Kia EV9, SUV Listrik Dengan Desain dan Teknologi Canggih

Kia EV9, SUV Listrik Dengan Desain dan Teknologi Canggih

Kia Corporation resmi mengungkap detail lengkap dari mobil listrik terbaru, Kia EV9. SUV listrik berkonfigurasi kursi tiga baris pertama ini menghadirkan konsep, desain, dan teknologi teranyar ke sektor elektrifikasi dan menjadi ujung tombak transformasi cepat Kia sebagai penyedia solusi mobilitas berkelanjutan di era elektrifikasi.

Dibangun di atas platform E-GMP (Electric Global Modular Platform), Kia EV9 menyuguhkan performa bertenaga dan jarak tempuh yang jauh hingga 541 km, berdasarkan prosedur pengujian WLTP. Kia EV9 juga dilengkapi dengan kemampuan pengisian daya ultra fast charging 800 volt yang memungkinkan baterai dapat diisi ulang dengan daya yang cukup untuk membuat mobil menjelajah sejauh 239 km dalam waktu kurang lebih 15 menit.

Kia EV9, SUV Listrik Dengan Desain dan Teknologi Canggih

Tidak hanya itu, Kia EV9 juga menghadirkan terobosan teknologi unggulan, seperti fitur Highway Driving Pilot (HDP), yang tersedia di Kia EV9 varian GT-Line. Fitur ini memungkinkan Kia EV9 dapat dikendalikan secara otonomus Level 3 dalam kondisi tertentu.

Kia juga turut memperkenalkan Kia Connect Store, yang memungkinkan pelanggan untuk memanfaatkan fitur dan layanan digital sesuai permintaan. Kehadiran Kia Connect memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk memilih fitur yang mereka inginkan dan terus meningkatkan kemampuan EV9 dengan pembaruan Over the Air (OTA) kapan saja dan di mana saja.

Kia EV9, SUV Listrik Dengan Desain dan Teknologi Canggih

Ho Sung Song, Presiden Direktur dan CEO Kia Corporation, mengatakan, Kia EV9 melampaui semua aspek pemikiran SUV konvensional dan mewakili puncak kemampuan desain dan teknik Kia. Diciptakan untuk memenuhi kebutuhan semua anggota keluarga, Kia EV9 juga memelopori transisi cepat Kia ke penyedia solusi mobilitas berkelanjutan, tidak hanya dengan arsitektur EV canggihnya, tetapi juga melalui berbagai bahan daur ulang dan berkelanjutan yang digunakan dalam pembuatannya.

Mengusung filosofi desain Kia ‘Opposites United’, EV9 menampilkan bahasa desain SUV listrik murni yang menonjolkan keseimbangan unik antara elemen alam dan modernitas. Pilar desain ‘Bold for Nature’, yang mengilhami kombinasi elemen dari alam dan material, telah memainkan peran penting dalam membentuk bahasa desain Kia EV9.

Kia EV9, SUV Listrik Dengan Desain dan Teknologi Canggih

Komitmen strategis Kia untuk menjadi pemimpin dalam mobilitas berkelanjutan, dan peta jalan yang dinyatakannya untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2045, melampaui penyediaan penggerak EV tanpa emisi. Hal itu juga mencakup bahan yang digunakan dalam konstruksi kendaraan, dan EV9 membawanya ke tingkat berikutnya, dengan bahan ramah lingkungan yang diterapkan untuk menetapkan standar baru dalam mobilitas yang berkelanjutan.

Kia EV9 menampilkan pilihan konfigurasi penggerak listrik yang luas berdasarkan Electric Global Modular Platform (E-GMP) dan memanfaatkan teknologi baterai generasi keempat Kia. Menggunakan baterai berkapasitas 76,1-kWh ditawarkan secara eksklusif sebagai varian Standar berpenggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD). Terdapat juga opsi Long Range yang mengadopsi baterai berkapasitas 99,8-kWh dan dikombinasikan dengan penggerak semua roda atau All Wheel Drive (AWD).

Kia EV9, SUV Listrik Dengan Desain dan Teknologi Canggih

Pada varian RWD Long Range menggunakan motor listrik tunggal bertenaga 150 kW atau 201 Hp dengan torsi 350 Nm, yang mampu membuat SUV listrik ini berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 9,4 detik. Tersedia juga varian RWD Standard Range berpenggerak motor listrik tunggal yang mampu mengeluarkan tenaga 160 kW atau 214,5 Hp dan torsi 350 Nm. Pada varian RWD Standard Range ini dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 8,2 detik.

Lalu pada varian AWD yang dilengkapi dengan dua motor listrik menghasilkan total tenaga hingga 283 kW atau 380 Hp dan torsi gabungan 600 Nm. Kombinasi ampuh ini memungkinkan EV9 melesat dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 6,0 detik. Tersedia juga opsi performa lebih tinggi dengan fitur Boost yang dapat dibeli di Kia Connect Store. Dengan menggunakan fitur Boost, torsi gabungan yang dihasilkan meningkat menjadi 700 Nm dan memungkinkan EV9 berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 5,3 detik.

KOMENTAR (0)