Dibalik Filosofi Seragam Batik Pengemudi Bluebird

Dibalik Filosofi Seragam Batik Pengemudi Bluebird

Bluebird merupakan salah satu transportasi umum yang menjadi pelopor taksi bersistem argo. Dan yang menarik adalah para pengemudinya diwajibkan menggunakan seragam batik berwarna biru yang begitu ikonik dan melegenda.

Namun, seragam batik Bluebird bukan hanya sekedar seragam semata, karena ada makna di balik pembuatannya. Di rancang oleh Chosy Latu sebagai konsultan fashion, desain seragam batik terdiri dari empat elemen, yaitu Burung Biru, Padi dan Kapas, Nyeplok Lunglungan dan Burung Berjajar.

Dibalik Filosofi Seragam Batik Pengemudi Bluebird

Empat motif tersebut juga memiliki makna masing-masing. Dimana Burung Biru yang merupakan ikon Bluebird itu sendiri dipercaya sebagai pembawa kebahagiaan.

Kemudian Padi dan Kapas  melambangkan komitmen Bluebird terhadap kesejahteraan, sikap mengayomi karyawan dan pengemudi, serta melindungi pelanggan.

Ketiga adalah Nyeplok Lunglungan  pola yang tersusun atas burung biru dan rangkaian padi dan kapas  melambangkan Bluebird siap melayani pelanggan ke berbagai tujuan dengan aman dan nyaman.

Dan terakhir adalah Burung Berjajar, sebuah cerminan dari etos kerja sama di Bluebird yang tertata, disiplin, serta konsisten dalam mutu dan pelayanan.

Dibalik Filosofi Seragam Batik Pengemudi Bluebird

Chosy Latu, sang perancang pun mengaku bahwa dalam menciptakan seragam Bluebird ini dirinya membutuhkan waktu hingga dua tahun lamanya. Hal tersebut karena perancang busana yang karya-karyanya sudah diakui dunia internasional tersebut ingin motif batik rancangannya sesuai dengan karakter Bluebird.

“Banyak perusahaan yang karyawannya memakai seragam batik, tapi hanya sedikit yang memiliki keseriusan membuatnya. Untuk itu, saat merancang seragam Bluebird ini, saya ingin motif dan coraknya dengan selaras dengan nilai-nilai perusahaan,” kata Chosy.

Dibalik Filosofi Seragam Batik Pengemudi Bluebird

Lebih lanjut Chossy mengungkapkan bahwa Bluebird adalah satu dari sedikit perusahaan yang berhasil menjadikan batik sebagai bagian dari citra perusahaan. Karena batik Bluebird mengandung filosofi yang mendalam.

Dengan adanya seragam batik Bluebird yang telah berusia 13 tahun ini tentu bukan hanya karena Bluebird adalah perusahaan asli Indonesia. Lebih dari itu, batik Bluebird adalah wujud sumbangsih Bluebird dalam menjaga warisan budaya bangsa yang mendunia.

KOMENTAR (0)