Maserati MC20, Jagoan Baru Dari Modena

Maserati MC20, Jagoan Baru Dari Modena

Maserati mendobrak era baru dengan melahirkan MC20, sebuah mobil super sport yang memadukan performa, sportifitas, dan kemewahan dalam rancangan unik khas pabrikan Italia.

MC20 melakukan debut dunia di Modena pada 9 September lalu di acara MMXX: Time to be Audacious. Nomenklatur MC20 merupakan sebuah kode. MC mengacu pada Maserati Corse dan 20 untuk 2020, sebagai world premiere serta dimulainya era baru.

Maserati MC20, Jagoan Baru Dari Modena

MC20 dirancang di Modena dan bakal dibangun di pabrik Viale Ciro Menotti. Pabrik ini memiliki fasilitas pengecatan yang menggabungkan teknologi inovatif dan ramah lingkungan.

Maserati MC20, Jagoan Baru Dari Modena

Lahir dengan posisi pintu ala kupu-kupu yang tidak hanya cantik, sekaligus juga fungsional karena meningkatkan nilai ergonomi kendaraan. Ini mengoptimalkan akses masuk atapun keluar kabin.

Maserati MC20, Jagoan Baru Dari Modena

Rekayasa aerodinamika badannya dirancang selama lebih dari 2.000 jam kerja dalam Terowongan Angin Dallara, termasuk lebih dari seribu simulasi CFD (Computational Fluid Dynamics), yang memunculkan terciptanya karya seni eksklusif.

Hasilnya, mobil ini memiliki garis tubuh yang ramping, dengan menampilkan spoiler belakang yang berfungsi untuk meningkatkan downforce. Koefisiennya pun di bawah angka 0,38.

Maserati MC20, Jagoan Baru Dari Modena

Bentuk kabin sederhana dengan sedikit sudut tajam dan minim distraksi. Di dalamnya, terpasang dua layar berukuran 10-inci, satu untuk kokpit dan untuk Maserati Touch Control Plus (MTC Plus MIA).

Maserati MC20, Jagoan Baru Dari Modena

Kesederhanaan diusung Maserati dalam menciptakan konsol tengah berbalut serat karbon. Tersemat pula fitur charger smartphone nirkabel, kenop pemilih mode mengemudi (GT, Wet, Sport, Corsa dan ESC Off, yang menonaktifkan fungsi kontrol), dua tombol pilihan kecepatan, kontrol power window, kontrol peranti multimedia serta kompartemen penyimpanan praktis di bawah sandaran tangan.

MC20 baru akan selalu terhubung dengan program Maserati Connect. Berbagai layanan lengkap termasuk sambungan navigasi, Alexa dan Wifi Hotspot dapat dikelola melalui aplikasi smartphone Maserati Connect atau aplikasi di smartwatch.

Maserati juga mengembangkan enam warna baru yang menjadi ciri MC20, yaitu Bianco Audace, Giallo Genio, Rosso Vincente, Blu Infinito, Nero Enigma dan Grigio Mistero. Masing-masing dirancang dan dikembangkan secara eksklusif untuk mobil ini.

Maserati MC20, Jagoan Baru Dari Modena

MC20 menggunakan mesin Nettuno terbaru berkonfigurasi V6 dengan daya pacu mencapai 621 hp dan torsi puncak 730 Nm. Seluruh tenaga ini disalurkan ke transmisi Gearbox DCT 8-percepatan.

Mobil ini diklaim dapat berakselerasi dari 0 – 100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 2,9 detik, sebelum mencapai kecepatan tertinggi lebih dari 325 km/jam. Mesin yang dipatenkan ini telah dikembangkan, dirancang dan dibangun sepenuhnya dan menggunakan teknologi ruang depan yang berasal dari mesin Formula 1.

Maserati MC20, Jagoan Baru Dari Modena

MC20 memiliki bobot total di bawah 1.500 kg, sementara rasio berat dengan tenaganya mencapai 2,33 kg/hp. Hal ini dicapai lewat penggunaan material berkualitas dan memanfaatkan keunggulan serat karbon tanpa mengorbankan kenyamanan.

Maserati MC20 telah memulai debutnya di Auto China 2020 di Beijing dan berhasil dinobatkan sebagai China Performance Car of the Year 2021.

“Bodi MC20 yang elegan namun dinamis mampu memikat penonton di Auto China 2020,” demikian ungkap Maserati dalam keterangan persnya, Selasa (29/9/2020).

Maserati MC20, Jagoan Baru Dari Modena

Penghargaan China Car of the Year 2021  melibatkan dewan juri yang terdiri dari 41 juri dari jurnalis media otomotif. Keterpilihan MC20 Maserati dinobatkan sebagai China Performance Car of the Year 2021 didasarkan pada kinerja pasar, serta faktor kunci lainnya.

Tampilannya yang luar biasa didukung dengan mesin baru V6 Nettuno 630 tenaga kuda yang memberikan akselerasi 0-100 km / jam dalam waktu kurang dari 2,9 detik dan kecepatan tertinggi lebih dari 325 km/jam.

Maserati memproduksi rangkaian lengkap mobil unik yang dipasarkan di lebih dari 70 pasar internasional. Mobil Maserati mencakup Quattroporte, sedan sport Ghibli, dan juga SUV Levante.

Maserati MC20, Jagoan Baru Dari Modena

Saat ini, rangkaian Maserati diproduksi di tiga pabrik: Ghibli dan Quattroporte dibangun di Grugliasco (Turin) di Pabrik Avvocato Giovanni Agnelli (AGAP), dan Levante di Pabrik Mirafiori di Turin. Supercar MC20 baru diproduksi di Modena, di pabrik bersejarah Viale Ciro Menotti.

Di Tanah Air, Eurokars Group Indonesia memastikan jika Maserati MC20 akan segera diluncurkan di Indonesia pada tahun depan dengan kisaran harga sekitar Rp9 miliar off the road.

Jason Broome, Managing Director Eurokars Group Indonesia, menuturkan bahwa mobil super sport ini sedang memasuki tahap produksi yang dijadwalkan berjalan pada akhir tahun di pabrik Viale Ciro Menotti. Pemesanan MC20 dapat dilakukan sejak debut globalnya.

KOMENTAR (0)