COMPARISON: “Everyday Heroes”

 

SPESIAL UNTUK BERMAIN SALJU Trio ini siap untuk musim dingin dengan standar penggerak semua roda, ban semua musim, dan tenaga yang cukup untuk kompetisi drifting dadakan di lapangan parkir.

Kami menguji tiga SUV mewah dengan fokus pada performa tanpa mengabaikan kemampuan di segala cuaca: Jaguar F-Pace versus Mercedes-AMGGLC43 4Matic versus Porsche Macan GTS.

Kendaraan sport serbaguna telah berkembang secara dramatis dari monster body on frame yang gemuk dan kaku menjadi komuter berbasis sedan yang tenang dengan pernak-pernik kemewahan. Namun, unsur sport dalam rumus ini – penciptaan wagon sport empat pintu, jangkung, bisa ke mana saja – telah hilang.

Harus ada beberapa kompromi: Mobil ini harus cukup besar untuk menampung lima orang penumpang dan barang bawaannya. Dan, mobil ini juga harus dilengkapi penggerak semua roda karena berdasarkan data Departemen Transportasi, 70% populasi penduduk di Amerika Serikat tinggal di daerah dengan ketebalan  salju 13 cm per tahun. Kami orang Amerika suka mempersiapkan diri. 

Syukurlah, Jaguar, Mercedes, dan Porsche semuanya memiliki SUV baru yang sesuai dengan tagihan yang terjal, masing-masing harganya setara dengan Chevrolet Suburban dengan perlengkapan komplit – sepanjang Anda ingin mengorbankan bangku baris ketiga yang jarang digunakan.

Porsche  Macan GTS didesain untuk menjembatani jurang pemisah performa antara varian spek terendah Macan S dan varian tertinggi Macan Turbo. Macan GTS dimulai dari varian S dengan mesin V6 3,0 liter twin turbo dengan ECU yang diseting ulang untuk memberikan tenaga 360 hp dan torsi 500 Nm. Mesin V6 ini dipasangkan dengan transmisi Porsche PDK otomatis kopling ganda dengan tujuh percepatan yang akan meneruskan? tenaga ke sistem penggerak semua roda yang dilengkapi fitur opsional torque vectoring berbasis rem. 

GTS juga dilengkapi dengan peredam kejut elektronik yang menemani suspensi udara standar dengan ketinggian yang dapat diatur. Semua ini dijual dengan harga mulai US$ 68.250, atau US$ 89.070 pada mobil yang kami tes dengan fitur lengkap.

Sementara model baru F-Pace S adalah SUV pertama Jaguar. Dibangun di atas platform yang sama dengan sedan XF, F-Pace adalah SUV paling bertenaga di sini; mesin V6 3,0 liter supercharged-nya menghasilkan? tenaga 380 hp dan torsi 450 Nm. 

Mesin V6 ini menghantarkan tenaga melalui transmisi otomatis? delapan percepatan ke sistem penggerak semua roda yang dilengkapi torque vectoring elektronik dengan bias ke roda belakang. Si Jag besar ini dijual dengan harga mulai US$ 58.695, sedangkan sampel yang kami tes dengan fitur lengkap dilabeli US$ 72.018.

Mercedes-AMG GLC43 menyingkirkan mesin empat silinder GLC300, dan digantikan mesin V6 3,0 liter twin turbo dengan tenaga 362 hp dan torsi terbesar yang mencapai 520 Nm. 

Mesin V6 yang diseting AMG ini digandengkan dengan transmisi otomatis sembilan percepatan dan suspensi udara AMG yang membuat pengendaraan GLC43 lebih sporty dibandingkan GLC yang bukan AMG. GLC4?3 kami dengan tambahan fitur ringan menawarkan harga yang menarik dalam grup komparasi ini; mobil yang kami tes seharga US$ 63.505, tetapi harga awalnya mulai US$ 55.825. 

Memilih sportster keluarga segala cuaca terbaik dari ketiga mobil ini tidak akan mudah di Los Angeles yang cerah. Kami justru memutuskan untuk memesan satu set ban musim dingin untuk masing-masing mobil, memasukkan ban-ban itu ke bagasi untuk menyimulasikan muatan penuh di dalam kabinnya, dan mengarahkan hidung kami ke timur laut menuju Steamboat Springs, Colorado, 1.600 km jauhnya.

 

Jalan Saya atau Jalan Tol

Ini adalah perjalanan yang panjang dari California ke Colorado; tetapi jalan tol yang tidak ada habisnya memungkinkan untuk menguji kemampuan dan kenyamanan perjalanan. 

FUNGSI DAN RUANG Konsol tengah Macan memakan ruang tetapi setiap tombol mempunyai fungsi.

Porsche Macan GTS bukanlah yang terkecil terasa seperti mobil kecil. Kabinnya sempit dan tidak nyaman setelah satu jam atau lebih di belakang setir. Joknya mengorbankan terlalu banyak kenyamanan demi kemampuan menopang jok yang sporty. Secara dinamika, Macan memberikan akselerasi yang menegangkan, lari sprint dari 0 hingga 100 km/jam dalam 4,5 detik. Itu adalah yang tercepat di sini, dan dengan balutan ban standar untuk semua musim. 

Porsche menempel Mercedes (menggunakan ban musim panas) dengan waktu 13,4 detik untuk lari 402 meter, tetapi dengan kecepatan lebih? lambat, yaitu 159,5 km/jam. Rem depan yang telah ditingkatkan dari Macan Turbo membantu pengereman 100 – 0 km/jam GTS dalam jarak 34 meter, dan menjadi yang tercepat dalam tes figur delapan dengan waktu 25 detik dengan rata-rata 0,75 g.

SENTUHAN YANG BAGUS Interior GLC43 menawarkan material berkualitas tinggi dan desain klasik.

Mercedes-AMG GLC43 lebih menyenangkan untuk menjelajah di jalan tol dibandingkan rivalnya yang juga dari Jerman. Suspensi udaranya? sangat empuk pada mode “Comfort”, dan mesinnya berdengung dengan senyap pada saat transmisi pada posisi gear kesembilan. Kabinnya adalah tempat yang menyenangkan, juga dengan jok yang nyaman dan desain yang rapi. Selembut rasa Mercedes pada umumnya, mobil ini terbangun ketika Anda menginjak pedal gasnya. 

Mesinnya menarik dengan kuat dan membuat suspensi belakang  berjongkok saat berakselerasi dengan kuat memperkuat statusnya sebagai roket autobahn. Akselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam 4,7 detik dan menyentuh 402 meter dalam 13,4 detik, namun dalam kecepatan? 167,8 km/jam. Terimakasih berkat keunggulan daya cengkeram bannya, Mercedes mencatatkan hasil terbaik dalam pengereman dari kecepatan 100 km/jam dengan jarak 33,2 meter, dan tercepat kedua dalam figur delapan dengan waktu 25,2 detik pada 0,75 g. 

F-Pace S mengatasi tugas yang sulit, yaitu agar tetap terhubung dengan pengemudi saat menjelajah di interstate. Dengan  posisi mengemudi yang tinggi dan panjang ekstra dibandingkan dua SUV lainnya, kabin Jaguar terasa terbuka dan lega. Kualitas interiornya tidak sepadan dengan Mercedes, tetapi ini tempat yang bagus untuk menghabiskan waktu.

SUNGGUH SIMPEL Pada interior F-Pace, sistem infotaintment mengendalikan sebagian besar fungsi.

Mesin V6 supercharged Jaguar terasa senyap di jalan bebas hambatan, tapi akan terbangun dengan suara yang hebat ketika Anda menyalakan sumbunya. F-Pace akan berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 5,2 detik dan 402 meter dalam 13,8 detik pada kecepatan 161,9 km/jam. 

Jaguar adalah yang paling lambat dalam? kelompok ini. Jarak pengereman 100 – 0 km/jam terbaik F-Pace adalah 35 meter, dan performa figur delapan 26,1 detik dengan rata-rata 0,69 g. 

 

Pegunungan Rocky yang Tinggi

Setelah hari kami yang panjang di jalan tol, kami merasa putus asa dengan beberapa fitur hiburan. Setelah melintasi Colorado, kami mengarahkan ketiga SUV ke jalanan pegunungan Continental Divide.

Di luar tol, Macan bersinar di jalanan pelosok. “Sangat mampu dan percaya diri,” komentar Editor Asosiasi, Scott Evans. Setir Macan cepat dan akurat, bahkan meskipun kurang terasa umpan baliknya, dan sistem opsional Porsche Torque Vectoring Plus seharga US$ 1.490 bekerja keras untuk membuat pantat Macan berbelok dengan cepat dan tertuju ke arah yang tepat. 

Meskipun Macan hebat di jalanan pelosok, Editor Fitur Senior, Jason Cammisa. mengatakan perpindahan transmisi PDK tidak secepat Porsche lainnya. “Perpindahannya secara brutal kasar dalam Sport Plus, atau ini menginterupsi aliran tenaga mesin, di mana itu mengalahkan tujuan dari transmisi kopling ganda,” katanya. Mesin V6 sepertinya perlu mendapatkan penyempurnaan – dua turbo-nya berputar lambat di bawah 2.000 rpm, dan mesinnya terasa kehabisan tenaga saat mendekati garis merah.

F-Pace membawa kesenangan berkendara di tol ke jalanan yang berkelok-kelok. Dengan mode berkendara Jaguar di Dynamic, F-Pace rasanya seperti mengendarai station wagon jangkung. Setirnya cepat dan komunikatif, serta respon mesin V6-nya spontan mengikuti input pedal gas. 

Meskipun Jaguar masih menggunakan per baja (tidak seperti Mercedes dan Porsche yang menggunakan per udara) pengendaraan dan body roll dari F-Pace terkontrol dengan baik; peredaman suspensinya menjaga jalan yang membeku agar tidak mengganggu keseimbangan crossover ini. “Rasanya padat dan responsif di jalur melengkung, selalu siap menerkam di jalur berikutnya,” ujar Evans. “Tanpa keraguan, ini adalah mobil paling menyenangkan dan secara emosional memuaskan  untuk mengendarainya.”

Pada mode “Sport Plus”, Mercedes membuktikan cukup mahir bernavigasi di tikungan. Transmisi otomatis sembilan percepatannya membantu menjaga putaran tetap tinggi dan mesin tetap “mendidih”. Setirnya linier serta responsif, yang membuat Jaguar memiliki pengendalian terbaik dalam trio ini. 

Meskipun diseting sporty oleh AMG, suspensi GLC43 lebih empuk dibandingkan dua crossover lainnya. Tentu, suspensi udara bisa mengeras, tapi terdapat lebih banyak body roll pada Mercedes, sehingga menguras percaya diri pengemudi dan kecepatan di tikungan dibandingkan Macan dan F-Pace. 

 

Podium

Porsche Macan? GTS adalah pemain yang solid di jalanan pelosok dan pengujian? musim dingin. Tapi, perilakunya di jalan raya dan transmisinya yang lemah membiarkan kami kedinginan, membuatnya finish di posisi ketiga. Ada juga masalah pada label harganya; Macan nyaris lebih mahal US$ 20.000 dibandingkan dua mobil lainnya. 

Dengan harga paling murah dan interior paling mewah, Mercedes memiliki nilai yang lebih baik dibandingkan Jaguar. Mobil ini juga luar biasa nyaman di tol dan? dapat bertahan ketika Anda menderanya. Bagaimanapun, pembagian torsinya yang tetap membuatnya kurang mampu dan kurang menyenangkan dibandingkan dua mobil lainnya di salju, membuat GLC43 duduk di peringkat kedua. 

Jaguar F-Pace dengan ahli mampu memenuhi kebutuhan sebagai mobil keluarga, penjelajah jalan tol, dan pelibas jalanan pelosok. Ditambah lagi dengan performa luar biasa di salju dan kabin yang lega, Jaguar menyingkirkan Mercedes sebagai pemenang. Ya, ini artinya varian dari “SUV of The Year” kami dikalahkan di medan salju. 

Namun, dalam kasus ini, Jaguar trim teratas ini terdepan di cuaca musim dingin dan lebih melibatkan pengalaman berkendara. Itu cukup untuk menempatkan F-Pace di posisi teratas jika dibandingkan Mercedes.

  

POWERTRAIN/CHASSIS

Jaguar F-Pace S AWD 2017

Mercedes-AMG GLC43 4Matic 2017

Porsche Macan GTS 2017

LAYOUT DRIVETRAIN

Mesin depan, AWD

Mesin depan, AWD

Mesin depan, AWD

TIPE MESIN

V6 90 derajat (diturunkan dari V8)  supercharged, blok/kepala aluminium

V6 60 derajat twin turbo, blok/kepala alum

V6 90 derajat twin turbo, blok/kepala alum

VALVETRAIN

DOHC, 4 katup/silinder

DOHC, 4 katup/silinder

DOHC, 4 katup/silinder

KAPASITAS MESIN

2.995 cc

2.996 cc

2.997 cc

RASIO KOMPRESI

10,5:1

10,7:1

9,8:1

TENAGA (SAE NET)

380 hp @ 6.500 rpm

362 hp @ 5.500 rpm

360 hp @ 6.000 rpm

TORSI (SAE NET)

450 Nm @ 4.500 rpm

520 Nm @ 2.500 rpm

500 Nm @ 1.650 rpm

REDLINE

6.500 rpm

6.300 rpm

6.800 rpm

BOBOT TERHADAP TENAGA

5,3 kg/hp

5,35 kg/hp

5,6 kg/hp

TRANSMISI

Otomatis 8 speed

Otomatis 9 speed

Otomatis kopling ganda 7 speed

RASIO AXLE/FINAL DRIVE

3,73:1/2,49:1

3,69:1/2,21:1

3,88:1/2,01:1

SUSPENSI,DEPAN; BELAKANG

Control arms, coil springs, anti rollbar; multilink, coil springs, adj shocks, anti rollbar

Multilink, air springs, adj shocks, anti rollbar; multilink, air springs, adj shocks, anti rollbar

Control arms, air springs, adj shock, anti rollbar; multilink, airair springs, adj shocks, anti rollbar

RASIO SETIR

15,1:1

14,5:1

14,3:1

BELOK LOCK TO LOCK

2,6

2,3

2,6

REM, D; B

Cakram berventilasi 13,8 in; cakram berventilasi 12,8 in, tromol, ABS

Cakram berventilasi, drilled 14,2 in; cakram berventilasi 12,6 in, ABS

Cakram berventilasi 14,2 in; cakram berventilasi 13,0 in, ABS

VELG

Aluminium tuang 8,5 x 20

Aluminium tuang 8,5 x 20 in; 9,5 x 20 in

Aluminum tempa 9,0 x 20 in; 10,0 x 20

BAN

Goodyear Eagle F1 AT

 255/50R20 109Y (M+S)

Michelin Latitude Sport 3 MO (ban spesifik pabrik) 255/45R20 105Y; 285/40R2

Michelin Latitude Tour HP NO (ban spesifik pabrik) 265/45R20 104V (M+S); 295/40R20 106V (M+S)

DIMENSI

 

 

 

WHEELBASE

2.872 mm

2.872 mm

2.807 mm

TRACK, D/B

1.641/1.653 mm

1.638/1.656 mm

1.651/1.633 mm

PANJANG X LEBAR X TINGGI

4.732 x 1.935 x 1.651  mm

4.660 x 1.930 x 1.628 mm

4.691 x 1.933 x 1.565-1.638 mm

GROUND CLEARANCE

213 mm

170 mm (muatan maka)

157-231 m

SUDUT DATANG/BERANGKAT

25,5/25,7 derajat

25,0/24,0 derajat

22,2-25,5/19,5-24,2 derajat

RADIUS PUTAR

11,8 m

12,1 m

11,9 m

BERAT KOSONG

2.015 kg

1.930 kg

2.044 kg

DISTRIBUSI BERAT, D/B

51/49%

54/46%

56/44%

KAPASITAS TARIK

2.340 kg

1.587 kg

2.000 kg

KAPASITAS TEMPAT DUDUK

5

5

5

RUANG KEPALA, D/B

960/952 mm

960/978 mm

980/983 mm

RUANG KAKI, D/B

1.024/945 m

1.036/947 mm

1.039/904 mm

RUANG BAHU, D/B

1.465/1.417 mm

1.455/1.435 mm

1.445/1.394 mm

VOLUME KARGO 

1.798/945 liter Relatif BESAR

1.600/549 liter

1.500/501 liter

DATA TES

 

 

 

AKSELERASI KM/JAM

 

 

 

0 – 48

1,9 det

1,8 det

1,4 det

0 – 64

2,8

2,6

2,2

0 – 80

3,9

3,6

3,2 Macan memimpin di awal

0 – 100

5,2

4,7

4,5

0 – 112

6,7

6,2

6,1

0 – 130

8,6

7,9

8,1

0 – 145

10,7

9,9

10,6

0 – 160

13,6

12,3 … dan GLC lulus

13,7

0 – 160 – 0

18,1

16,5

18,1

PASSING, 72 – 105 KM/JAM

2,6

2,4

2,5

402 METER

13,8 det @ 161,9 km/jam

13,4 det @ 167,8 km/jam

13,4 det @ 159,5 km/jam

PENGEREMAN, 100 – 0 KM/JAM

35 m

33,2 m

34,1 m

AKSELERASI LATERAL

0,85 g (rata-rata)

0,91 g (rata-rata)

0,90 g (rata-rata)

FIGUR DELAPAN MT

26,1 det @ 0,69 g (rata-rata)

25,2 det @ 0,75 g (rata-rata)

25,0 det @ 0,75 g (rata-rata)

PUTARAN GEAR TERTINGGI @ 100 KM/JAM

1.700 rpm

1.800 rpm

1.800 rpm

INFO KONSUMEN

 

 

 

HARGA DASAR

US$ 58.695

US$ 55.825

US$ 68.250

HARGA SAAT TES

US$ 72.018

US$ 63.505

 

US$ 89.070

KONTROL STABILITAS/TRAKSI

Ya/ya

Ya/ya

Ya/ya

KANTUNG UDARA

Depan ganda, depan samping, kepala d/b

Depan ganda,  samping d/b, tirai d/b, lutut pengemudi

Depan ganda,  samping d/b, tirai d/b, lutut depan

GARANSI DASAR

5 tahun?/96.000 km

4 tahun/80.000 km

4 tahun/80.000 km

GARANSI POWERTRAIN

5 tahun?/96.000 km

4 tahun/80.000 km

4 tahun/80.000 km

ROADSIDE ASSISTANCE

5 tahun?/96.000 km

4 tahun/80.000 km

4 tahun/80.000 km 

KAPASITAS BAHAN BAKAR

63 liter

66 liter

 75 liter

KONS KOTA/TOL/KOMB EPA

7,6/9,8/8,5 km/liter

7,6/10,2/8,5 km/liter

7,3/9,8/8,0 km/liter

KONS ENERGI KOTA/TOL/KOMB

187/147 kWh/160 km

187/140 kWh/160 km

198/147 kWh/160 km

EMISI CO2, KOMB

275 g/km

272 g/km

286 g/km

REKOMENDASI BAHAN BAKAR

Premium tanpa timbal

Premium tanpa timbal

Premium tanpa timbal

 

 

KOMENTAR (0)