Goodyear Kembangkan Ban Dengan 70 Persen Bahan Berkelanjutan

Goodyear Kembangkan Ban Dengan 70 Persen Bahan Berkelanjutan

The Goodyear Tire & Rubber Company, perusahaan induk PT Goodyear Indonesia mengumumkan peluncuran ban modelnya yang menggunakan 70% kandungan bahan berkelanjutan, termasuk inovasi terdepan di industri.

“Kami menetapkan tujuan ambisius pada tahun 2020 untuk membuat ban yang 100% terbuat dari bahan berkelanjutan dalam 10 tahun kedepan.”

Para ilmuwan serta insinyur kami telah membuat kemajuan besar dalam mewujudkannya,” sebut Chris Helsel, Wakil Presiden Senior, Operasi Global dan CTO Goodyear.

Goodyear Kembangkan Ban Dengan 70 Persen Bahan Berkelanjutan

Ban berbahan ramah lingkungan 70% ini mencakup 13 bahan unggulan di sembilan komponen ban yang berbeda, termasuk yang dijelaskan di bawah ini. Indikator kinerja Perusahaan telah menunjukkan sifat komponen untuk menghasilkan kinerja ban yang kuat secara keseluruhan.

• Karbon hitam disertakan dalam ban sebagai penguat kompon dan membantu meningkatkan umur ban dimana secara tradisional dibuat dengan membakar berbagai jenis produk minyak bumi.

Ban baru Goodyear menampilkan tiga karbon hitam berbeda yang dihasilkan dari metana, karbon dioksida, dan minyak nabati. Penilaian awal terhadap siklus hidup menunjukkan adanya pengurangan emisi karbon dibandingkan dengan metode produksi karbon hitam saat ini atau penggunaan sumber bahan baku berbasis bio atau limbah.

Goodyear Kembangkan Ban Dengan 70 Persen Bahan Berkelanjutan

• Penggunaan minyak kedelai pada ban merupakan inovasi penting Goodyear yang membantu menjaga kompon karet ban tetap lentur dalam perubahan suhu. Minyak kedelai adalah sumber daya berbasis natura, yang mengurangi penggunaan produk berbasis minyak bumi oleh Goodyear. Sementara hampir 100% protein kedelai saat ini hanya digunakan dalam aplikasi makanan/pakan ternak, maka surplus minyak yang signifikan tersisa dan tersedia untuk digunakan dalam aplikasi industri.

• Silika adalah bahan yang sering digunakan pada ban untuk membantu meningkatkan daya cengkeram dan mengurangi konsumsi bahan bakar. Ban baru Goodyear mengandung beragam jenis silika unik yang dihasilkan dari abu sekam padi, yang merupakan hasil samping pengolahan beras yang sering dibuang khususnya ke tempat pembuangan akhir. Silika berkualitas tinggi telah dihasilkan dari abu limbah ini.

Goodyear Kembangkan Ban Dengan 70 Persen Bahan Berkelanjutan

• Poliester didaur ulang dari botol plastik dan limbah plastik lainnya dengan mengubah poliester menjadi bahan kimia dasarnya dan mengubahnya menjadi poliester tingkat teknis yang layak untuk tali ban.

Ban model dengan 70% bahan dasar ramah lingkungan telah berhasil diproduksi oleh Goodyear, dan 10 tahun bukan waktu yang panjang.

KOMENTAR (0)