Inilah Keunggulan Varian Honda Vario 150 Series yang Wajib Diketahui Sebelum Beli

Inilah Keunggulan Varian Honda Vario 150 Series yang Wajib Diketahui Sebelum Beli

Vario 150 merupakan salah satu varian Honda Vario yang paling banyak diminati oleh semua kalangan. Seperti yang diketahui, selama ini terdapat banyak varian Honda Vario 150 series yang tersedia di pasaran dimana masing-masing menawarkan keunggulan yang berbeda. Mulai dari varian Vario 150 lama hingga varian All New Vario 150 yang pertama kali diperkenalkan pada tanggal 16 April 2018. All New Vario 150 eSP hadir dengan membawa teknologi baru di industri otomotif roda dua di Indonesia. Diantaranya sistem kunci tanpa anak kunci atau yang lebih dikenal dengan istilah Honda Smart Key System.

Selain itu, varian terbaru dari New Vario 150 terdapat di bagian speedometer Digital dengan indikator voltmeter. Fungsi utamanya fitur tersebut yaitu untuk membaca tegangan aki motor dengan mudah melalui speedometer tersebut. Tahukah Anda ternyata secara fisik varian All New Vario 150 ini juga berbeda, dengan varian sebelumnya. Nah, untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap mengenai perbedaan varian Honda Vario 150 series. Berikut ulasan mengenai perbedaan spesifikasi varian Honda Vario 150 series terbaru.

Inilah Keunggulan Varian Honda Vario 150 Series yang Wajib Diketahui Sebelum Beli

1. Desain

New Vario 150 hadir dengan desain lebih sporty yang tidak bisa diragukan lagi. Dimana bagian depan motor ini sudah dilengkapi dengan instrumen lampu yang lebih galak. Sedangkan bagian belakangnya disematkan spakbor untuk menyangga lampu sein, dengan desain lekukannya lebih tajam dari pada varian sebelumnya. Bahkan secara keseluruhan desain All New Honda Vario 150 memang terlihat sangat keren.

Terdapat beberapa pilihan warna yang sangat menarik terdiri dari, Exclusive Matte Red, Exclusive Matte Black, , Exclusive Matte Siver, dan Exclusive Matte White. Ternyata semua varian memiliki warna yang polos dan di bagian bodinya telah terpasang emblem timbul bertuliskan Vario 150. Tentunya hal ini membuatnya terkesan lebih mewah dan keren dibandingkan varian sebelumnya.

2. Pencahayaan

Pada varian terbaru Vario ini sudah dilengkapi dengan Light Emiting Diode atau LED. Seperti yang diketahui lampu LED memiliki kelebihan lebih awet dan minim daya, namun tetap terang. Sangat berbeda dengan varian sebelumnya yang masih menggunakan bohlam biasa.

Untuk desain headlamp varian Vario 150 terbaru dilangkapi dengan Daytime Light Running atau biasa disebut DLR. Berfungsi sebagai alis mata pada headlamp varian Vario terbaru ini. Dimana akan tetap menyala walaupun siang hari. Tetapi varian sebelumnya masih belum menggunakan fitur ini.

3. Speedometer dan Kunci

Ternyata All New Vario 150 sudah dilengkapi menggunakan speedometer full digital dan negatif display. Bahkan angka-angkanya dibuat lebih terang dibandingkan menggunakan backlight-nya. Untuk varian sebelumnya pada bagian speedometer umumnya masih memakai analog model jarum. Dalam sistem pengunciannya Honda Vario Lama masih mengandalkan anak kunci biasa yang berpengaman magnet.

Nah, jadi di varian Vario terbaru ini sistem mengunciannya tidak memakai anak kunci lagi. Namun sudah menggunakan keyless dengan teknologi immobilizer, bahkan sudah dilengkapi dengan alarm anti-maling sebagai pendukung keamanan motor ini. Selain itu, sistem keyless motor ini juga dibuat khusus tanpa engkol atau yang lebih dikenal dengan kick starter. Walaupun begitu Anda harus tetap tenang tidak perlu khawatir sebab sudah ada voltmeter di speedo yang dapat memantau pelemahan aki motor ini.

4. Master Kaliper dan Posisi Lampu Sein

Untuk perbedaan varian Vario 150 terbaru ini telah menggunakan master kaliper, sedangkan yang lama masih memakai Nissin. Dimana Vario 150 ini menggunakan master kaliper Tokico, dengan desain diskbrake terbaru yang lebih bergelombang atau wave. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir panas dan memberikan kesan lebih keren.

Lampu sein Honda Vario varian ini benar-benar berbeda dengan varian sebelumnya, dimana sekarang posisinya dipisah dengan lampu depan maupun belakang. Untuk lampu sein bagian depan berada di atas berjejeran langsung dengan lampu DLR. Sementara lampu sein bagian belakang mengikuti spakbor belakang atau rear fender dan lampu current part-nya.

5. Mesin dan Knalpot

Seperti yang diketahui jika Honda Vario 150 ini sudah dilengkapi dengan mesin improvement engine. Terdapat beberapa part mesin yang berbeda dengan varian sebelumnya. Dimana mesin Vario 150 terbaru lebih mirip dengan Honda PCX 150. Meskipun basisnya masih sama, namun ada improvement yang dapat memberikan performa Vario 150 naik. Sedangkan bagian knalpotnya New Vario 150 ini, memiliki desain sepintas hampir mirip dengan knalpot Honda CB150R.

Yaitu menggunakan selongsing khas berbentuk kotak yang unik. Selain itu Vario 150 ini juga dilengkapi dengan teknologi ACG starter yang membuat mesin hidup tanpa suara. Sementara itu sektor dapur pacunya motor ini ditenagai oleh mesin SOHC berpendingin cairan dengan kubikasi 150cc. Tidak heran jika tenaganya jauh lebih besar dibandingkan Vario generasi sebelumnya. Ternyata All New Honda Vario 150 juga didukung dengan torsi mencapai 13.4 Nm pada 5.000 rpm.

6. Desain Velg dan Ukuran Ban

Perlu Anda ketahui bahwa Honda Vario 150 memiliki desain velg yang berbeda dengan varian sebelumnya. Yaitu menggunakan desain terbaru, dengan ukuran velg yang lebih besar, desain velg yang digunakan mirip velg skutik premium Honda. Untuk ukuran velg bagian depannya yaitu 2.15 dan bagian belakang 2.5 ring 14. Tentunya ukuran ini lebih lebar dibandingkan versi sebelumnya yang hanya berukuran 185 dan 2.15 ring 14. Selain itu ban varian terbaru juga ikut membesar, degan spek ban IRC NR87 Reborn tubeless berukiran 90/80 dan 100/80.

Tips Mudah Merawat Aki Honda Vario 150 Agar Tahan Lama

Setelah mengetahui ulasan mengenai berbedaan spesifikasi All New Vario 150 dengan varian sebelumnya. Mungkin sekarang sudah ada salah satu rekomendasi pilihan motor impian yang menurut Anda cocok untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Seperti yang diketahui aki menjadi salah satu komponen yang berperan penting dalam motor. Selain berfungsi sebagai starter motor agar dapat dinyalakan. Ternyata aki juga berfungsi untuk menyalakan komponen kelistrikan lainnya pada motor, diantaranya head lamp, lampu sign dan lampu indikator lainnya. Oleh karena itu, merawat aki penting agar tidak mudah soak atau mati. Berikut adalah tips mudah merawat aki motor yang wajib Anda ketahui.

  • Perhatikan Penggunaan Aksesoris Pada Motor Anda

Hal pertama yang wajib Anda lakukan agar aki tahan lebih lama yaitu perhatikan dalam penggunaan motor sendiri. Usahakan Anda tidak menggunakan beragam aksesoris yang berlebihan pada varian Vario 150 ini, khusunya yang menggunakan energi listrik.

Diantaranya menambah lampu sebagai hiasan, perangkat audio rakitan atau mengubah tipe klakson motor melebihi batas. Beberapa hal tersebut dapat mengakibatkan aki menajdi cepat soak dan mudah rusak. Jadi perhatikan dengan benar penggunaan aksesoris motor, ingat jangan berlebihan.

  • Jangan Menyalakan Starter Elektrik Secara Paksa

Tips kedua yang harus Anda lakukan agar aki tidak mudah soak adalah tidak menyalakan starter elektrik secara paksa. Apabila starter susah untuk dinyalakan, sebaiknya gunakan starter manual sebagai gantinya. Starter elektrik yang menggunakan aki sebagai sumber dayannya, sebenarnya dirancang untuk mempermudah proses menyalakan motor.

Khususnya dalam keadaan darurat seperti motor mati mendadak dijalan raya. Seperti yang diketahui bagian dalam aki terdapat dua buah plat, dimana masing-masing memiliki kutub negatif dan positif berbahan kalsium timbal. Selanjutnya bagian plat akan bereaksi dengan cairan asam sulfat yang nantinya menghantarkan energi listrik menuju komponen kelistrikan lainnya.

Nah, seiring berjalannya waktu beberapa sel tersebut akan menjadi mati atau kering. Maka untuk mencegah hal tersebut, Anda harus menyalakan atau memanaskan motor minimal lima belas menit setiap harinya. Jangan lupa selalu gunakan starter manual untuk menyalakan motor dan jangan pernah memaksakan penggunaan starter elektrik, apabila motor susah dinyalakan.

  • Komponen Kelistrikan Mati Saat Mematikan Motor

Hal ketiga yang harus Anda perhatikan agar aki tahan lebih lama yaitu usahakan komponen kelistrikan motor dalam keadaan mati. Dimana saat hendak mematikan motor, usahakan agar berbagai komponen kelistrikan lainnya seperti head lamp dan lampu sein dalam kondisi mati. Maka saat motor akan dinyalakan kembali, konsumsi atau beban aki yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

Penggunaan komponen kelistrikan motor secara bersamaan saat motor dinyalakan hanya akan mengganggu kestabilan tegangan listrik pada motor Anda. Selain itu selalu periksa ketinggian cairan yang terdapat di dalam aki, usahakan agar tidak melebihi batas atas dan bawah yang tertera. Jika sudah mendekati batas bawah, sebaiknya segera tambahkan cairan H2O ke dalam aki hingga hampir menyentuh batas atas. Meskipun cairan yang berada di dalam aki berupa asam sulfat, tetapi usahakan menggunakan H2O. Untuk proses pengisian ulang aki agar menjaga derajat keasaman pH cairan dalam aki.

  • Periksa Kondisi Kedua Terminal Aki

Selanjutnya tips keempat aki tidak mudah soak yaitu periksa secara rutin kondisi kedua terminal aki. Usahkan baut pada bagian sambungan terminal dalam keadaan kencang, untuk memastikan tidak ada kebocoran pada bagian sambungan atau katup terminal aki. Kebocoran aki akan sangat berbahaya bagi motor dan keselamatan Anda sebagai penggunanya.

Jika sambungan aki longgar dapat menyebabkan timbulnya kerak putih yang dapat menghambat proses aliran listrik menuju aki. Segera basuh dengan air panas dan gunakan sikat kawat untuk membersihkannya kerak putih tersebut. Disini Anda bisa menggunakan cairan WD40 untuk mengatasi kerak yang susah dibersihkan secara manual.

  • Perikasa Kondisi Kiprok

Hal terakhir yang wajib Anda ketahui agar aki dapat bertahan lebih lama adalah cek kondisi kiprok yang mengalirkan arus listrik menuju aki. Seperti yang diketahui fungsi kiprok sebagai regulator untuk menyuplai listrik ke dalam aki terutama pada tahan pengisian. Jika terdapat indikasi lampu motor redup atau menyala tidak stabil.

Mungkin salah satu penyebabnya kiprok mulai rusak dan harus segera diganti. Selain itu periksa juga kebocoran pada bagian badan aki, untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Hal ini dikarenakan aki mengandung bahan beracun yang mudah meledak.

Demikian ulasan mengenai perbedaan All New Honda Vario 150 series dan juga beberapa tips penting seputar cara merawat aki motor yang mudah. Setelah melihat ulasan tentang keunggulan Vario 150 di atas, semoga semakin memantapkan hati Anda untuk membelinya.

KOMENTAR (0)