Honda dan Panasonic akan Uji Isi Ulang Baterai Motor Listrik di Indonesia

Honda Motor Co., Ltd. dan Panasonic Corporation hari ini, 13 Juli, mengumumkan rencana untuk melakukan eksperimen penelitian di Indonesia tentang berbagi baterai menggunakan Honda Mobile Power Pack (“Mobile Power Pack”).

Adapun berupa baterai yang dapat dilepas pasang untuk kendaraan listrik, termasuk sepeda motor listrik yang didukung oleh Mobile Power Pack. Kedua perusahaan berencana untuk memulai eksperimen penelitian pada bulan Desember 2018.

Percobaan penelitian tersebut akan dilakukan sebagai salah satu proyek yang disubsidi oleh Japan’s New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO) dengan tema “eksperimen penelitian tentang distribusi berbagi baterai sebagai sumber daya energi.”

Sebagai pasar sepeda motor terbesar ketiga di dunia, Indonesia menghadapi masalah polusi udara terkait dengan peningkatan volume lalu lintas. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah Indonesia telah mengumumkan kebijakan untuk memfasilitasi meluasnya penggunaan produk kendaraan listrik.

Sementara bertanggung jawab terhadap lingkungan, produk kendaraan listrik masih terkendala yang perlu ditangani, termasuk rentang dan waktu pengisian. Mobile Power Pack dan kendaraan bermotor yang didukung olehnya diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut dan memberikan dukungan meluasnya penggunaan produk kendaraan listrik.

Guna mewujudkan eksperimen penelitian ini, kedua perusahaan akan menyiapkan lusinan stasiun pengisian daya di beberapa lokasi, sebagai tempat yang akan menyiapkan beberapa Mobile Power Pack dan sekaligus sebagai tempat pengisian baterainya kapan saja diperlukan.

Pengguna kendaraan motor listrik yang mengalami sisa baterai rendah dapat berhenti di stasiun pengisian daya terdekat dan menukar Mobile Power Pack mereka dengan yang terisi penuh dan bisa langsung lanjutkan perjalanan.

Memenuhi persyaratan untuk melakukan eksperimen penelitian ini, Honda, Panasonic dan Pacific Consultants Co., Ltd. menandatangani perjanjian untuk mendirikan perusahaan patungan di Jakarta, Indonesia dengan nama PT HPP Energy Indonesia.

Dikabarkan area eksperimen penelitian kendaraan listrik ini akan dilakukan yakni di Bandung, Provinsi Jawa Barat, Denpasar dan Kuta hingga Badung di Provinsi Bali.

KOMENTAR (0)