50 Tahun Chevy Camaro: ‘Rockstar’ dari Dunia Otomotif

50 Tahun Chevy Camaro: 'Rockstar' dari Dunia Otomotif

Mobil performa tinggi yang ikonik, Chevrolet Camaro, akan merayakan hari jadinya yang ke-50 tahun ini. Selain memasuki usia 50 tahun, Camaro juga akan masuk dalam daftar Historic Vehicle Association, dan dirayakan dengan menampilkan mobil pertama Chevrolet Camaro di Detroit.

Chevrolet Camaro VIN #100001 ini akan ditampilkan bagi publik di ajang Woodward Dream Cruise 2016 di Detroit, yang akan digelar mulai tanggal 13 hingga 20 Agustus mendatang. Mobil bersejarah ini akan ditampilkan dalam sebuah kubus kaca selama acara.

50 Tahun Chevy Camaro: 'Rockstar' dari Dunia Otomotif

Chevy Camaro diperkenalkan pertama kalinya pada publik pada tanggal 26 September 1966 sebagai Model Year 1967, dan sukses menjadi ‘cinta pertama’ bagi jutaan petrolheads tak hanya di Amerika, namun juga di berbagai penjuru dunia. Semenjak debutnya, banyak orang telah menulis lagu tentang Camaro, membuat film yang dibintangi Camaro, serta menuliskan banyak cerita tentang Camaro selama bertahun-tahun setelahnya.

50 Tahun Chevy Camaro: 'Rockstar' dari Dunia Otomotif

Camaro edisi pertama juga sukses memicu persaingan terbesar dalam sejarah otomotif Amerika. Jika bukan karena Camaro, Ford Mustang akan selalu mengusung sistem live rear axle hingga hari ini. Tak hanya itu, Camaro klasik juga memegang gelar mobil koleksi paling populer ketiga di dataran Amerika hingga saat ini.

50 Tahun Chevy Camaro: 'Rockstar' dari Dunia Otomotif

Nah, sebagai trivia, tahukah Anda bahwa mobil ikonik ini sebelumnya akan mengusung nama lain, dan bukannya Camaro? Ya, kala itu, Chevrolet memiliki beberapa pilihan nama untuk model terbaru mereka ini, dan nama ‘Panther’ akhirnya dipilih sebagai yang terbaik. Namun, karena beberapa alasan, Chevrolet akhirnya mengubah nama ‘Panther’ menjadi ‘Camaro’ hanya beberapa minggu sebelum debutnya di Detroit.

50 Tahun Chevy Camaro: 'Rockstar' dari Dunia Otomotif

Generasi pertama Chevrolet Camaro ini, tanpa dipungkiri, bagaikan seorang rockstar dari dunia otomotif. Nah, berikut sekilas perjalanan Camaro versi pertama, dalam video yang diunggah dari akun PilotCarRegistry di YouTube berikut ini. Happy 50th Anniversary Camaro! **MS/ Foto-foto: Autoevolution


<iframe width=”640″ height=”360″ src=”https://www.youtube.com/embed/4cGzwpLRHm8″ frameborder=”0″ allowfullscreen></iframe>

TAGS

KOMENTAR (0)