Alfa Romeo Montreal Langka Siap Dilelang

Alfa Romeo Montreal Langka Siap Dilelang

Alfa Romeo Montreal adalah mobil sport berdesain ikonik yang diproduksi dari tahun 1970 hingga 1977. Mobil ini dirancang oleh coachbuilder kenamaan Italia, Bertone, sebagai upaya Alfa Romeo untuk membuat mobil Grand Tourer yang kompetitif.

Mobil ini mengusung mesin V8 yang diadopsi dari Alfa Romeo T33 Racing, dikombinasikan dengan sistem Injection Spica yang canggih di masanya. Konfigurasi ini mampu melesatkan Montreal dari 0-60 mph dalam tempo 7.6 detik.

Alfa Romeo Montreal Langka Siap Dilelang

Setelah konsepnya ditampilkan di ajang Expo 67 di Montreal, Kanada, versi produksi Alfa Romeo Montreal pun diluncurkan di ajang Geneva Motor Show 1970, menggunakan mesin V8 berkapasitas 2.593 cc yang mampu menghasilkan tenaga 197 hp (147 kW), dipadukan dengan transmisi manual ZF lima percepatan serta limited-slip differential.

Lantaran mobil konsepnya sudah resmi dikenal sebagai ‘Montreal’, maka Alfa Romeo pun terus menggunakan nama ini pada versi produksinya. Fitur yang paling eye-catching pada Montreal adalah bagian depan yang memiliki empat lampu depan yang sebagian tertutup oleh grille yang ‘tidak biasa’, yang akan membuka keatas ketika lampu dinyalakan.

Alfa Romeo Montreal Langka Siap Dilelang

Unsur ikonik lainnya dari Montreal adalah saluran NACA pada kap mesinnya. Saluran ini sebenarnya tertutup, karena tujuannya bukan untuk menarik udara ke dalam mesin, namun lebih untuk menyembunyikan tonjolan mesin. Sepasang kisi-kisi dibalik pintu juga berfungsi sebagai ventilasi udara kedalam kabin.

Alfa Romeo Montreal juga mengingatkan pada styling dari Maserati Khamsin, Ferrari 308/GT4 dan Lamborghini Miura, yang kesemuanya merupakan karya besar desainer otomotif kenamaan Marcello Gandini. Saat dirilis, Alfa Romeo Montreal memilki harga yang lebih mahal ketimbang Jaguar E-Type atau Porsche 911.

Alfa Romeo Montreal Langka Siap Dilelang

Nah, Montreal yang akan dilelang ini memiliki kombinasi warna merah klasik dengan interior coklat muda, yang dibeli dari baru oleh seorang konsumen di Prancis. Mobil masih berada dalam kondisi sangat terawat, unrestored dan menampilkan patina yang indah. Mobil akan dilelang oleh Coys di acara lelang Grandes Marques di Interclassics Maastricht 2016, pada hari Sabtu 16 Januari mendatang. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik disini. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)