Rifat Sungkar Raih Gelar Juara Nasional Reli 2022

Rifat Sungkar Raih Gelar Juara Nasional Reli 2022

Pereli andalan MITSUBISHI XPANDER TEAM (MXRT) Rifat Sungkar sukses menggondol gelar juara nasional Kejurnas Reli 2022. Prestasi tersebut ia raih setelah menuntaskan Kejurnas Reli 2022 Putaran 4 di posisi 3 dengan catatan 49menit 46,5detik. Posisi itu cukup untuk memastikan Rifat Sungkar menjadi yang teratas pada perolehan klasemen Kejurnas Reli 2022.

Putaran 4 sendiri berlangsung cukup mendebarkan. Rifat Sungkar yang telah menjuarai Putaran 3 masih harus menunjukkan performa terbaiknya, mengingat persaingan menjadi juara nasional masih terbuka. Di SS pembuka Rifat langsung menjadi yang tercepat di lintasan Dusun Baru itu Rifat hanya unggul 0,1detik dari posisi kedua.

Rifat Sungkar Raih Gelar Juara Nasional Reli 2022

Pada SS 2 yang berlangsung di kawasan Sinarmas, XPANDER AP4 yang ia tunggangi mengalami kendala pada water pressure. Akan tetapi mobil yang pernah menjuarai APRC di Danau Toba itu masih mampu melaju meski mulai tertinggal.

Melihat kondisi demikian tim memainkan strategi bertahan, dan mencoba konsisten pada  tiap SS berikutnya. Pasangan Rifat dan navigator Ben Searcy yang didukung kekompakan tim MXRT masih mampu membawa XPANDER AP4 masuk tiga besar di SS yang tersisa.

Rifat Sungkar Raih Gelar Juara Nasional Reli 2022

Strategi itu ternyata membuahkan hasil. Para pesaing yang tahu Rifat dan Ben mengalami kendala berusaha tampil habis-habisan namun tetap tidak mampu mengalahkan raihan poin yang telah dikumpulkan Rifat Sungkar.

Berlangsung dalam 7 SS Putaran 4 Kejurnas menempuh jarak 63,96km dengan total jarak termasuk liaison mencapai 108,46km.

Rifat Sungkar Raih Gelar Juara Nasional Reli 2022

“Putaran 4 ini benar-benar seru. Jarak poin yang tipis membuat persaingan menjadi keras. Semua pereli memberikan penampilan terbaik mereka. Alhamdulillah saya yang keluar menjadi Juara Nasional,” ungkap Rifat.

Setelah mobilnya mengalami kendala, Rifat mengaku tetap berusaha agar jarak waktunya tidak tertinggal jauh. Ia sendiri meyakini kemampuan XPANDER AP4 kesayangannya masih mampu memberikan penampilan terbaik.

Rifat Sungkar Raih Gelar Juara Nasional Reli 2022

“XPANDER AP4 ini benar-benar tangguh. Walau ada kendala, mobil ini masih mampu memberikan yang terbaik. Ini mobil hebat!” puji Rifat.

Rifat Sungkar sendiri sangat bersyukur dirinya dapat meraih gelar Juara Nasional. Apalagi tahun ini adalah tahun pertamanya kembali ke arena Kejurnas Reli setelah 12 tahun absen karena memilih berlaga di arena Sprint Rally dan Speed Offroad.

Rifat Sungkar Raih Gelar Juara Nasional Reli 2022

“Alhamdulillah saya kembali ke Kejurnas Reli dengan hasil yang sangat memuaskan. Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia yang telah mempercayakan XPANDER untuk kami bangun menjadi mobil reli,” papar Rifat.

Keberhasilan Rifat menjadi Juara Nasional Reli 2022 menambah gelar juara nasional yang ia raih menjadi 5 kali. Sebelumnya Rifat Sungkar berhasil menjadi Juara Nasional pada tahun 2004, 2005, 2007 dan 2008. Setelah itu ia mencoba kompetisi di arena internasional seperti Asia Pacific Rally Championship (APRC), World Rally Championship (WRC) dan Rally America.

KOMENTAR (0)