Toyota Crown Concept Tampil Memukau di Tokyo Motor Show 2017

Toyota Crown Concept Tampil Memukau di Tokyo Motor Show 2017

Toyota Crown Concept menjadi salah satu bintang Toyota di ajang Tokyo Motor Show 2017 yang debut hari ini (25/10). Model terbaru ini menandai generasi ke-15 sedan eksekutif yang ditetapkan untuk menggantikan S210 yang telah dipasarkan sejak tahun 2012.

Crown Concept disiapkan sebagai mobil mewah dengan karakter sport yang kental. Itu sebabnya, prototipe sedan ini sempat diuji di Sirkuit Nurburgring beberapa waktu lalu, dan membidik sedan-sedan sport asal Jerman sekelasnya.

Toyota Crown Concept Tampil Memukau di Tokyo Motor Show 2017

Melalui rekayasa teknologi tingkat tinggi pada sektor suspensinya, Toyota Crown Concept diyakini akan dapat menarik perhatian para penggemar mobil mewah berkarakter sporty di kawasan Eropa. Namun, sejauh ini TMC masih belum berencana memasarkan Crown terbaru ini di Amerika Serikat.

Perbedaan yang jelas terlihat jika dibandingkan generasi pendahulunya adalah permukaan yang lebih ‘montok’ dan garis atap fastback yang lebih ramping, serta profil sisi samping enam jendela yang tampaknya terinspirasi dari Lexus LS terbaru. Di bagian depan, disematkan lampu LED memanjang yang membingkai grille ukuran besar, sementara di bagian belakang dilengkapi lampu berdesain two-piece yang lebar serta diffuser dengan empat pipa knalpot.

Toyota Crown Concept Tampil Memukau di Tokyo Motor Show 2017

Dengan panjang 4.910 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.455 mm, Crown Concept dibangun berbasiskan Toyota New Global Architecture (TNGA), dan diharapkan dapat berbagi platform serta banyak komponennya dengan Lexus GS generasi berikutnya.

Badge ‘RS‘ pada grille (yang merupakan singkatan dari ‘Racing Spirit‘) serta desain fascia depan yang agresif dan velg besar bergaya turbin, menunjukkan bahwa ini adalah model sporty yang duduk di atas Crown Athlete yang telah beredar sebelumnya.

Toyota Crown Concept Tampil Memukau di Tokyo Motor Show 2017

Model produksinya diharapkan untuk mempertahankan mesin 8AR-FTS turbocharged berkapasitas 2.0 liter yang diusung versi facelift generasi sebelumnya, yang mampu menghasilkan tenaga 235 PS pada torsi 350 Nm dan dipadukan dengan transmisi otomatis delapan percepatan.

Untuk varian hybrid-nya, kemungkinan akan mengadopsi Multi Stage Hybrid System dari Lexus LS 500h dan LC 500h. Ini memadukan mesin V6 Dual VVT-i dengan motor listrik kembar dan baterai lithium-ion 310 V, menghasilkan total output tenaga 354 hp. Kedua motor bekerja dengan transmisi otomatis empat percepatan untuk mensimulasikan nuansa gearboks sepuluh percepatan.

Toyota Crown Concept Tampil Memukau di Tokyo Motor Show 2017

Dalam hal keamanan, Crown Concept akan menampilkan sistem Autonomous Emergency Braking; ITS Connect Vehicle-to-Infrastructure (V2I) dan Vehicle-to-Vehicle (V2V) Communication; hingga Sistem terbaru Data Communication Modules (DCM) yang akan datang sebagai standar pabrikan, menandai masuknya Toyota pada arena Internet of Things (IoT). Toyota Crown terbaru ini akan mulai dipasarkan pada musim panas 2018 mendatang. **MS/ Foto-foto: Heradiranto

TAGS

KOMENTAR (0)