Yokohama Luncurkan Dua Produk Sekaligus, Ini Kelebihannya

Yokohama Luncurkan Dua Produk Sekaligus, Ini Kelebihannya

Sole Distributor ban merek Yokohama di Indonesia, PT. YHI Indonesia, secara resmi meluncurkan sekaligus dua produk terbaru mereka, Yokohama BluEarth-GT AE51 dan Geolandar CV G058, 16 November 2020 di Jakarta. Kedua ban yang mengusung teknologi asal Jepang ini memiliki keunggulan dalam hal performa berkendara yang istimewa di kelasnya, sehingga menyuguhkan kemampuan terbaik di berbagai permukaan jalan, keselamatan dan kenyamanan.

“Kedua ban ini kami perkenalkan di Tanah Air karena memiliki keunggulan di kelasnya masing-masing. Ban Yokohama BluEarth-GT AE51 merupakan ban bagi mobil-mobil Grand Touring yang tak hanya digunakan dalam perjalanan jarak jauh tapi juga untuk pemakaian harian di perkotaan. Sementara Yokohama Geolandar CV G058 ditujukan untuk mobil-mobil di kelas Mid-Size dan Crossover SUV yang membutuhkan ban untuk performa terbaik di berbagai kondisi jalan,” ujar Eka Satria, Deputy General Manager PT YHI Indonesia.

Yokohama Luncurkan Dua Produk Sekaligus, Ini Kelebihannya

Yokohama BluEarth-GT AE51

BluEarth-GT AE51 merupakan produk terbaru dari jajaran keluarga ban BluEarth yang didaulat menjadi penerus dari BluEarth-A AE50. Hadir pertama kali di Jepang pada 2019 sebagai ban yang menyuguhkan keunggulan efisiensi bahan bakar, BluEarth-GT AE51 dikembangkan untuk mereka yang menginginkan ban dengan performa handal namun tanpa mengurangi kenyamanan.

Ban ini dirancang untuk memberikan performa istimewa di berbagai kondisi, termasuk kestabilan, kenyamanan berkendara dan ramah lingkungan. Sebagai mana namanya, GT yang merupakan akronim dari “Grand Touring”, memberikan asosiasi dengan perjalanan jauh. Karenanya, ban ini memang dirancang untuk memberikan performa stabil dan kuat yang diinginkan setiap penggunanya.

BluEarth-GT AE51 juga dirancang untuk menyuguhkan efisiensi bahan bakar lebih tinggi, sekaligus menyuguhkan keunggulan kinerja di jalan basah dan kestabilan pada kecepatan tinggi di permukaan kering. Soal kenyamanan, BluEarth-GT AE51 menyuguhkan kesenyapan di berbagai permukaan jalan. Tak heran jika ban ini juga dipilih sebagai ban Original Equipment Manufacturers (OEM) dari beberapa merek kenamaan dunia seperti : Lexus, Toyota dan Mazda.

Ban BluEarth-GT AE51 memiliki pola telapak asimetris (Asymmetric Pattern) yang dikembangkan secara khusus sehingga mampu menyuguhkan pengendaraan yang nyaman di sisi dalam sekaligus pengendalian yang hebat di sisi luarnya. Selain itu, tiga garis di bagian tengah (Triple Centre Rib) memastikan stabilitas pada kecepatan tinggi, dan alur garis menyerupai petir (Lightning Grooves) dapat meningkatkan traksi hingga ke tepi alur, sehingga kemampuannya di permukaan basah istimewa. Sementara guratan potongan pisau (Blade Cut Sipes), memberikan efek “rigid” untuk peningkatan kestabilan berkendara.

Yokohama Luncurkan Dua Produk Sekaligus, Ini Kelebihannya

Dalam hal efisiensi bahan bakar, telah berhasil ditingkatkan berkat penggunaan  compound telapak dua-lapis terkini yang mampu menekan kehilangan energi karena panas yang dihasilkan, profil samping yang dapat mengurangi distorsi, serta desain bahu dengan relung kecil yang memfasilitasi pembuangan panas.

Penggunan compound terkini pada ban BluEarth-GT AE51 ini merupakan hasil teknologi pencampuran karet “A.R.T. Mixing” (Advanced Reaction Technology in Mixing) terbaru. Teknologi ini menggunakan Nano-blend rubber (termasuk silika ganda dan polimer campuran) yang mampu memberikan keseimbangan tertinggi kinerja cengkeraman di kondisi basah dengan efisiensi bahan bakar.

Yokohama BluEarth-GT AE51 diproduksi dalam 66 ukuran, dimulai dari ring 14 hingga ring 19. Di Indonesia, ban ini akan dijual dengan banderol harga mulai Rp 1 jutaan.

Yokohama Luncurkan Dua Produk Sekaligus, Ini Kelebihannya

Yokohama Geolandar CV G058

Sebagaimana produk saudaranya BluEarth-GT AE51, Geolandar CV G058 merupakan produk terbaru Yokohama yang diperuntukkan sebagai ban untuk mobil-mobil Mid-Size dan Crossover SUV.  “Tak dapat dipungkiri, segmen Crossover SUV saat ini merupakan model mobil yang tengah berkembang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Selain juga dengan mempertimbangkan kebutuhan ban yang memiliki performa hebat di segala medan dan kondisi, karena itulah kami menganggap Geolandar CV G058 merupakan produk yang cocok untuk pasar Tanah Air,” ujar Eka.

Geolandar CV G058 sendiri merupakan penerus ban Geolandar SUV G055 yang pertama kali diluncurkan pada 2012. Sebagaimana pendahulunya yang memiliki kemampuan hebat dalam pengendaraan di dalam kota, produk terbaru ini kini memiliki kemampuan sebagai ban All Season yang menyuguhkan kenyamanan dalam perjalanan jauh. Selain itu, untuk memperbaiki nilai keselamatan dan kesenyapannya, secara keseluruhan, performa yang dihadirkan oleh Geolandar CV G058 juga ditingkatkan dengan mempertinggi daya tahan dan efisiensi bahan bakar yang dimiliki.

Pola telapak ban Geolandar CV G058 menampilkan beberapa alur khas (sipe-based pattern – A) milik YOKOHAMA, yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi. Pola telapak ini menggabungkan beberapa teknologi YOKOHAMA yang dapat meningkatkan performa keseluruhan, seperti: sipes kombinasi 2D / 3D (B) untuk meningkatkan daya tahan ban terhadap keausan yang tidak rata sekaligus meningkatkan traksi di jalan yang basah dan bahkan jika menemui jalanan tertutup salju. Penggunaan empat alur kombinasi di bagian tengah telapak (C) juga dapat lebih meningkatkan traksi sekaligus mencegah gejala hydroplaning. Selanjutnya penggunaan variasi lima pola telapak juga dapat memangkas kebisingan.

Yokohama Luncurkan Dua Produk Sekaligus, Ini Kelebihannya

Penggunaan compound baru yang didasarkan pada teknologi silika mutakhir milik Yokohama berkontribusi pada pengemudian yang stabil di berbagai kondisi jalan, termasuk jalan dengan suhu permukaan rendah yang disebabkan oleh hujan atau bahkan salju. Selain itu, profil yang baru dikembangkan menghasilkan bentuk kontak yang lebar dan datar yang selanjutnya meningkatkan daya tahan ban dan ketahanan terhadap keausan yang tidak merata. Fitur di atas telah meningkatkan kinerja Geolandar CV G058 secara menyeluruh. Dibandingkan dengan ban Geolandar SUV G055 pendahulunya, kemampuan pengereman di jalan basah telah meningkat sebesar 12%, stabilitas pengendalian di kondisi basah meningkat 13%, tingkat kebisingan jalan dan pola telapak berturut-turut berkurang 34% dan 9%.

Geolandar CV G058 memiliki 43 ukuran mulai dari ring 15 hingga ring 20. Di Indonesia, ban ini akan dijual dengan banderol mulai dari Rp 2 jutaan.

“Kedua produk tersebut kami harapkan dapat menjadi pilihan bagi konsumen Indonesia di masing-masing segmen karena memiliki keunggulan yang terbaik di kelasnya. Selain dua produk tersebut, kami juga tengah mempertimbangkan untuk memperkenalkan satu produk lainnya di sini yaitu Yokohama BluEarth-XT AE61 yang diperuntukan bagi Urban dan Crossover SUV,” tambah Eka.

Produk dari rangkaian ban BluEarth tersebut memang memiliki segmen yang sama dengan Geolandar CV G058, meski begitu keunggulan yang dimiliki oleh BluEarth-XT AE61 menjadikan produk ini dapat menyuguhkan pengendalian yang lebih stabil di jalan kering, dan kehematan bahan bakar yang lebih baik.

 

KOMENTAR (1)

  1. Yandi Sulistio
    13 June 2022

    Saya akan mengganti Ban Mobil Lexus, mau tau Apa beda Ban Yokoma Bluearth Type XT AE61 dengan E51
    Mohon masukannya.