V-KOOL Gelar Workshop Peserta Video Creative Challenge

 

V-KOOL Gelar Workshop Peserta Video Creative Challenge

Dalam rangka memberi pembekalan bagi peserta V-KOOL Creative Challenge Indonesia, sejak bulan November 2016 hingga Februari 2017 PT V-KOOL Indo Lestari bersama Treewater Productions menyelenggarakan Workshopdan Activity Day mengenai pembuatan film sebagai panduan dan petunjuk bagi peserta V-KOOL Creative Challenge Indonesia dalam memproduksi film pendek yang akan mereka kompetisikan.

Activity Day merupakan kegiatan dimana peserta diundang untuk berpartisipasi dalam workshop mengenai pembuatan film pendek. Termasuk didalamnya topik mengenai bagaimana cara menulis naskah dan mengarahkan suatu adegan (Writing and Directing), tips mengenai penggunaan kamera dalam memproduksi sebuah film, strategi bekerja dalam tim untuk pembuatan suatu film, hingga sharing mengenai persiapan dalam pembuatan suatu film.

Hal ini dilakukan untuk mendukung program V-KOOL Creative Challenge Indonesia yang bertujuan memberikan masukan dan berbagi tips kepada peserta dan calon peserta mengenai teknis pembuatan film. Sehingga kegiatan Kompetisi ini tidak hanya menilai video yang dikirimkan oleh peserta saja, tetapi juga memberikan panduan bagaimana peserta dapat menghasilkan film pendek yang layak untuk dikompetisikan, demikian diungkap dalam rilis yang diterima Otoblitzclassic, Jumat (24/2).

V-KOOL Gelar Workshop Peserta Video Creative Challenge

Selama ini Activity Day sudah dilakukan sebanyak dua kali. Pertama, pada tanggal 18 Desember 2016 bertempat di Kantor Pusat PT V-KOOL Indo Lestari di Jl Gunung Sahari, Jakarta Pusat dengan pembicara Garin Nugroho ? sutradara film Bulan Di Atas Bantal; Kamila Andini ? sutradara film The Mirror Never Lies; Naya Anindita ? sutradara film Kaskus The Movie.

Activity Day kedua, dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2017 di Bandung dengan pembicara Kamila Andini serta Arbain Rambey, foto jurnalis senior dari Harian Kompas yang berbagi kepada peserta mengenai bagaimana menghasilkan gambar yang baik untuk sebuah produksi film. Peserta yang datang dari berbagai komunitas film di Bandung sangat antusias memenuhi ruangan dan mengajukan berbagai pertanyaan guna mendapatkan masukan untuk produksi film mereka.

Dalam kedua Activity Day ini peserta tidak hanya diberikan kesempatan untuk bertanya, tetapi juga diberikan waktu untuk membahas mengenai ide-ide yang sudah mereka siapkan. Masukan dari para ahli dan sineas Indonesia yang telah mendapatkan penghargaan di berbagai festival baik di Indonesia maupun mancanegara tentu merupakan masukan yang berharga bagi peserta.

V-KOOL Gelar Workshop Peserta Video Creative Challenge

Selain itu, dalam rangka mensosialisasikan kompetisi Video V-KOOL Creative Challenge Indonesia, Treewater Productions juga melakukan roadshow ke sekolah-sekolah menengah yang telah memasukkan Fotografi dan Sinematografi dalam kurikulum pelajaran ataupun sebagai mata pelajaran ekstrakurikuler.

Dengan tema ‘Creative Challenge Goes to School‘ program ini mengunjungi beberapa Sekolah Menengah selama bulan November 2016 hingga Februari 2017. Sekolah-sekolah tersebut adalah: SMP Pembangunan Jaya yang terletak di Bintaro Jaya pada tanggal 18 Januari 2017; SMP LabSchool di Jakarta Selatan pada tanggal 3 Februari 2017 serta SMK Sejahtera di Jakarta Utara pada tanggal 11 Februari 2017.

V-KOOL Creative Challenge Indonesia yang berlangsung sejak 17 November 2016 dan ditutup pada 28 Februari mendatang, mengusung dua tema, yaitu ‘You Deserve The Best‘ dan ‘Give Your Definition of KOOL‘, V-KOOL Creative Challenge Indonesia membuka kesempatan luas bagi parafilmmakermuda untuk berkreasi dalam kompetisi video kreatif yang memperebutkan hadiah hingga ratusan juta rupiah. Tema ini sejalan dengan slogan V-KOOL, ‘You Deserve The Best’, dimana V-KOOL selalu menjaga komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen dan mitra bisnis.

V-KOOL Gelar Workshop Peserta Video Creative Challenge

Seluruh karya yang masuk akan diseleksi oleh Arbain Rambey sebagai Kurator dan dinilai oleh Dewan Juri yang terdiri dari: Garin Nugroho, Kamila Andini, dan Naya Anindita.Untukinformasidanpendaftaran V-KOOL Creative Challenge dapatdilihatpada website www.vkoolcreative.com.

Peserta dalam kedua kategori, akan memperebutkan dua penghargaan, yaitu ‘Jury Grand Prize’ untuk video pemenang pilihan dewan juri, dan ‘Favorite Video’ untuk video favorit dengan jumlah votes atau likes terbanyak. Peserta akan memperebutkan hadiah dengan nilai total Rp 100 juta dan akan diumumkan pada malam penghargaan yang diselenggarakan pada Maret 2017 mendatang. **MS/ Foto-foto: Dok. V-KOOL

TAGS

KOMENTAR (0)