Lamborghini Urus, Hasil Kawin Silang Berbagai Vendor 

Lamborghini Urus, Hasil Kawin Silang Berbagai Vendor 

Lamborghini merilis Urus pada tahun  2018 dan segera menjadi “one of the best-selling SUV  of its current range”. Uniknya, Lamborghini Urus bukanlah 100% Lamborghini karena SUV kedua Lamborghini setelah LM002 “Rambo Lambo” itu ternyata menganut metode kawin silang pada berbagai sektor untuk mendapatkan semua hal terbaik.

Lamborghini Urus, Hasil Kawin Silang Berbagai Vendor 

Mulai dari sektor mesin. Sebuah Lamborghini tentunya memakai mesin Lamborghini jenis V10 atau V12. Sedangkan Lamborghini Urus  tidak memakai mesin naturally aspirated V10 atau V12 yang dikembangkan oleh  Lamborghini. Sebagai ganti mesin sang banteng mengamuk,  Lamborghini Urus menggunakan  mesin V8  4.0-liter twin-turbocharged TFSI yang berasal dari  mobil lain dalam VW Group seperti  Audi, Bentley, Porsche. Tentu saja performa mesin sudah di-tuning ulang oleh para engineer  Lamborghini demi menghasilkan  641 hp atau  99 hp lebih kuat daripada mesin sejenis milik Porsche Cayenne Turbo. Mesin  V8 tersebut diproduksi oleh pabrik  Volkswagen di  Hongaria dan dikirim ke Italia untuk dipasang pada Urus.

Lamborghini Urus, Hasil Kawin Silang Berbagai Vendor 

Dalam hal  platform,  Lamborghini Urus memanfaatkan platform dasar berbasis MLB yang juga digunakan oleh  anggota VW Group seperti Audi Q7, Bentley Bentayga, Porsche Cayenne. Karena berstatus platform dasar, maka platform MLB dikembangkan lebih lanjut sesuai kebutuhan teknis   Lamborghini Urus. Penerapan platform MLB dan penggunaan bahan serat karbon memungkinkan  Lamborghini Urus untuk mencapai bobot 2.200 kg, lebih ringan dibanding kompetitor seperti  BMW X6 M atau  Bentley Bentayga namun lebih berat daripada  Porsche Cayenne.

Lamborghini Urus, Hasil Kawin Silang Berbagai Vendor 

Serupa  SUV canggih kelas premium lainnya, Lamborghini  Urus dilengkapi suspensi udara yang mampu menghasilkan  ground clearance setinggi  250 mm untuk mengatasi beragam kondisi  jalan di luar aspal. Secara teknis, suspensi udara pada Lamborghini Urus berasal dari fitur sejenis yang dipakai  oleh Audi SQ7 dan Bentley Bentayga. Hebatnya lagi, suspensi udara tersebut juga dibekali electromechanical active anti-roll bar yang didukung sistem kelistrikan 48V.

Lamborghini Urus, Hasil Kawin Silang Berbagai Vendor 

Sementara sistem pengereman Lamborghini Urus mengandalkan produk hasil kemitraan Lamborghini dan Brembo karena rem standar Lamborghini tidak ada yang mampu mengimbangi keganasan performa Urus. Perangkat rem Lamborghini Urus mengandalkan paduan kaliper aluminium enam piston, rem cakram karbon keramik  berukuran 440 mm x 40 mm (depan) dan  370 mm x 30 mm (belakang). Bekal tersebut memungkinkan Lamborghini Urus mencapai jarak berhenti sekitar 33 meter untuk pengereman 100-0 km/jam. Uniknya, ramuan gado-gado pada Urus  tidak melunturkan karakter khas  Lamborghini sebagai  sports car. Itu sebabnya, Lamborghini Urus adalah  sports car jangkung daripada SUV.

TAGS

KOMENTAR (0)