Goodyear Punya Konsep Ban Pintar untuk Kurangi Tingkat Kecelakaan

Goodyear Punya Konsep Ban Pintar untuk Kurangi Tingkat Kecelakaan

Goodyear melakukan inovasi terbaru di dunia industri ban. Kali ini produsen ban asal Amerika tersebut tengah mengembangkan konsep ban pintar yang diklaim mampu mengoptimalkan pengurangan jarak henti.

Chris Helsel, Chief Technology Officer Goodyear menjelaskan; “Ban pintar ini telah teruji sejauh 4,8 juta kilometer di medan jalan. Goodyear menanamkan keeping sensori yang mampu “berbicara” dan terhubung antara kendaraan dan medan jalan, serta mengukur karakteristik ban tersebut sehingga dapat mengkalkulasikan potensi dari performa kendaraan dan keamanannya”.

Dari keterangan resmi yang dikirimkan Goodyear kepada redaksi OtoBlitz.net menyebutkan bahwa penelitian telah membuktikan bahwa ban pintar milik Goodyear mampu mengoptimalkan pengurangan jarak henti hingga 30% dibandingkan ban lamanya. Dengan adanya evolusi pada kendaraan elektrik dan otonom, ban yang “terhubung” ini memberi dampak pada jarak henti  sehingga kepentingan komunikasi ban dengan kendaraan akan semakin meningkat.

Sistem yang terkoneksi dan “kecerdasan” yang dimiliki oleh ban Goodyear ini secara berkelanjutan dapat mengukur dan mencatat informasi dari ban tersebut yang kemudian dihubungkan dengan data dari kendaraan. Data-data tersebut terhubung di dalam cloud Algoritma milik Goodyear.

Ban pintar ini mampu mengukur tingkat keausan ban, beban, inflasi dan suhu permukaan jalan. Secara langsung, ban tersebut memungkinkan kendaraan untuk menyesuaikan, merespon, mengukur, dan mengoptimalkan kinerja dari kendaraan tersebut.

Goodyear Punya Konsep Ban Pintar untuk Kurangi Tingkat Kecelakaan

Menurut Chris, pengendara sering melaju dalam jalan kondisi licin, berliku dan berada di suhu dingin dimana mereka harus menyesuaikan pergerakannya dengan melambat, menginjak rem dan membelokkan setir secara tiba-tiba di mana pengendara tidak sigap untuk menanganinya.

“Pada kondisi ini, ban menjadi salah satu bagian dari kendaraan yang bersentuhan dengan jalan. Dengan ban pintar Goodyear, kaki mobil dapat langsung terhubung dan berkomunikasi mengenai informasi vital ke kendaraan sehingga meningkatkan keamanan dan performanya,” ujarnya.

 

KOMENTAR (0)