Konsep Retro Unik: Nash Rambler Palm Beach 1956

Konsep Retro Unik: Nash Rambler Palm Beach 1956

Salah satu konsep kendaraan yang paling menarik perhatian dari rumah desain otomotif terkenal asal Italia, Pinin Farina, adalah yang mereka bangun pada awal tahun 1956, Nash Rambler Palm Beach.

Tampil mencolok, Palm Beach merupakan konsep mobil sport baru dan menjadi pengganti nan sempurna untuk model Nash-Healey. Nash Rambler Palm Beach diperkenalkan pada awal tahun 1957, namun sayangnya tidak pernah diproduksi massal.

Konsep Retro Unik: Nash Rambler Palm Beach 1956

Uniknya, alih-alih menjadi ‘mobil showcar‘ belaka, Palm Beach ternyata merupakan prototipe yang telah berfungsi penuh alias bisa dikendarai secara normal, dimana ini seharusnya membuat mobil versi produksinya dapat diperkenalkan ke pasaran dalam waktu yang sangat singkat.

Nash Rambler Palm Beach dibangun diatas wheelbase ukuran 101.5 inci, dengan tinggi hanya 49.7 inci, lebar hampir 68 inci dan berukuran panjang keseluruhan 176 inci. Bagian luar Palm Beach menampilkan asupan udara sentral bulat yang dikelilingi oleh dua lubang udara berbentuk oval yang unik.

Konsep Retro Unik: Nash Rambler Palm Beach 1956

Bagian depannya tampak elegan, dengan memiliki lampu depan berpenutup plastik penuh gaya. Garis-garis ini diukir secara artikulatif dan tidak menggunakan banyak krom, yang jika dibandingkan dengan mobil-mobil lain pada zaman itu, membuat Palm Beach tampil unik dan futuristik.

Walaupun menjadi sebuah mobil sport, Palm Beach memiliki banyak ruang untuk dua penumpang dan cukup banyak ruang untuk bagasi. Semua komponen mekanis utama, termasuk sistem start dengan pedal kopling yang populer berasal dari Rambler yang berjarak sumbu roda 100 inci. Sistem pedal kopling ini menggantikan tombol starter di bawah pedal kopling.

Konsep Retro Unik: Nash Rambler Palm Beach 1956

Disisi dapur pacu, Nash Rambler Palm Beach dibekali mesin flathead enam silinder yang mampu menghasilkan tenaga 82 hp pada 3.800 rpm, dengan torsi 138-ft.lbs pada 1.600 rpm. Karena kap rendah tidak memungkinkan ruang yang cukup untuk menampung karburator ukuran pabrikan, maka karburator samping Weber yang digunakan sebagai gantinya.

Bagian interor Palm Beach ditata dengan baik, menampilkan jok bucket yang dapat disesuaikan sendiri-sendiri, berlapis kulit sapi dengan bantalan besar ditempatkan di antaranya. Kantong peta besar ditempatkan di setiap pintu,sementara tuas perpindahan gigi yang panjang dan tipis dipasang di lantai, mengoperasikan transmisi manual tiga percepatan.

Konsep Retro Unik: Nash Rambler Palm Beach 1956

Nash Rambler Palm Beach sebenarnya merupakan konsep mobil sport mewah yang sangat menarik, sayangnya pada saat mobil selesai melakukan debut perdananya, American Motors Company (AMC) yang telah mengakuisisi Rambler tidak lagi tertarik untuk menampilkan mobil sport di jajaran kendaraan mereka. Palm Beach akhirnya menjadi showcar yang dibawa AMC ke berbagai pameran mobil sebagai daya tarik tambahan, tetapi tidak pernah mencapai tahap produksi. **MS/ Foto-foto: Oldconceptcars.com

KOMENTAR (0)