GR SUPRA, Sportcar Toyota yang Siap Memacu Adrenalin

GR SUPRA, Sportcar Toyota yang Siap Memacu Adrenalin

Demi memuaskan ekspektasi atas rasa penasaran para media otomotif nasional saat menyambut kehadiran Supra yang monohok di perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 (GIIAS) beberapa bulan lalu, ajakan untuk mencicipi performa dan handling GR Supra pun diwujudkan PT Toyota Astra Motor lewat acara “Toyota Sports Car Media Experience” yang digelar di Sentul International Circuit pada Rabu, (20/11) bagi para media otomotif nasional dan calon konsumen terpilih.

GR SUPRA, Sportcar Toyota yang Siap Memacu Adrenalin

Toyota GR Supra, yang kembali hadir setelah 17 tahun menghilang, hadir kembali membawa DNA racing kental yang telah diwarisi secara turun-temurun mulai dari generasi awal Supra di tahun 1978. Generasi kelima ini diciptakan untuk menyajikan sensasi berkendara yang unik dan personal. Mulai dari desain bodinya yang klasik dan atraktif, duduk di dalam kokpit driver-oriented dengan citarasa mobil sport modern, hingga merasakan langsung sensasi berkendara yang memacu adrenalin.

GR SUPRA, Sportcar Toyota yang Siap Memacu Adrenalin “Kehadiran GR Supra adalah bagian komitmen kami dalam menghadirkan produk yang lengkap di pasar Indonesia, selaras dengan kebutuhan dan kepuasan konsumen yang kian dinamis. Pelanggan kini tidak lagi hanya berorientasi pada aspek fungsional, tapi juga kian berorientasi pada sisi emosional. Inilah yang menjadi arah produk mobil Toyota ke depan, termasuk GR Supra,” ungkap Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

GR SUPRA, Sportcar Toyota yang Siap Memacu Adrenalin

Kode GR yang terpampang merupakan inisial dari Toyota GAZOO Racing (TGR), divisi motorsport Toyota yang fokus pada pengembangan mobil balap sejak tahun 2015 lalu. Berbekal sumber daya yang berpengalaman dan fasilitas pengembangan teknologi terbaik, TGR diberikan kepercayaan penuh untuk melahirkan Toyota GR Supra sejak dari coretan awal.

GR SUPRA, Sportcar Toyota yang Siap Memacu Adrenalin

Sebelum Toyota Supra diproduksi, konsep FT-1 lebih dulu hadir dan berhasil memukau para pecinta Supra di seluruh dunia. Mengubah desain konsep menjadi versi produksi memang tidak selalu mudah, Masayuki Kai, assistant chief engineers Toyota, kembali membangunkan Supra lewat ide matangnya setelah The Big Boss, Akio Toyoda, yang juga seorang Master Driving Toyota Supra menyetujui proyek Supra berjalan maka konsep FT-1 untuk bertransisi menjadi versi produksi dengan code-name A90 atau GR Supra (Gazoo Racing) menjadi nyata. Hal ini tak luput dari goresan tangan desainer senior terkemuka Calty Design Research,Tom Matsumoto yang menghabiskan waktu selama enam bulan melakukan riset dengan tim BMW/Toyota yang bermarkas di Munich di bawah penanganan chief designer, Nobuo Nakamura.

GR SUPRA, Sportcar Toyota yang Siap Memacu Adrenalin

Mesin aluminium B5830M1 3.0-liter DOHC 24-katup single-turbo twin-scroll I6 yang mengisi ruang mesin terasa sangat dahsyat saat melontarkan daya akselerasinya. Hantaran tenaga sebesar 335 hp pada 5.000 rpm dengan limpahan torsi 500 Nm akan membuat kepala dan sekujur badan menempel di kursi bucket seat dalam kabin saat mulai melaju menuju tikungan pertama. Jalur sirkuit Sentul rasanya bukan tandingan Supra untuk menghabiskan seluruh tenaganya. Tak perlu bantuan paddle shift, cukup mendiamkan tuas transmisi ZF 8-speed berada di posisi D dan benamkanlah kaki sedalam-dalamnya hingga desiran adrenalin mulai terasa tinggi kala memasuki sudut-sudut tikungan. Sejatinya pantas jika mesin ini menjadi mesin penerus 2JZ yang legendaris.

GR Supra memiliki keseimbangan dari tiga elemen kunci, yaitu jarak sumbu roda (wheelbase), tapak (tread) dan pusat gravitasi (center of gravity yang membuat sport coupe ini terasa fun saat dikendarai.Guna memperkuat sensasi berkendara, gardan belakang GR Supra dilengkapi fitur Limited Slip Differential (LSD) yang dikontrol secara elektronik.

GR SUPRA, Sportcar Toyota yang Siap Memacu Adrenalin

GR Supra dilengkapi transmisi 8-speed Sport Automatic dengan rasio gigi rapat supaya dapat mendistribusikan tenaga dengan gesit ketika berjalan santai atau terkena kondisi stop and go di dalam kota.

GR SUPRA, Sportcar Toyota yang Siap Memacu Adrenalin

Untuk penampilannya, GR Supra memamerkanmodel bonnet memanjang dan menyisakan sedikit area kabin di belakang. Keunikan tampak dari desain atap double bubble untuk mengalirkan udara ke spoiler belakang minimalis berbentuk duck-tail untuk memberi tambahan downforce. Toyota GR Supra juga dilengkapi kombinasi lampu LED pada bagian depan dan belakang yang sportyvelg alloy 19-inci, serta ujung knalpot ganda di antara fog lamp belakang dan lampu mundur bergaya lampu mobil balap F1.

GR SUPRA, Sportcar Toyota yang Siap Memacu Adrenalin

Kokpit GR Supra dirancang untuk memberikan posisi duduk natural sehingga pengemudi dapat berkonsentrasi penuh saat mengemudi tanpa terdistraksi oleh bermacam instrumen. Selain itu, tampilan meter-cluster semi digital juga memberikan kemudahan dalam membaca informasi yang ditampilkan. Untuk membuat perjalanan semakin nyaman, kabin GR Supra dilengkapi sistem multimedia berlayar 8,8 inch dengan teknologi layar sentuh dan didukung 10 speakers.

GR SUPRA, Sportcar Toyota yang Siap Memacu Adrenalin

Meski begitu, ada sedikit kekurangan. Pengemudi dengan proporsi badan 178 cm akan sedikit terintimidasi karena posisi akses pintu yang rendah bisa menyebalkan bagi orang yang lebih tinggi, kemudian tidak ada opsi transmisi manual dan teknologi lane-keeping yang sedikit terasa agresif.

GR SUPRA, Sportcar Toyota yang Siap Memacu Adrenalin

Meskipun segala sesuatunya berbagi dengan BMW Z4, namun daya tarik supra tetap nampak dari tampilannya yang agresif dan aura JDM yang kental. GR Supra ditawarkan dengan harga sekitar Rp 1.9 miliar dan saat ini PT TAM masih membaca target pasar segmen ini untuk pemesanan. Yang pasti, GR Supra siap mengangkat adrenalin siapapun saat mengemudikannya. Ini adalah sebuah mobil ikonik yang selalu diimpikan para penggila kecepatan untuk memilikinya.**Agus Budi 

KOMENTAR (0)