Toyota Land Cruiser 79, Dari Sipil Menjadi Militer

Toyota Land Cruiser 79, Dari Sipil Menjadi Militer

Toyota Land Cruiser Seri 79 memang tidak ada matinya. Terlahir sebagai kendaraan kuda beban untuk konsumen sipil, nyatanya TLC Seri sangat populer bagi kalangan militer. Lihat saja,  banyak rumah modifikasi dengan spesialisasi kendaraan militer memilih  Toyota Land Cruiser Seri 79 sebagai platform yang paling adaptif untuk diutak-atik. Salah satunya adalah SVI, vehicle armoring specialist asal Pretoria, Afrika Selatan, yang menjadikan TLC Seri 79 sebagai proyek terbaru kendaraan militer.

Toyota Land Cruiser 79, Dari Sipil Menjadi Militer Toyota Land Cruiser 79, Dari Sipil Menjadi Militer

SVI menyebut kendaraan militer kreasinya yang memakai basis platform (sasis) TLC Seri 79 sebagai Max 3. Sebagai kendaraan militer, Max  3 sama sekali tidak menyisakan sosok dan tampang TLC Seri 79. Yang langsung  terlihat adalah   grille depan berukuran raksasa dan lampu depan model susun vertikal.  Garis-garis bodi yang serba tegas menguatkan kesan garang, keras dan seolah mirip pahatan. Sedangkan pintu belakang dibuat model  suicide door untuk memudahkan akses masuk keluar kabin bagi para penumpang.  SVI menawarkan Max 3 dalam varian  single cab, double cab, atau  personnel carrier untuk delapan penumpang dan tersedia dengan pilihan LHD atau RHD.

Toyota Land Cruiser 79, Dari Sipil Menjadi Militer Toyota Land Cruiser 79, Dari Sipil Menjadi Militer

Terkait proteksi,  Max 3 memiliki standar perlindungan  B6 sehingga dapat menahan hantaman peluru kaliber 7,62 mm × 51mm NATO atau 7,62 mm x 39 mm (AK-47). Tidak ketinggalan kaca jendela setebal 38 mm  dan lembaran baja untuk melindungi para penumpang. SVI juga menyiapkan varian  Max 3 dengan standar perlindungan  B7 yang mampu menahan hantaman  peluru jenis armor-piercing dan ledakan  granat. Konsumen juga bisa meminta  Max 3 versi full-on military dengan kelengkapan senapan mesin berat kaliber 12,7 mm dan  mortar. Mengingat tambahan bobot bodi tahan peluru,  SVI memperkuat suspensi standar TLC Seri 79 menjadi suspensi dengan spesifikasi heavy duty, termasuk tambahan anti-roll bar belakang dan paket velg plus ban versi terbaru. Untuk saat ini,  mesin dan  drivetrain masih standar. SVI memasarkan  Max 3 dengan harga mulai US$ 103.053.

KOMENTAR (0)