Ganti Setir Mobil Pengaruhi Rasa Berkendara, Fitur dan Safety

Ganti Setir Mobil Pengaruhi Rasa Berkendara, Fitur dan Safety

Melakukan penggantian pada setir kemudi mobil menjadi salah satu langkah untuk mengubah tampilan interior lebih keren. Utamanya bagi Anda yang senang dengan gaya racing, pakai setir aftermarket ini selain untuk mengubah tampilan interior juga untuk mengubah gaya berkendara agar lebih lincah.

Tetapi sebelum melakukan hal tersebut, ada baiknya Anda mengetahui beberapa konsekuensi yang harus ditanggung bila melakukan penggantian setir yang menjadi alasan dari pabrikan untuk tidak merekomendasikan hal tersebut. Seperti dikutip dari laman resmi Hyundai Indonesia, berikut ini adalah beberapa konsekuensinya.

  1. Ukuran Setir Berbeda Berpengaruh Pada Rasa Berkendara

Yang pertama harus diketahui adalah ukuran setir aftermarket bisa jadi berbeda dengan setir asli dari mobil Hyundai. Diameter yang berbeda bisa memberikan rasa berkendara yang berbeda.

  1. Korbankan Safety Dan Kenyamanan

Konstruksi dari setir asli pabrikan sudah dihitung untuk faktor safety dan kenyamanan. Dengan menggantinya, Anda mungkin telah mengorbankan kedua hal tersebut.

  1. Mengganggu Fungsi Dan Fitur

Terakhir, mobil mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya dengan setir yang berbeda. Pada beberapa mobil, setir tidak hanya untuk membelokkan ban. Terdapat banyak tombol untuk mengatur berbagai informasi di MID dan sistem audio yang ada pada di kendaraan.

Selain itu, airbag juga otomatis hilang dengan penggantian setir bila setir yang diganti tidak memiliki airbag. Sehingga, tingkat keselamatan pun otomatis akan berkurang. Begitu juga dengan cruise control karena pengaturannya ada pada setir.

 

KOMENTAR (0)