Jawara F1 Nico Rosberg Umumkan Pensiun

Jawara F1 Nico Rosberg Umumkan Pensiun

Pebalap Formula 1 kenamaan Nico Rosberg dari Team Mercedes telah mengejutkan dunia motorsport dengan mengumumkan pensiun, hanya lima hari setelah ia meraih gelar Juara Dunia Formula 1 musim ini.

Rosberg mengatakan bahwa ia telah “menaklukkan puncak gunungnya”, dan sekarang ia siap untuk beristirahat. Namun, rekan setimnya di Mercedes, Lewis Hamilton, yang juga telah memenangkan beberapa titel F1, mengatakan bahwa langkah Rosberg itu tak terlalu mengejutkan.

Jawara F1 Nico Rosberg Umumkan Pensiun

Dikutip dari laman The Guardian, Hamilton mengatakan, “Saya mungkin satu-satunya orang yang menganggap itu bukan sebuah kejutan besar. Ini adalah pertama kalinya ia memenangkan gelar dalam 18 tahun terakhir (meskipun Rosberg juga menjuarai GP2 tahun 2005, Red.), jadi tidak mengherankan bahwa ia akhirnya memutuskan untuk berhenti.

“Dia juga punya keluarga untuk diperhatikan, dan ingin memiliki anak lagi, dan ajang Formula 1 akan menyita begitu banyak waktu Anda. Lalu, apakah saya akan kehilangan persaingan dengannya? Tentu saja!” imbuh Hamilton.

Jawara F1 Nico Rosberg Umumkan Pensiun

Nico Rosberg, yang merebut gelar F1 pertamanya di balapan penentuan di Abu Dhabi minggu lalu, membuat pernyataan sensasional pada konferensi pers di Vienna, dimana ia mengatakan bahwa menjuarai ajang F1 selalu menjadi impiannya, dan, setelah ia berhasil meraihnya, ia akan pergi.

Pebalap Team Mercedes berusia 31 tahun ini mengatakan bahwa ia pertama kali mulai berpikir tentang pensiun saat memenangkan Grand Prix Jepang pada awal Oktober lalu, dan menyadari gelar itu akan ada dalam genggamannya.

Jawara F1 Nico Rosberg Umumkan Pensiun

“Dari saat saya mulai merasa gelar itu ada di tangan saya sendiri, tekanan besar pun mulai menerpa, dan saya mulai berpikir akan mengakhiri karir balap saya jika saya benar-benar menjadi juara dunia,” tulis Rosberg dalam posting di halaman Facebook-nya.

Iapun menambahkan: “Sejak 25 tahun malang-melintang di dunia balap, ini telah menjadi impian saya, untuk menjadi Juara Dunia Formula 1. Melalui kerja keras, rasa sakit, pengorbanan; ini semua telah menjadi obsesi saya. Dan sekarang, saya telah berhasil. Saya telah berhasil menggapai impian saya, puncak dari kesuksesan saya, dan saya pikir ini waktu yang tepat bagi saya untuk pergi.”

Jawara F1 Nico Rosberg Umumkan Pensiun

Kini, Team Mercedes harus mencari pebalap F1 lain untuk menggantikan posisi sang juara dunia. Fernando Alonso (McLaren), Sebastian Vettel (Ferrari) dan Max Verstappen serta Daniel Ricciardo (keduanya pebalap Red Bull) akan menjadi target utama. Sayangnya, keempat pebalap tersebut masih dalam kontrak untuk tim masing-masing hingga tahun 2017. Namun, tak tertutup kemungkinan Team Mercedes akan mengambil pebalap muda dari program akademi balap mereka sendiri. **MS/ Foto-foto: The Guardian

TAGS

KOMENTAR (0)