Klasik dan Langka: Alfa Romeo Disco Volante 1952

Klasik dan Langka: Alfa Romeo Disco Volante 1952

Anda mungkin akan terbengong-bengong melihat mobil klasik yang satu ini. Ya, Alfa Romeo Disco Volante adalah mobil sport klasik yang sangat ‘menggairahkan’, yang diperkenalkan pada publik di tahun 1952.

Nama ‘Disco Volante’ sendiri berarti semacam ‘Piring Terbang’ dalam bahasa Italia. Sepertinya, memang sebuah nama yang sangat cocok untuk menggambarkan mobil klasik dengan desain mencolok ini.

Klasik dan Langka: Alfa Romeo Disco Volante 1952

Hanya ada empat unit Disco Volante yang diproduksi, dan memang misi utamanya adalah untuk diterjunkan pada arena balap mobil. Dan memang, si ‘Piring Terbang’ ini berhasil memenangkan beberapa kejuaraan balap mobil, walaupun tak terlalu banyak.

Bentuknya yang pipih dan licin –yang memang secara teori menghasilkan hambatan udara yang kecil– ternyata juga menghasilkan daya angkat saat dipacu pada kecepatan tinggi. Makanya, ini membuat handling Disco Volante sedikit genting!

Tiga body style yang berbeda diaplikasikan pada keempat unit yang diproduksi, termasuk, satu roadster kap terbuka dan dua coupe yang berbeda model. Sebagian besar unit produksi dilengkapi dengan mesin 1,9-liter inline 4 silinder yang menghasilkan 158 tenaga kuda. Salah satu Disco Volante, yang khusus dibangun untuk Juan Manuel Fangio (pebalap F1 legendaris), malah dibekali dengan mesin 3.5-liter inline 6 silinder, yang mampu menghasilkan 260 tenaga kuda!

Klasik dan Langka: Alfa Romeo Disco Volante 1952

Kini, Disco Volante edisi 3.5-liter tersebut disimpan di Museo Nazionale dell’Automobile di Turin, Italia. Sementara, dua prototipe 2.0-liter lain disimpan di Museum Alfa Romeo di Arese dan secara teratur digunakan dalam balapan mobil klasik. Perkiraan nilai dari masing-masing unit Disco Volante adalah antara 1 hingga 2 juta Euro. Wow! **MS

TAGS

KOMENTAR (0)