MINI Clubman, Akan Kembali dalam Wujud SUV?

MINI Clubman, Akan Kembali dalam Wujud SUV?

Produsen mobil asal Inggris MINI saat ini dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk memperbesar dimensi model Clubman untuk generasi berikutnya, dengan mengubahnya menjadi sebuah SUV. Perusahaan kabarnya juga mencari cara untuk mengurangi ‘ketebalan eksternal’ dari model hatchback tersebut.

Di AS, penjualan MINI disinyalir berkurang lantaran hanya memiliki satu model SUV yaitu Countryman. SUV ini dianggap banyak orang Amerika sebagai SUV yang ukurannya terlalu kecil, dan makin menguatnya tren SUV telah memicu penurunan penjualan mobil-mobil hatchback dan saloon.

MINI Clubman, Akan Kembali dalam Wujud SUV?

Kepala Desainer Mini Oliver Heilmer mengatakan bahwa Clubman berikutnya dapat bergerak ke arah format SUV. Saat ini, ruang kabin MINI Clubman sedikit lebih pendek 4.26 mm dan lebih lebar 1.82 mm dibanding Countryman, dan keduanya memiliki kisaran harga yang sama di pasaran.

Belum ada konfirmasi jika model Clubman terbaru akan diperbesar atau malah dimensi Countryman yang justru akan diperbesar untuk menyediakan dua SUV dengan ukuran yang sangat berbeda. Heilmer juga menolak untuk mengomentari saat ditanya tentang kembalinya nama ‘Traveller‘ untuk segmen MPV MINI.

MINI Clubman, Akan Kembali dalam Wujud SUV?

Dilansir dari Carscoops, Heilmer mengatakan, “Kami berdiskusi setiap minggu untuk mencari cara meningkatkan ruang interior dan mengurangi bobot mobil.” Ia juga menambahkan bahwa biaya pengembangan model ini bisa sedikit menjadi kendala.

Saat ditanya soal struktur powertrain yang akan diusung Clubman terbaru ini, Heilmer mengatakan, “Masalahnya bukan lantaran mesin internal membutuhkan ruang bahkan dengan mobil listrik (yang menggunakan motor yang lebih kecil). Anda ternyata masih butuh crash box.

Iapun menambahkan bahwa tim desain MINI telah mempertimbangkan kembali ‘fitur ikonik’ yang sempat diusung MINI. “Fitur pengenalan wajah memang sangat penting, namun bagian taillights mungkin akan tampil berbeda. Kita harus proaktif, bukan reaktif. ”

MINI Clubman, Akan Kembali dalam Wujud SUV?

MINI belum tentu akan menggunakan kap clamshell seperti ciri khasnya, dan mereka juga sedang mengevaluasi kembali tombol konvensional  yang terletak pada interior. “Mereka lebih cocok diaplikasikan pada model hatchback daripada yang lain,” pungkas Heilmer, yang menyarankan bahwa model MINI yang dimensinya lebih besar bisa saja meninggalkan sentuhan desain kabin retro. **MS

KOMENTAR (0)