Tim pelajar Indonesia Juara l Shell Eco-marathon 2024

Tim pelajar Indonesia Juara l Shell Eco-marathon 2024

ITS Team Sapuangin dari Indonesia berhasil meraih posisi teratas dalam kejuaraan regional (regional championship) Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024 yang berakhir pada Sabtu (6/7/2024).

Tim dari Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya ini, mampu mengungguli enam tim lainnya dalam kategori kendaraan Urban Concept yang dirancang khusus untuk wilayah perkotaan.

Pemenang kejuaraan regional akan diundang untuk mengunjungi pabrik sepeda motor Ducati di Thailand dan mendapatkan kesempatan melihat langsung pembuatan sepeda motor Ducati serta belajar dari para profesional tentang bagaimana inovasi dan olahraga sepeda motor saling berkaitan.

Tim pelajar Indonesia Juara l Shell Eco-marathon 2024

“Kami sangat menantikan kesempatan untuk mengunjungi pabrik sepeda motor Ducati dan mendapatkan wawasan, ide, dan inovasi baru yang akan membantu perkembangan tim kami,” kata Raihan Naufal, General Manager ITS Team Sapuangin.

Pada kejuaraan berskala regional, masing-masing tim memperoleh sumber energi kendaraan secara terbatas. Para tim pelajar kemudian harus memadukan efisiensi energi mobil dengan strategi, keterampilan, dan kecepatan dalam balapan untuk mencapai garis akhir tanpa kehabisan energi.

“Sungguh mengesankan melihat standar kinerja yang tinggi dan ide-ide inovatif yang dihasilkan oleh generasi muda ini,” ujar Norman Koch, Global General Manager Shell Eco-marathon.

Tim pelajar Indonesia Juara l Shell Eco-marathon 2024

Teams celebrate during the Opening Ceremony on day two of Shell Eco-marathon Asia Pacific and Middle East 2024 at the Mandalika Circuit, on Wednesday, July 3, 2024, in Lombok, Indonesia. (Peksi Cahyo)

 

“Walaupun dihadapkan pada berbagai tantangan sepanjang kompetisi, mereka tetap gigih dan berhasil mencapai hasil yang luar biasa dalam mendesain kendaraan hemat energi,” lanjut Norman.

Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024 yang digelar di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, mempertemukan peserta dari seluruh kawasan Asia-Pasifik dan Timur Tengah untuk menguji batas kemampuan teknis mereka. Tahun depan, kompetisi ini akan diselenggarakan di Doha, Qatar.

KOMENTAR (0)