT Sinergi Laksana Bara Mas, PT Bukaka Teknik Utama, PT Justus Kimiaraya, PT Indonesia Steel Tube Works (ISTW), Würth Elektronik.

KOMENTAR (0)